Jangan Asal Minum, Jus hingga Air Kelapa Juga Tinggi Kandungan Gulanya

August 3, 2018 in Uncategorized | Comments (0)

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Jangan Asal Minum, Jus hingga Air Kelapa Juga Tinggi Kandungan Gulanya – Minuman yang berperasa identik dengan tambahan gula yang cukup banyak. Bukan hanya cola, minuman seperti jus dan latte juga punya kandungan gula tinggi.

Gula bersifat adiktif. Beberapa penelitian menemukan bahwa gula bahkan lebih adiktif daripada kokain. Mengonsumsi terlalu banyak gula memberi dampak buruk pada kesehatan mulai dari obesitas, penyakit jantung, diabetes hingga belemak. Untuk mengurangi dampak tersebut, sebaiknya cari tahu dulu jumlah gula yang terkandung dalam minuman yang Anda konsumsi.

1. Jus Buah

Penggemar jus kemasan tampaknya harus mengurangi konsumsi jus demi kesehatan. Jus kemasan yang Anda minum mengandung gula yang cukup banyak, bahkan meskipun sudah berlabel sehat. Satu cangkir jus jeruk setidaknya 21 gram gula, demikian juga jus hijau. Untuk satu merek cold press juice saja mengandung sampai 36 gram gula.

 

 

 

2. Minuman Kopi

Kopi hitam memang tidak mengandung gula sama sekali namun jika ditambahkan susu dan sirup maka kandungannya jadi berubah. Misalnya segelas mocha klasik dari Starbucks mengandung 2 persen susu dan mengandung 27 gram gula. Sementara espresso latte mengandung 19 gram.

 

 

3. Teh

Sama halnya seperti kopi, aslinya teh juga tidak mengandung gula. Jika sudah diracik dengan campuran bahan lain maka komposisinya otomatis berubah. Segelas matcha latte yang mengandung gula setidaknya sampai 27 gram untuk tiap gelasnya. Lain lagi chai latte yang dijual di Starbucks yang kandungan gulanya mencapai 42 gram.

 

 

4. Smoothie

Anda bisa menjamin smoothie buatan sendiri bebas dari gula, tapi bagaimana dengan smoothie yang dijual bebas? Ya, smoothie kemasan di toko mengandung gula yang cukup tinggi. Sebotol smoothie tanpa tambahan gula sudah mengandung setidaknya 23 gram gula. Sementara smoothie mangga mengandung 57 gram gula.

 

 

5. Minuman Sehat

Minuman seperti air kelapa dan kombucha memang memiliki dampak positif untuk kesehatan tapi jangan berpikir kalau minuman kemasan ini bebas gula. Sebotol air kelapa kemasan rata-rata mengandung 11 gram gula. Demikian juga dengan kombucha, apalagi yang sudah diberi tambahan rasa seperti kombucha delima yang mengandung 14 gram gula.

 

 

Dr. Vincent Pedre mengatakan beberapa minuman selain air mineral memang mengandung beberapa manfaat kesehatan dan juga enak. Tapi sebenarnya akan jauh lebih sehat lagi kalau yang dikonsumsi adalah air putih. “Dan jangan berpikir gula buatan, seperti aspartame atau sucralose, adalah pengganti yang sehat. Anda dapat menggunakan stevia sebagai pemanis, tetapi pada akhirnya, yang terbaik adalah membuat diri Anda menyesuaikan dengan minuman tidak manis” kata Dr. Vincent.

Sementara Hartwig menyarankan untuk memesan teh atau kopi yang tanpa pemanis. “Jangan tergoda dengan minuman manis dan mengaku ditambahkan gula alami seperti gula kelapa atau sirup agave. Dan perhatikan betul jumlah gula pada label minuman” tutup Hartwig.


Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco