10 Tempat Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Dikunjungi

Tak ada yang bisa menampik pesona Bali. Pulau Dewata ini seolah memiliki medan magnet kuat yang mampu menarik setiap wisatawan untuk datang dan pada akhirnya enggan pulang. Keindahan pantai dan kesakralan puranya tentu sudah bukan rahasia lagi. Setiap tempat wisata di Bali tak pernah sepi pengunjung.

Jika Anda sudah sangat terpesona dengan pemandangan alam dan budaya di pulau ini, bagaimana dengan kulinernya? Bali tak hanya sedap dipandang mata, berbagai kuliner yang ditawarkannya pun tak bisa diremehkan kelezatannya.

Berencana ke Bali dalam waktu dekat? Simak 10 tempat wisata kuliner di Bali berikut ini agar Anda tahu ke mana harus menuju saat perut menuntut untuk diisi:

1. Warung D’ Sawah

Warung D’ Sawah

Menawarkan kuliner lezat dengan pemandangan hamparan sawah menghijau yang memukau, Warung D’ Sawah patut menjadi tempat persinggahan Anda di tengah kegiatan berkeliling Bali. Tempat wisata kuliner yang terletak di Jalan Raya Kerobokan Kelod 17, Kuta, ini berhasil meraih Certificate of Excellence 2013 dari TripAdvisor.

Warung D’Sawah menyajikan beragam kuliner lezat mulai dari hidangan khas nusantara, oriental sampai western. Setiap hari Jumat, Anda akan dihibur oleh penampilan musik secara langsung dan juga pertunjukan tari Bali.

Tempat wisata kuliner ini juga seringkali dijadikan lokasi acara gathering perusahaan, outbound anak sekolah juga pesta ulang tahun dan pernikahan.

2. Mama San Bali

Mama San Bali

Mama San Bali sangat cocok bagi Anda yang tak hanya ingin memuaskan lidah dan perut, namun juga mengapresiasi seni dalam desain. Mama San Bali memiliki desain interior yang ciamik dengan nuansa vintage elegan.

Terdiri dari dua lantai, tempat wisata kuliner ini memberi suasana berbeda di setiap lantainya. Di lantai bawah, Anda bisa bersantai di sofa kulit empuk dengan dekorasi khas Asia dan lantai kayu. Sedangkan lantai atas merupakan cocktail lounge dan juga kelas memasak. Satu hal yang menjadi ciri khas dari resto ini adalah lukisan dinding perempuan Asia yang begitu menarik perhatian.

Tempat wisata kuliner yang terletak di Jalan Raya Kerobokan ini menyajikan menu ala Asia seperti kuliner khas Indonesia, Vietnam, Thailand dan Kamboja. Beberapa menu yang wajib Anda coba adalah Thai fish cake dan crispy lamb ribs with ginger.

Mama San Bali buka dua sesi setiap harinya yaitu pada jam 11:00 – 14:00 dan 18:00 – 23:00.

3. Bale Udang Mang Engking

Bale Udang Mang Engking

Bagaimana jika sedang berada di Bali, namun lidah ingin menikmati kuliner khas Sunda? Bale Udang Mang Engking jawabannya. Datanglah ke Jalan Nakula 88, Sunset Road, Kuta, untuk memuaskan ‘ngidam’ Anda.

Seperti namanya, kuliner utama di sini tentunya berbahan utama udang segar. Nikmati sajian lezat dengan duduk bersantai di saung-saung yang mengapung di atas kolam ikan. Suasana Sunda makin terasa dengan terdengarnya iringan lagu tradisional Sunda. Untuk menikmati aneka olahan udang khasnya, pesan saja paket Hurang Ageung yang cocok untuk disantap bersama keluarga.

Menu lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah karedok, sop buntut, gurame cobek, iga penyet dan es sarang singaraja. Tempat wisata kuliner ini juga dilengkapi dengan arena bermain anak dan ruang pertemuan. Bale Udang Mang Engking buka mulai pukul 10:00 sampai 22:00.

4. Bakers Corner

Bakers Corner

Anda pecinta kue dan pastry? Coba kunjungi Bakers Corner yang terletak di Jalan Teuku Umar 173, Denpasar. Tempat wisata kuliner ini menyajikan aneka kue dan roti yang tampilan dan rasanya sulit Anda hindari.

Meskipun begitu masuk Anda sudah disambut jajaran rak berisi kue-kue lezat, namun menu andalan di sini adalah sop buntut dan bebek krispy. Bebek krispy di sini terkenal dengan tekstur dagingnya yang empuk, gurih dan tidak bau amis. Jangan lupa memesan salad dan es khas Bakers Corner.

Bakers Corner buka setiap hari mulai pukul 08:00 sampai 23:00. Selain berlokasi di Denpasar, tempat wisata kuliner ini juga membuka cabang di kawasan Kuta dan Nusa Dua.

5. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku merupakan tempat wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi saat sedang berada di kawasan Ubud, Bali. Meskipun terdapat banyak tempat makan serupa di sekitarnya, namun Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku yang terletak tepat di Jalan Kedewatan 18, Ubud, ini paling populer dan tak pernah sepi pengunjung.

Anda bisa memilih duduk di bangku dan meja yang telah disiapkan atau lesehan di pendopo sambil menikmati hidangan istimewa ini. Satu porsi nasi ayam ini berisi nasi, ayam, sambal kacang-teri, telur, sate lilit, irisan mentimun, urap dan sambal super pedas.

6. Café Degan

Café Degan

Tak hanya menawarkan kuliner lezat, Café Degan juga membuat pengunjung betah berlama-lama karena desain tempatnya yang nyaman. Berbentuk rumah joglo khas Jawa, arsitektur tempat wisata kuliner ini menampilkan desain klasik elegan. Tembok putihnya terlihat begitu kontras ketika dipadukan dengan sentuhan perabot kayu berukir dengan warna gelap.

Tempat wisata kuliner di Bali yang terletak di Jalan Petitenget 9, Seminyak, ini menyajikan hidangan tradisional khas nusantara dan Thailand. Menu-menu yang wajib Anda coba di antaranya adalah tahu telor, mie goreng Jawa, bebek tumis cabe, pad Thai dan gai hor bai toey.

7. Babi Guling Candra

Babi Guling Candra

Tempat makan ini khusus bagi Anda pecinta kuliner berbahan babi. Babi Guling Candra yang terletak di Jalan Teuku Umar 140, Denpasar, ini merupakan salah satu tempat penyedia hidangan babi terlezat di Bali. Meskipun selalu dibanjiri pengunjung setiap hari, tempat wisata kuliner ini tak pernah kehabisan stok daging babi. Babi-babi terbaik didapatkannya dari para peternak di seluruh Bali.

Babi Guling Candra buka setiap hari mulai pukul 05:00 sampai 21:00. Anda bisa menikmati aneka menu berbahan babi seperti babi guling dan sate babi. Selain itu, sebagai oleh-oleh Anda bisa membeli krupuk kulit babi dan pie susu khas Bali.

8. Bali Strawberry Farm & Restaurant

Bali Strawberry Farm & Restaurant

Mungkin Anda tak pernah menyangka bahwa di Bali terdapat sebuah agrowisata stroberi. Jika masih sulit percaya, datang saja ke Bali Strawberry Farm & Restaurant yang terletak di Jalan Raya Baturiti, Bedugul.

Kawasan Bedugul memang dikenal sebagai dataran tinggi dengan suhu udara yang cocok untuk budidaya buah stroberi. Di tempat wisata kuliner ini, Anda bisa memetik buah stroberi langsung dari pohonnya. Menu-menu yang ditawarkan pun tak lepas dari buah berwarna merah ini, silakan cicipi milkshake stroberi, es krim stroberi, aneka kue stroberi sampai nasi goreng stroberi.

9. Warung Nyoman

Warung Nyoman

Tak lengkap jika ke Bali tanpa menikmati ayam betutu yang merupakan kuliner khas Pulau Dewata ini. Salah satu tempat wisata kuliner di Bali yang menyajikan ayam betutu terlezat adalah Warung Nyoman yang terletak di Jalan Raya Bedugul. Ayam betutu disajikan bersama nasi panas, lawar alias sayur khas Bali dan sambal matah. Rasanya? Silakan datang sendiri dan buktikan kelezatannya.

Tempat wisata kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 10:00 sampai 22:00.

10. Sanur Night Market

Sanur Night Market

Sanur Night Market disebut juga dengan Pasar Sindhu. Hal ini dikarenakan pasar yang berlokasi di Jalan Danau Temblingan ini saat pagi sampai siang merupakan pasar tradisional yang menjual berbagai kebutuhan pokok sehari-hari.

Menjelang petang, pasar berubah menjadi tempat wisata kuliner yang menyajikan berbagai makanan mulai dari sate ayam, masakan Padang, mie ayam, nasi campur sampai aneka rasa jus buah. Selain itu juga terdapat pedagang mainan anak, pakaian dan DVD yang menggelar dagangannya. Pasar malam ini buka sampa pukul 24:00.

[https://anekatempatwisata.com]

10 Oleh-oleh Khas Bandung yang Paling Terkenal

Menghabiskan satu dua hari tentulah tak cukup untuk menjelajahi Bandung. Anda harus kembali ke kota asal dan beraktifitas seperti biasa. Agar kota ini masih bisa dikenang sampai waktunya Anda kembali lagi menjejaknya, bawalah 10 oleh-oleh khas Bandung berikut ini ke rumah:

1. Pisang Bollen Kartika Sari

Pisang Bollen Kartika Sari

Anda belum ke Bandung jika melewatkan Kartika Sari. Toko yang berkantor pusat di Jalan H. Akbar Nomor 4, Kebon Kawung, ini menyediakan pisang bollen lezat khas yang pastinya akan membuat Anda ketagihan. Pisang bollen ala Kartika Sari ini adalah pelopor pisang bollen di Bandung dan telah lama menjadi oleh-oleh wajib jika berkunjung ke Kota Kembang ini.

Pisang bollen ini populer sejak tahun 1970an dan sampai saat ini masih menggunakan resep asli turun termurun, sehingga cita rasanya dijamin tak berubah. Beragam varian rasa bisa Anda temukan di sini mulai dari keju, cokelat sampai durian. Selain itu, masih ada aneka pastry dan kue-kue lezat lainnya seperti pastel, risoles, kroket, brownies kukus rainbow dan juga bagelen.

Saat ini, Kartika Sari membuka banyak cabang di kota Bandung, Jakarta dan beberapa kota lainnya. Namun, membeli di kota asalnya akan memberikan sensasi berbeda.

2. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong wajib Anda masukkan ke dalam daftar oleh-oleh wajib kota Bandung. Berlokasi di Jalan Dr. Djunjunan 155E, toko ini selalu dipenuhi pembeli. Gepuk sendiri merupakan hasil olahan daging sapi yang juga populer dengan sebutan ‘empal’. Potongan daging yang telah digeprek dan ditipiskan akan dirangkai dengan lidi untuk menjaga seratnya tak hancur saat dimasak.

Tak hanya daging sapi, Gepuk Nyonya Ong juga menyediakan olahan daging ayam. Dengan kreatifitasnya, gepuk ini diolah dalam berbagai varian seperti beef original, beef salty, beef extra pedas, beef less sugar, chicken original dan chicken spicy. Begitu sampai rumah, segera siapkan sepiring nasi hangat. Gepuk Nyonya Ong sangat nikmat disantap bersama nasi dengan asap yang masih mengepul.

3. Picnic Roll Prima Rasa

Picnic Roll Prima Rasa

Kreatifitas warga Bandung dalam menciptakan kuliner lezat memang patut diacungi jempol. Anda harus membeli Picnic Roll Prima Rasa. Picnic roll merupakan olahan daging cincang yang sudah diberi bumbu sebelumnya, dimasukkan ke kulit pastry bersama telur rebus, kemudian dipanggang sampai berwarna kecokelatan. Rasanya? Tak perlu lah Anda meragukan kelezatannya.

Picnic roll tersedia dalam dua varian yaitu daging sapi dan daging ayam yang sama-sama enak. Selain picnic roll, menu andalan lainnya di Prima Rasa adalah brownies, pudding mouse dan mousse cake.

Sampai saat ini, Prima Rasa hanya membuka cabang di kota Bandung saja. Hal ini dikarenakan kekhawatiran akan kualitas produk bisa menurun jika toko membuka cabang di kota lain. Semua pastry dan kue Prima Rasa diproduksi dalam satu dapur yang terpusat di Jalan Kemuning untuk kemudian didistribusikan ke toko cabang lainnya termasuk yang ada di Jalan Pasirkaliki. Tak mengherankan jika kualitas rasa yang dihasilkan sama baiknya dan tak mengecewakan penikmatnya.

4. Surabi

Surabi Enhaii

Siapa yang tak mengenal surabi sebagai jajanan khas Bandung? Surabi saat ini tak hanya bisa dinikmati di kota ini saja. Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta. Surabi saat ini pun tak bisa dibilang ‘makanan kampung’. Berbagai varian rasa surabi telah diciptakan, hal ini membuat surabi menjadi sajian lezat yang mengikuti perkembangan zaman.

Salah satu tempat yang menyediakan surabi sebagai oleh-oleh Bandung adalah Surabi Enhaii yang berlokasi di Jalan Setiabudi. Anda bebas memilih surabi berbagai rasa mulai dari oncom, durian keju, ayam telur keju sampai kismis.

5. Peuyeum

Peuyeum

Tak sulit menemukan peuyeum di Bandung. Peuyeum atau yang umunya disebut dengan tape ini memang sudah identik dengan kota Bandung. Peuyeum banyak dijual di pusat oleh-oleh, salah satunya di kawasan Jalan Cihampelas. Biasanya, peuyeum ini digantung di depan kios sehingga wisatawan dengan mudah mengenali tempat yang menjual peuyeum.

 

Peuyeum merupakan produk olahan dari singkong. Cara pembuatannya cukup mudah. Singkong yang sudah dibersihkan kemudian direbus. Setelah itu, singkong dtaburi ragi dan disimpan di tempat tertutup. Peuyeum sudah bisa dinikmati 2-3 hari kemudian. Peuyeum digemari warga bandung karena mampu menimbulkan efek hangat di tubuh di tengah udara kota yang sejuk cenderung dingin.

6. Oncom Raos

Oncom Raos

Satu lagi kuliner tradisional khas Bandung yang tak boleh dilewatkan adalah oncom. Oncom merupakan produk olahan dari kacang yang difermentasi. Oncom ini kemudian bisa dijadikan bahan baku untuk membuat masakan lezat lainnya, salah satunya adalah oncom goreng yang banyak digemari.

Oncom Raos adalah salah satu tempat yang menyediakan produk olahan oncom. Berlokasi di Jalan Cihampelas 91 B, tak sulit mencari tempat wisata kuliner ini karena berada dekat pusat perbelanjaan populer yaitu Cihampelas Walk. Tak hanya oncom goreng, tempat yang sudah berdiri lebih dari 40 tahun ini juga menyediakan beragam jenis oleh-oleh lain seperti aneka keripik, sale pisang dan juga bermacam manisan.

7. Angklung

Oleh-oleh Saung Angklung Udjo

Angklung merupakan alat musik tradisional khas Bandung yang diakui dunia. Alat musik yang terbuat dari bambu ini mampu menghasilkan kombinasi melodi yang indah saat dimainkan. Salah satu tempat yang terus memelihara dan mengembangkan kesenian tradisional ini adalah Saung Angklung Udjo. Berlokasi di Jalan Padasuka, Saung Angklung Udjo banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Setelah puas menyaksikan pementasannya yang luar biasa, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di sini. Anda bisa membeli angklung sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman. Selain dijual sebagai alat musik, tersedia juga miniatur anglung dalam bentuk gantungan kunci dan hiasan meja atau dinding.

8. Tas dan Sepatu khas khas Cibaduyut

Tas dan Sepatu khas khas Cibaduyut

Ada kebanggan tersendiri saat membeli produk asli dalam negeri. Jika Anda selama ini menggilai produk fashion buatan luar negeri, cobalah mengunjungi kawasan Cibaduyut. Di sepanjang jalan, Anda akan menemukan deretan toko yang memamerkan beragam barang dagangannya. Anda yang gila belanja, diharapkan mampu menahan diri.

Produk andalan di sini adalah tas dan sepatu kulit. Produk buatan anak negeri nyatanya tak kalah ciamik dari buatan luar negeri. Desain tas dan sepatu yang tersedia juga cantik dan modis. Selain tas dan sepatu, Anda juga bisa menemukan dompet, ikat pinggang, sandal dan beragam aksesoris lainnya.

