Cara Praktis Membersihkan Kipas Laptop Yang Kotor Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Peralatan Yang Dibutuhkan untuk membersihkan kipas pendingin laptop adalah sebagai berikut :
obeng mini
Obeng Ukruan Mini Yang Biasanya Dijual Dalam Satu Set
Kuas Pembersih
Kuas Pembersih

1. Seperangkat obeng yang memiliki variasi ukuran yang dapat dengan mudah anda temukan ditoko elektronik dan harganya sekitar Rp.30.000. Usahakan juga untuk menggunakan obeng yang memiliki ujung magnet, agar baut dapat dengan mudah terangkat.

2. Kuas ukuran kecil yang nanti kita gunakan untuk membersihkan badan kipas, harganya  tidak sampai Rp.5000 dan dapat dengan mudah ditemukan ditoko bangunan sekitar anda. Jika tidak ada gunakan kuas apa saja yang penting bersih, tidak basah dan dapat masuk kesela-sela kipas.
3. Wadah yang dapat berupa mangkuk kecil atau apa saja untuk menaruh scrup (baut) yang telah dilepaskan. Tujuannya agar mudah ditemukan , karena barang ini mudah hilang dikarenakan ukurannya yang kecil. Bila perlu pisahkan baut pada bagian laptop seperti baut pada bagian baterai, Casing dan Kipas agar tidak tertukar.
Cara Membersihkan Kipas Laptop

baut dibawah baterai laptop
Baut Yang Berada Dibawah Baterai
baut dibawah baterai laptop
Lokasi Baut Casing Laptop
  • Yang harus dilakukan pertama kali adalah membuka baterai laptop, karena dibawah baterai biasanya terdapat scrup atau baut yang berukuran kecil yang seringkali saya tidak perhatikan.
  • Buka satu persatu baut yang terpasang pada casing laptop dan letakkan pada tempat yang aman.
  • Kumpulkan baut dalam tempat berbeda sesuai dengan ukurannya, ini untuk meminimalisir resiko kehilangan baut dan memudahkan kita dalam proses pemasangan kembali.
  • Setelah semua baut dilepas, angkat casing laptop dengan perlahan dan jika agak sedikit ketat dan sulit terbuka, perhatikan lagi apakah masih ada baut yang terpasang seperti pada bagian yang ditutupi oleh segel.
  • Jika masih agak ketat dan sulit dibuka, gunakan obeng minus ukuran mini untuk membuka celah pada casing dan lakukan dengan hati-hati.

Proses Pembersihan Kipas laptop

 Kipas Laptop Yang Kotor
 Kipas Laptop Yang Kotor
 Kipas Laptop Yang Kotor
  • Laptop acer aspire 4250 dapat langsung kita bersihkan kipasnya dengan 4 membuka baut ukuran kecil, setelah itu tinggal mengangkat bagian penutup yang terbuat dari logam.
  • Gunakan kuas mini yang telah disiapkan untuk membersihkan debu yang menempel pada badan kipas sampai benar-benar bersih
  • Cek kembali bagian yang kotor seperti pentilasi udara dan bagian lain samapi bersih.
  • setelah itu casing laptop anda bisa pasang kembali.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

  • Usahakan alat yang digunakan tidak dalam kondisi basah, baik itu basah oleh air atau tetesan keringat.
  • Perhatikan komponen lain seperti kabel USB yang menghubungkan Port USB dengan Motherboard dan DVD Drive karena dua kompnen ini sangat mudah lepas.
  • Jika kipas laptop yang dibersihkan harus dilepas dulu dari motherboard, cek kembali kelengkapan baut dan posisinya , apakah posisinya sudah tepat atau tidak.
  • Pada saat memasang casing, pastikan bagian casing telah menyatu sebelum baut dipasang kembali.
  • Jangan memaksakan untuk menekan casing jika sulit untuk terpasang dan cek dengan teliti penyebabnya.
  • Cek apakah DVD Room berfungsi dengan normal, jika tidak tepatkan kembali posisinya atau set DVD Room dalam kondisi terbuka sebelum casing dipasang.
Itulah panduan singkat tentang cara membersihkan kipas laptop yang kotor yang mana hal tersebut dapat menyebabkan Laptop Cepat Panas dan performanya jadi menurun.
Sumber : https://www.mykiosdriver.net/2014/11/cara-membersihkan-kipas-laptop-kotor.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: