SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Pengelolaan fasilitas kampus berbasis Green Technology bagian 2 #3
November 29th, 2015 by AHMAD SULAIMAN

Tema : Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi. #3

 


Lanjutan post Pengelolaan fasilitas kampus berbasis Green Technology bagian 1 #2

 

  1. Energi Bersih

Program energy bersih berkaitan dengan penggunaan sumber daya terbarukan dan nonfosil. Di Unnes telah dikembangkan pemanfaatan energy matahari sebagai sumber energy lampu, dan juga di fakultas teknik Unnes sendiri juga dikembangkan penelitian-penelitian sebagai  solusi untuk menggantikan bahan bakar fosil dengan bahan bakar ramah lingkungan yang terbarukan

  1. Seni Budaya

Bersamaan dengan upaya konservasi secara ekologis, penguatan pada aspek sikap dan perilaku pad segenap warga universitas serta lingkungan disekitarnya yang mencerminkan nilai konservasi menjadi program konservasi di budang budaya. Hal ini ditujukan agar terciptanya karakter yang berwawasan konservasi yang unggul serta berbudaya luhur.

Saat ini sedang dibangun Kampung Budaya sebagai wadah bagi mahasiswa dalam upaya menjaga nilai-nilai budaya bangsa dan kreativitas mahasiswa.

Jpeg

Penanaman pohon pada Hari Bumi 22 April 2015.

  1. Kaderisasi Konservasi

Program ini merupakan upaya peningkatan kader konservasi baik di lingkungan UNNES maupun masyarakat sekitar UNNES. Kegiatan yang dilakukan antara lain adalah penjaringan kader, pelatihan kader melalui pendidikan konservasi, sosialisasi, dan memperluas kerjasamadengan pihak terkait dengan kegiatan konservasi dan lingkungan hidup. salah satunya merupakan gerakan penanaman pohon yang telah dilakukkan rutin guna mengajak dan sebagai pelopor penghijauan.

 

 

  1. Kebijakan Nir Kertas

Pemanfaatan Teknologi Informasi di lingkungan Unnes diharapkan mampu membuka peluang mengurangi secara signifikan penggunaan kertas dalam surat menyurat dan dokumentasi melalui Paperless Policy.

Dengan kata lain kebijakan nir kertas merupakan program meminimalisasi penggunaan kertas dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dimiliki UNNES, antara lain dengan penggunaan system-sistem pembelajaran dan registrasi akademik berbasis online.

  1. Pengolahan Limbah

Program pengelolaan limbah ini melputi daur ulang kertas, plastik, logam/kaleng, pengolahan limbah laboratorium, dan pengolahan bunga/daun kering. Saat ini terdapat rumah kompos sebagai upaya pengelolaan limbah menjadi kompos.

Dengan pengadaan program diatas diharapkan kita sebagai agent of change dan dalam rangka penerapan tri darma perguruan tinggi juga tonggak utama pelestarian lingkungan untuk kelangsungan generasi mendatang.


“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

 


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco

SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Skip to toolbar