9. Pakaian ala Factory Outlet Bandung

Pakaian ala Factory Outlet Bandung

Bandung memang terkenal sekali dengan factory outletnya. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, datang ke Bandung berarti datang untuk berbelanja. Setelah puas berburu tas dan sepatu kulit di kawasan Cibaduyut, sekarang waktunya borong pakaian di deretan factory outlet yang menjamur di kota ini.

Beberapa kawasan favorit para wisatawan adalah Jalan Dago, Jalan Cihampelas dan Jalan Riau. Berada di tempat-tempat ini, Anda akan lupa waktu dan terbenam dalam berbagai model pakaian terbaru hasil kreatifitas warga Bandung. Jangan lupa siapkan dana lebih ya, karena bisa jadi Anda kalap berbelanja di sini.

10. Aneka Kerajinan Tangan Lembang

Aneka Kerajinan Tangan Lembang

Daerah Lembang tak hanya menarik sebagai tempat wisata alam dan kuliner saja, ternyata kawasan ini juga memiliki beragam kerajinan tangan unik dan menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Beberapa di antaranya yang tak boleh dilewatkan adalah tas anyaman, keramik dan beragam kerajinan dari bambu. Silakan datang ke Jalan Raya Lembang dan temuakan oleh-oleh terbaik untuk orang tersayang di rumah.

[anekatempatwisata.com]

10 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dikunjungi

Sate Buntel Tambak Segaran
Share Yuk!

Solo bisa jadi tak sepopuler saudaranya, Yogyakarta. Namun, kota yang juga pernah berjaya di bawah Kesultanan Surakarta ini bisa dibanggakan dalam hal kuliner. Berkunjung ke Solo berarti mencoba pengalaman baru, mencicipi kuliner khasnya yang tak kalah lezat dengan kuliner khas daerah lain di nusantara.

Agar tahu ke mana harus melangkah saat berada di Solo, simak rangkuman 10 tempat wisata kuliner di Solo yang harus dicoba berikut ini:

1. Timlo Sastro

Timlo Sastro

Jika ke Yogyakarta Anda wajib mencicipi gudeg, Timlo menjadi kuliner wajib di Solo. Timlo bisa dengan mudah Anda temui di seluruh penjuru Solo, namun sebaiknya Anda berkunjung ke ‘legenda’ timlo yaitu Timlo Sastro.

Seperti apa sih timlo? Timlo adalah kuliner semacam sop kaldu ayam yang berisi wortel, ati ampela, kentang, sosis solo dan daging ayam. Timlo biasa disantap bersama nasi dan kerupuk kulit. Timlo Sastro merupakan salah satu timlo populer sejak tahun 1952.

Timlo Sastro terletak di belakang Pasar Gede Timur, lokasi yang mudah diakses karena sudah sangat populer. Tempat wisata kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai 3 sore. Satu lagi yang unik adalah, di sini Anda akan ditemani live music keroncong yang dimainkan oleh kelompok pengamen yang sudah ‘dikontrak’ untuk menghibur pelanggan.

2. Bale Padi Resto

Bale Padi Resto

Menikmati sajian kuliner khas Solo di tengah hamparan sawah hijau akan menjadi pengalaman menarik yang sulit Anda lupakan. Semilir angin yang sejuk juga bisa menambah kenikmatan Anda bersantap dan bersantai bersama keluarga. Semua hal ini dapat Anda temukan di Bale Padi Resto yang terletak di Jalan Kadilangu, Baki Pandeyen, Solo.

Tempat wisata kuliner ini memiliki konsep sajian siang dan malam yang berbeda. Pagi sampai sore, menu yang disajikan adalah kuliner tradisional seperti tumis tahu, empal gepuk, oseng tempe pare dan gulai kakap. Untuk malam hari, Anda bisa menemukan berbagai olahan seafood lezat. Jangan lupa memesan kelapa muda bakar rempah. Minuman unik ini perpaduan antara kelapa muda bakar yang disajikan bersama air rempah berisi jahe, cengkeh, serai dan kayu manis. Cara menikmatinya, cukup campurkan air rempah ini ke dalam batok kelapa.

Bale Padi Resto buka setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai 10 malam.

