Kemenkeu Sebut BNPB Sudah Pegang Dana Bencana

August 8, 2018 in Uncategorized | Comments (0)

Tags: , , , , ,

Kemenkeu Sebut BNPB Sudah Pegang Dana Bencana РKementrian Keuangan (Kemenkeu) mengaku sudah menyerahkan dana pascabencana gempa bumi yang terjadi di Lombok Utara kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). BNPB saat ini sudah memiliki dana siap pakai  (on call) sekirar Rp.700 miliar pada 2018.

Direktur Jendral Anggaran Kemenkeu Askolani menyebutkan dana on call sebesar Rp. 700 miliar itu belum habis hingga saat ini, sehingga BNPB masih bisa menggunakan anggaran tersebut. Nantinya BNPB masih bisa menggunakan anggaran tersebut. Nantinya jika BNPB kehabisan anggaran di tengah jalan, maka lembaga  itu bisa mengajukan tambahan proposal anggaran ke Kemenkeu.

Menurutnya, pemerintah telah menganggarkan dana darurat sekitar Rp. 4 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun, Kemenkeu belum mengetahui apakah penanggulangan bencana gempa Lombok akan menggunakan dana darurat tersebut atau tidak.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah akan memberikan santunan kepada korban gempa di Lombok Utara yang terjadi Minggu (5/8).

Ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2008 yang menyebut bahwa korban bencana alam berhak mendapatkan santunan berupa santunan duka cita, santunan kecacatan, pinjaman lunak untuk usaha produktif dan pemenuhan kebutuhan dasar. Selain itu, dana pascabencana juga perlu digunakan untuk rehabilitasi dan rekontruksi bangunan yang rusak.

Sebelum memberikan bantuan tersebut, tentu pemerintah harus melakukan inventarisasi. Hal itu dilakukan berdasarkan jumlah korban jiwa dan konstruksi bangunan.

Khusus untuk konstruksi bangunan, pemerintah akan memberikan bantuan berupa rehabilitasi bangunan pemerintah, komersial, hingga pemukiman warga biasa. Setelah diinventarisasi kerusakannya, nanti pemerintah akan menghitung kompensasi sesuai standar bangunan masing-masing.

Gempa bumi berkekuatan 7 skala richter mengguncang Lombok Utara pada hari Minggu dan dilanjutkan dengan 132 gempa susulan yang terjadi sampai Senin (6/7) pagi. Dari bencana tersebut, setidaknya ada 98 korban jiwa yang sudah dinyatakan meninggal hingga kemarin.


Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco