Penjelasan VRam dan Vga Card

Vga Card AMD Radeon dan Nvidia Geforce seperti yang diketahui memiliki Memory RAM sendiri bernama VRAM. Nah kali ini mimin akan berikan Penjelasan VRAM Vga Card serta Perbedaan DDR3 dan GDDR5 Pada Vga Card Radeon dan Geforce.

 


vram vga card

VGA Card adalah sebuah perangkat Add-Ons yang ada di PC. Maksud dari perangkat Add-ons adalah perangkat tambahan yang berguna untuk menambah/meningkatkan kinerja PC yang kita punya. Vga Card berbentuk seperti yang ada di gambar di atas ini. Untuk Vga Card PC ada 2 produsen yaitu AMD dengan prodak bernama “Radeon” serta Nvidia dengan prodak bernama “Geforce”. Baik AMD maupun Nvidia. Tidak membuat VGA Card jadi. Melainkan menyerahkanya kepada pihak ketiga sebut saja Asus, MSI, Powercolor, XFX, Zotac, Biostar, Gigabyte, Digital alliance, EVGA dsb.

R9-290X bare-580-90 GPU

AMD dan Nvidia hanya memproduksi Chip inti dari VGA Card bernama Chip GPU. Anda bisa lihat gambar diatas. Gambar diatas adalah contoh dari Vga Card saat dibuka ada kotak yang ditengah itu adalah Chip GPU. Chip GPU layaknya berkerja seperti Processor. Perbedaanya Chip GPU ini digunakan untuk sebagai “otak” pengolah data berbasis Grafis saja. Sebut saja Video, Gambar 3D/2D dan Video Game.

vram gpu

 

Karena berkerja sebagai “Otak” maka Chip GPU butuh sebuah Memory untuk menyimpan data sementara. Untuk itulah hadir sebuah RAM khusus untuk Vga Card bernama VRAM. Bentuk VRAM ini seperti yang saya sudah lingkarkan di sekeliling Chip GPU adalah Chip VRAM.

 

Refrensi : https://www.sutamatamasu.com/penjelasan-vram-vga-card-serta-perbedaan-ddr3-dan-gddr5-pada-vga-card-radeon-dan-geforce/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: