Jenis-Jenis Speaker Berdasarkan Frekuensinya dan Penjelasanya

Berikut jenis-jenis speaker berdasarkan frekuensi, yang terdiri dari :

Tweeter

Tweeter adalah speaker yang biasanya berukuran kecil 0,5 inci.  Paling besar pun berukuran 4 inci, tergantung merek dan kemampuan cakupan frekuensinya. Fungsi tweeter adalah untuk mereproduksi frekuensi tinggi yang cakupannya pada rentang 3500 Hz hingga 20 Khz. Contoh suara frekuensi tinggi ini antara lain adalah seperti suara vokal, cymbal drum dan suara dentingan alat musik lainnya. Tweeter pun juga ada yang dikenal dengan sebutan super tweeter/ribbon tweeter. Jenis ini memiliki bentuk yang berbeda dari tweeter biasa, biasanya persegi panjang dibentuk plat tipis dan mampu menghasilkan suara high frekuensi yang tidak dapat dijangkau oleh tweeter biasa, yaitu pada rentang 5-23 Khz.

Midrange

Midrange adalah speaker yang umumnya berukuran sekitar 3-4 inci yang memiliki cakupan frekuensi 350-4500Hz. Midrange ini biasanya diikutsertakan pada 1 set sistem 3 way audio. Tugasnya untuk membantu menyempurnakan high frekuensi atau mengakomodasi vokal yang terdengar agar lebih fokus dan jelas.

Midbass

Midbass adalah jenis speaker yang juga biasa disebut midwoofer, fungsinya untuk menghasilkan suara berfrekuensi dengan rentang 80-350 Hz. Suara yang dihasilkan midbass lebih didominasi pada suara rendah. Biasanya midbass memiliki diameter 5-7 inci.

Keterangan gambar : Midrange (kiri), Midbass (kanan)

Subwoofer/woofer

Fungsi speaker yang satu ini adalah untuk menghantarkan suara berfrekuensi rendah atau suara bass. Untuk woofer dibatasi pada rentang frekuensi 100 Hz atau dibawahnya, namun woofer yang mampu mengeluarkan suara pada rentang frekuensi 40 Hz dan dibawahnya bisa disebut sebagai sebuah subwoofer. Pada umumnya subwoofer memiliki ukuran 12, 15, 18 inci sedangkan woofer sekitar 8-10 inci.

Horn

Jenis speaker yang diproduksi secara khusus untuk mereproduksi sinyal audio pada range gelombang frekuensi vokal manusia.

Full range

Jenis speaker yang mampu mereproduksi sinyal audio pada semua range gelombang frekuensi audio.

Keterangan gambar : Horn (kiri), Full range (kanan)

Refrensi :https://www.audioengine.co.id/jenis-speaker-berdasarkan-fungsi-dan-frekuensi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: