Pengertian Processor Dan Cara Kerjanya Secara Lebih Lengkap

Definisi atau pengertian processor, fungsi dan cara kerja processor (CPU) yang dapat kalian baca dan pahami secara lebih lengkap di artikel ini.

A. Apakah itu processor?

Processor adalah secara singkat dapat di artikan sebagai otak komputer, processor pada umumnya sering disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit), yaitu suatu chip yang berupa IC (Integrated Circuit) yang mengontrol keseluruhan sistem komputer khususnya dalam menjalankan intruksi, pengolah dan digunakan sebagai pusat ataupun otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan serta menjalankan tugas input dan output.

Prosesor terletak pada soket yang terdapat di Motherboard, mengelolanya dan melakukan komunikasi. Oleh karena itu processor ialah alat atau suatu komponen yang sangat dibutuhkan paling utama tapi kalau tidak ada komponen yang lainnya maka processor tidak dapat bekerja atau berfungsi dengan sangat baik sebab komponen komputer itu saling berkaitan satu sama lain dengan komponen yang lainnya. Bagian Prosesor yang terpenting, terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu Aritcmatics Logical Unit (ALU), Control Unit (CU) dan Memory Unit (MU).

B. Berikut ini fungsi processor untuk komputer

Karena komponen yang kecil ini sangat menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer. Pada dasarnya fungsi sebuah prosesor adalah hanya untuk memproses data-data yang diterima dari input atau masukkan, lalu akan menghasilkan pengeluaran atau lebih dikenal dengan output.

Cara kerja prosesor akan terus terhubung dengan komponen/device komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM (Random Acces Memory). Fungsi dari prosesor juga diibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer sebab setiap data yang akan diolah atau diproses akan selalu melewati prosesor lalu kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang diinginkan dari si pengguna. Baca juga:Pengertian motherboard dan fungsi komponennya terlengkap.

Hasil gambar untuk intel core i7

C. Dan inilah cara kerja processor

Adalah menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang memberitahu processor apa saja yang harus dilakukan, berdasarkan instruksi itu, processor melakukan 3 (tiga) hal dasar diantaranya:

  • Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) yaitu untuk melakukan operasi matematis seperti pengurangan, penambaghan, perkalian dan juga pembagian. Mikro processor modern mengandung floating point unit yang dapat melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar.
  • Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.
  • Mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain sesuai keputusan tersebut.

Sederhananya cara kerja prossesor intinya ialah menerima umpan ataupun perintah masuk (inpot) baik dari mouse, keybord atau alat penginput data yang lainnya yang terhubung, lalu kemudian menerjemahkan atau memproses data-data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan atau meneruskan outputnya ke hardware ataupun software terkait.

Itulah artikel  mengenai pengertian processor atau CPU, semoga dapat berguna dalam menambah ilmu pengetahuan kamu.

Refrensi : https://www.pengertianku.net/2014/11/pengertian-processor-dan-cara-kerjanya-secara-lebih-lengkap.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: