Publikasi Ilmiah

Jurnal

  1. Sunawan. 2005. Beberapa bentuk perilaku underachievement dari perspektif teori self regulated learning. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 91-82DOI: 10.17977/jip.v12i2.73. Klik di sini untuk mendapatkan artikel.
  2. Sunawan. 2006. Regulasi diri dalam pemilihan karir. Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi, dan Konseling, 4(2), 77-89.
  3. Chotim, M., & Sunawan. 2007. Perilaku menyontek siswa Sekolah Menengah Pertama dari segi regulasi diri dan atribusi. Jurnal Ilmu Pendidikan. 14(2), 100-107. DOI: 10.17977/jip.v14i2.27. Klik di sini untuk mendapatkan artikel.
  4. Sunawan. 2009. Daya prediksi orientasi tujuan dan efikasi diri terhadap intensi menyontek. Bimbingan dan Konseling: Jurnal Teori dan Praktik, 22(1), 20-37.
  5. Sunawan, Sugiharto, D.Y.P., & Anni, C.T. 2012. Bimbingan kesulitan belajar berbasis self regulated learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 113-124. DOI: 10.17977/jip.v18i1.3391. Klik di sini untuk mendapatkan artikel.
  6. Ngwira, F.F., Mapoma, H.W.T., Hong, J., Sariyo, S., & Kondowe, W. 2015. Intercultural communication competence and acculturation among international students in Central China. Intercultural Communication Studies, 24(2), 61-83. Klik di sini untuk mendapatkan artikel.
  7. Sunawan, & Xiong, J. 2016. An application model of reality therapy to develop effective achievement goals in tier three intervention. International Education Studies, 9(10), 16-29. DOI: 10.5539/ies.v9n10p16. Klik di sini untuk mendapatkan artikel.
  8. Sunawan, & Xiong, J. 2017. The impact of control belief and learning disorientation on cognitive load: The mediating effect of academic emotions in two types of hypermedia learning environments. Turkish Online Journal of Educational Technology, 16(1), 177-189. Klik di sini untuk mendapatkan artikel.
  9. Sunawan, Sugesti Yoan Ahmad Yani, Trubus Inggariani Kencana, Catharina Tri Anna, Mulawarman, & Afriyadi Sofyan. 2017. Dampak efikasi diri terhadap beban kognitif dalam pembelajaran Matematika dengan emosi akademik sebagai mediator. Jurnal Psikologi. 44(1), 28-38. DOI: 10.22146/jpsi.22742. Klik di sini untuk mendapatkan artikel.

Prosiding

  1. Sunawan. 2011. Mengurangi perilaku menyontek dalam Ujian Nasional: Implikasi dalam penyiapan siswa mengikuti Ujian Nasional. Prosiding Seminar Peran Guru, Konselor, Kepala Sekolah, Orangtua, dan Pemerintah dalam Membantu Siswa Menghadapi Ujian Nasional yang Bebas, Jujur, dan Akuntabel, PD ABKIN Jateng, Semarang, 105-112.
  2. Sunawan. 2012. Ekspektasi Kinerja Konselor dalam Bidang Belajar dan Implikasinya dalam Penilaian Kinerja Konselor. Prosiding Seminar Penilaian Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah,PD Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Jateng, Semarang, 135-143.
  3. Mulawarman, & Sunawan. 2014. Penerapan pendekatan konseling realita untuk mengatasi learning helplessness: Studi embedded experimental model. Prosiding Seminar Profesi Konselor Masa Depan,PPs Unnes dan PD Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Jateng, Semarang, 447-459.
  4. Sugiyo, Sunawan, & Muslikah. 2014. Counselors’ performance in evaluating school counseling services. Proceeding of the International Seminar and Workshop on Guidance and Counseling, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 145-151.
  5. Sunawan, & Yani, S.Y.A. 2016. Increasing the elementary students on-task behavior through the application of classroom management strategies. Prosiding Seminar & Workshop Internasional Konseling, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
  6. Sunawan, & Xiong, J. 2016. The impact of academic emotions on cognitive load in hypermedia learning environment. Proceedings of the 6th International Conference on Educational, Management, Administration and Leadership (ICEMAL 2016), Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, (14), 378-383. DOI: 10.2991/icemal-16.2016.79. Klik di sini untuk mendapatkan artikel.
  7. Hapsari, A.M., Anni, C.A., & Sunawan. 2017. Increasing Elementary Students’ Behavior Engagement through Applying Token Economy Technique. Proceedings of the 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017), Universitas Negeri Semarang, Semarang. DOI:10.2991/icset-17.2017.85. Klik di sini untuk mendapatkan artikel.
  8. Sunawan, Dwistia, H., Kurniawan, K., Hartati, S., & Sofyan, A. 2017. Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students. Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017). Universitas Sebelas Maret, Solo. DOI: 10.2991/ictte-17.2017.26. Klik di sini untuk mendapatkan artikel.