Menaker Tantang Generasi Muda Jadi Wirausahawan Sosial

August 5, 2018 in Bisnis | Comments (0)

Tags: , , , , , , , ,

Menaker Tantang Generasi Muda Jadi Wirausahawan Sosial – Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri mengatakan pemerintah mendorong generasi muda untuk meniti masa depannya menjadi sociopreneur atau wirausaha sosial. Kehadiran para sociopreneur dinilai sangat penting karena perannya mampu menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Pada dasarnya sociopreneur merupakan kegiatan wirausaha yang mempunyai perhatian penuh terhadap pengembangan masyarakat di lingkungannya. Sehingga mampu memberdayakan masyarakat untuk menghasilkan suatu perubahan sosial yang berujung pada kesejahteraan bersama.

Menurutnya ada beberapa hal yang harus disiapkan generasi muda untuk menjadi sociopreneur. Pertama, motivasi kerja keras dan berbuat kebaikan. Sebab kerja kerjas merupakan kunci bagi seseorang untuk mencapai kesuksesan.

Kemudian yang kedua, kreatif dan inovatif. Hanif mengatakan, untuk menjadi kreatif dan inovatif seseorang harus belajar dan bekerja di atas standar, serta keluar dari zona nyaman. Zona nyaman menurutnya hanya akan membuat sesorang tidak kreatif.

Untuk ketiga, yakni responsif terhadap perubahan zaman. Menurutnya, perkembangan teknologi dan informasi telah memberi dampak besar terhadap perubahan model bisnis saat ini. Untuk itu, wirausahawan muda harus responsif terhadap perubahan zaman agar bisnis yang dijalankan tetap relevan. Dia mencontohkan perusahaan Nokia. Menurutnya, Nokia dalam persaingan pasar global saat ini bukan disebabkan oleh kesalahan dalam perencanaan bisnis. Namun, lambatnya perusahaan tersebut dalam merespon dinamika dunia industri.

Ia pun mengingatkan tantangan untuk menjadi wirausahawan sangat besar. Seorang wirausahawan harus pantang menyerah dan istiqomah. Salah satu contoh bentuk dukungan pemerintah dalam mendorong tumbuhnya wirausahawan muda yakni diresmikannya Innovation Room di Kementrian Ketenagakerjaan RI.

Pembangunan Innovation Room didasari oleh perkembangan teknologi dan informasi yang telah memberi pengaruh besar terhadap perubahan model bisnis berikut keterampilan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, Innovation Room diharapkan dapat menjadi sarana untuk membekali generasi muda tentang literasi digital, khususnya digital skill.


Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco