SEJARAH VIRUS KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA

Sejarah virus komputer  bisa dianggap sama tuanya dengan perkembangan komputer itu sendiri. Virus pada dasarnya merupakan program yang sengaja dibuat. Kemudian, apa tujuan pembuatan program tersebut? Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk merusak komponen atau sistem komputer atau hanya untuk mencuri data di suatu komputer.

Tahun 1970 adalah tahun dimana virus komputer pertama kali muncul (lebih lengkapnya lihat pada artikelvirus paling berbahaya di dunia). Pada saat itu, terdapat virus pervading animal yang merusak komputer Unix 1108. Kemudian di tahun 1986, muncullah virus canggih yang menyerang Ms Dos, virus tersebut dikenal dengan nama virus brain. Perkembangan virus komputer semakin menggila, bahkan dalam rentang waktu antara 1970 hingga 1990, Wikipedia mencatat bahwa setidaknya ada 500 virus yang menyerang personal komputer. Itu adalah data kasar dimana Wiki melakukan pencatatan terhadap virus yang dilaporkan, artinya masih banyak virus lain yang kemungkinan besar menjangkiti komputer, namun tidak tecatat dalam sejarah.

Data yang mencengangkan terus berlanjut. Tahun 1992, adalah tahun dimana infeksi virus mulai besar-besaran terjadi di seluruh dunia. Setidaknya, antara tahun 1990 ke 1992, ada 1800 virus baru yang muncul, dan data tersebut naik hingga 7500 virus di tahun 1994. Tahun 2000 lebih menggila lagi, karena ada paling tidak 50.000 virus baru tersebar di seluruh dunia.

Area perusakan virus komputer juga terus berkembang dari waktu ke waktu. Awalnya, mungkin Anda hanya melihat virus yang merusak dokumen, namun kini, virus komputer bisa melakukan perusakan dengan kompleksitas jauh lebih tinggi. Tidak hanya dokumen, namun ada file exe, penghapusan dokumen, dan bahkan bisa merusak keseluruhan sistem operasi komputer Anda.

virus komputerMeskipun virus komputer adalah pogram, namun tidak diketahui siapa pembuatnya. Virus komputer hanya muncul secara tiba-tiba dan solusi dari pengguna komputer hanyalah menggunakan antivirus, sebuah program yang didesain untuk menghilangkan virus itu sendiri. Antivirus komputer diciptakan mulai tahun 1988 dimana tujuannya adalah untuk mengatasi virus yang menjangkiti Ms Dos. Antivirus diibaratkan sebagai obat yang mengalahkan penyakit dari dalam tubuh kita.

Hingga saat ini, sudah banyak antivirus yang diciptakan dan dibagikan secara gratis maupun berbayar. Beberapa diantaranya adalah Avast, AVG, Bitdefender, dan PC Media. Sekian artikel mengenai sejarah virus komputer yang bisa menjadi referensi bagi Anda

Sumber : dearyoti.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: