Pemerintah Akan Pangkas Bunga Pembiayaan Ultra Mikro

August 10, 2018 in Uncategorized | Comments (0)

Tags: , , , , , ,

Pemerintah Akan Pangkas Bunga Pembiayaan Ultra Mikro – Pemerintah bakal menurunkan bunga pembiayaan Ultra Mikro (Umi) untuk masyarakat ke kisaran enam persen dari semula di kisaran 8-12 persen. Hal ini dilakukan dengan menurunkan bunga yang dikenakan kepada penyalur kredit.

Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp. 3,24 triliun untuk pembiayaan ultra mikro di sepanjang tahun ini. Adapun target penerima dana diperkirakan mencapai lebih dari 800.000 debitur.

Saat ini, penyaluran kredit Umi dilakukan melalui PT. Pengadaian (Persero), PT. Bahana Artha Ventura, dan PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) yang dikoordinasi oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Menteri Keuangan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan “suku bunga yang disampaikan ke penyalur seperti Madani, Bahana Pegadaian akan diturunkan dari enam menjadi empat persen sehingga (bunga) ke masyarakat menjadi enam persen”.

Sri Mulyani mengungkapkan saat ini pihaknya tengah menyelesaikan revisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait. Sebagai informasi, hingga akhir Mei 2018, penyaluran kredit Umi telah terealisasikan sekitar Rp. 1,2 triliun. Adapun anggaran penyaluran kredit Umi tahun ini mencapai Rp. 2,5 triliun.

Tahun lalu, pembiayaan Umi mencapai Rp. 743 miliar untuk 307 ribu debitur. Pembiayaan ultra mikro yang membutuhkan pembiayaan maksimal Rp. 10 juta.

Segmen ultra mikro merupakan segmen yang belum banyak tersentuh oleh bank umum, Di berbagai daerah, bahkan pelaku usaha segmen mikro kerap terjebak dengan pembiayaan rentenir. Pemerintah meluncurkan proyek percontohan pembiayaan ultra mikro pada pertengahan Agustus 2017 lalu. Sasaran program ini mencapai 44 juta pelaku usaha.

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) selaku pelaksana pembiayaan ultra mikro menyebut bahwa pemerintah meluncurkan proyek percontohan pembiayaan ultra mikro pada pertengahan Agustus 2017 lalu. Sasaran program ini mencapai 44 juta pelaku usaha.

Dalam proyek percontohan ini, Kementerian Keuangan menggandeng Kementerian Sosial, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.


Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco