Kebun Wisata Pendidikan
Kebun Wisata Penddikan via Unnesdailyphoto.blogspot.com

Secara geografis atau sering kita baca dari berbagai sumber buku tentang universitas negeri semarang terletak didaerah pegunungan tepatnya di kelurhan sekaran gunung pati Semarang. dari topografi sendiri kelurahan sekaran yang terletak di daerah pegunungan menyimpan berbagai tingkat keragaman hayati (Biodiversiti) baik flora fauna yang relatif tinggi.

untuk meneguhkan upaya menjadi universitas konservasi universitas memiliki berbagai upaya untuk membangun sebuah lembaga yang besar dengan nama Universitas berwawasan konservasi.

salah satu dari berbagai program yang di canangkan unnes adalah dengan membangun sebuah taman pendidikan keanekaragaman hayati. taman yang awalnya dengan pembuatannya menggunakan konsep pendidikan. dalam pembuatan taman pendidikan unnes membuat kebun di lahan seluas 2 hektare sejak tahun 2001. ada sekitar 3.300 tumbuh tumbuhan dengan 103 jenis tananmannya yang juga perwujudan nyata kepedulian kampus unnes pada lingkungan.

taman pendidikan ini sekarang memiliki nama “Taman Pendidikan Keanekaragaman Hayati”. taman ini termasuk dalam salah satu Ekowisata di kecamatan gunungpati semarang, taman keaneka ragaman hayati kini terbuka untuk umum dan sekarang banyak dikunjungi untuk wisata pendidikan.