Prinsip Geografi

Empat PrinsipĀ  Geografi

Prinsip-prinsip geografi terdiri dari empat prinsip utama dalam mengkaji fenomena geosfer, empat prinsip-prinsip geografi tersebut ialah sebagai berikut :

  • Prinsip Penyebaran (Distribusi)

Dalam pengertian prinsip geografi, prinsip distribusi ialah prinsip yang pertama yakni persebaran tentang bentang alam yang ada di permukaan bumi yang tidak merata yang menjadikan setiap wilayah atau daerah berbeda satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh ialah persebaran total penduduk transmigran di Indonesia tidak merata, terdapat wilayah tertetu yang totalnya lebih banyak dibandingkan yang lain sesuai dengan luar wilayah.

  • Prinsip sebab-akibar (Interelasi)

Dalam pengertian prinsip geografi, prinsip interelasi ialah suatu fenomena geosfer yang satu memiliki keterkaitan dengan fenomena geosfer yang lainnya. Gejala yang satu berkaitan dari gejala yang lainnya. Sebagai contoh sebagian besar dari penduduk pesisir pantai memiliki pencaharian sebagai nelayan karena masih luas lautan yang harus di jelajahi.

  • Prinsip Penggambaran (Deskripsi)

Dalam pengertian prinsip geografi, Prinsip Deskripsi ialah untuk menggambarkan fenomena geosfer yang membutuhkan deskripsi dengan melalui tulisan-tulisan, tabel, gambar maupun grafik. Sebagai contoh ialah peta persebaran lempeng-lempeng tektonik di dunia.

  • Prinsip Korologi (Gabungan)

Dalam pengertian prinsip geografi, Prinsip Korologi ialah suatu prinsip yang berfungsi menganalisa suatu wilayah atau daerah berdasarkan dari ketiga prinsip sebelumnya, hingga suatu wilayah akan mempunyai karakteristik tersendiri. Sebagai contoh ialah suhu udara di pedesaan lebih sejuk dari pada suhu udara di perkotaan. Karena banyak pepohonan yang ada di pedesaan.

Sumber : https://www.klikpengertian.com/2016/10/pengertian-prinsip-geografi.html

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: