Tentunya Nama Gaharu gaharuan terasa asing di telinga teman teman, ya gaharu gaharuan atau lebih dikenal oleh masyarakat adalah Gaharu, kayu gaharu sendiri berasal dari Pohon Aquilaria  Beccarain Asal Indonesia.

Kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh berbagai spesies pohon dengan marga atau spesies Aquiliria. Resin ini digunakan dalam perindustrian wangi-awangian karena berbau harum.

pengolahan minyak gaharu sendiri didapat dari penyulingan  minyak yang biasanya berada pada  teknik destilasi uap atau air untuk mengekstrasi minyak dari kayu tersebut. Untuk mendapatkan kayu gaharu sangat sulit karena komoditas yang semakin langka dan jjarang dan hanya ada di nusantara atau di daerah tropis katulistiwa.

Semakin banyak nya pohon gaharu yang ditebang maka poohon gaharu ditetapkan sebagai  pohon  yang masuk dalam kategori Apendix II yaitu tanaman yang dibatasi perdagangannya. penetapan nya ke dalam Appendix II karena para pengusaha kayu gaharu sudah sulit untuk mengenali kayu gaharu yang mengandung resin dan menghasilkan gaharu dengan kualitas baik.