3. Roemahkoe Resto

Roemahkoe Resto

Roemahkoe Resto atau yang dikenal juga dengan Restoran Laras merupakan tempat wisata kuliner bernuansa Jawa yang wajib Anda kunjungi. Berlokasi di Jalan Radjiman 501, tempat wisata kuliner ini berada satu kompleks dengan penginapan yang juga bernuansa sama.

Menu andalan Roemahkoe Resto adalah nasi jemblung yang merupakan sajian istimewa kerajaan. Nasi jemblung disajikan bersama dengan lidah sapi yang dimasak semur. Cara penyajiannya pun unik dan cantik, beralaskan daun pisang, nasi dibentuk menyerupai sebuah cincin rakasasa, lidah sapi kemudian diletakkan di tengah cincin tersebut. Sebagai penambah sedap, nasi ini ikut dihiasi sambal terasi, irisan mentimun dan kerupuk kulit.

Untuk minumannya, jangan lupa memesan cemol yang juga merupakan hidangan istimewa kerajaan. cemol terbuat dari air jahe, gula, serai, kelapa muda, kacang tanah sangrai dan irisan roti. Selain hidangan istimewa, Roemahkoe Resto juga menyiapkan hiburan berupa live music pada malam Jumat dan malam minggu.

4. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Di Bandung, jajanan ini dikenal dengan nama surabi, di Solo namanya bergeser dikit menjadi serabi. Serabi yang populer adalah Serabi Notosuman yang berlokasi di Jalan Moh. Yamin (sebelumnya bernama Jalan Notosuman).

Serabi ini berbeda dengan ada di Bandung. Serabi Notosuman tidak dihidangkan dengan kuah, varian rasanya pun hanya ada dua yaitu original dan coklat. Meskipun demikian, jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras dan santan ini tetap banyak diminati oleh warga Solo dan juga wisatawan dari luar kota. Rasanya yang gurih sangat pas dinikmati bersama teh hangat di sore hari.

5. Galabo Solo

Galabo Solo

Malam hari dan perut lapar? Kunjungi Pasar Malam Galabo (Gladag Langen Bogan) yang terletak di Jalan Mayor Sunaryo. Pasar malam ini buka mulai pukul 5 sore sampai 5 pagi, sedangkan pada siang hari, lokasi ini berfungsi sebagai jalan raya biasa.

Selain deretan tenda dan bangku, pasar malam ini juga dilengkapi dengan akses WiFi gratis dan live music sebagai hiburan pengunjung. Berbagai kuliner khas Solo dapat Anda temukan di sini seperti tengkleng, sate kere, mie thoprak, wedang ronde dan lain-lain. Beberapa yang populer di sini adalah Sate Kere Yu Rebi dan Susu Segar Shi Jack.

6. Warung Selat Mbak Lies

Warung Selat Mbak Lies

Pernah mendengar kuliner bernama selat? Selat ini sebenarnya semacam salad, namun namanya berubah mengikuti penyebutan warga lokal. Salah satu tempat wisata kuliner yang menyajikan menu ini adalah Warung Selat Mbak Lies yang terletak di Jalan Serengan 42.

Menu andalan di Warung Selat Mbak Lies ini adalah selat bestik. Selat bestik merupakan perpaduan dari irisan daging sapi, telur pindang, wortel, kentang goreng, buncis, selada, acar mentimun, irisan bawang merah dan mayonaise Jawa. Minuman yang cocok untuk menemani Anda menyantap selat adalah es degan. Di sini, Anda bisa memilih gula Jawa, gula putih atau syrup sebagai pemanis.

Tempat wisata kuliner ini juga memiliki dekorasi yang terihat ‘berantakan’ karena terdapat banyak koleksi barang antik seperti keramik kuno yang memenuhi tempat makan ini. Yang unik dari Warung Selat Mbak Lies adalah pelayannya yang memakai seragam lucu dengan warna mencolok. Tempat wisata kuliner ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai 5 sore.

7. Tengkleng Bu Edi

Tengkleng Bu Edi

Berkunjung ke Solo, Anda wajib mencicipi Tengkleng Bu Edi. Tengkleng dikenal sebagai makanan orang miskin pada zaman dahulu. Hal ini dikarenakan tengkleng dibuat dari tulang kambing yang menyisakan sedikit daging. Tengkleng dimasak dengan dua cara, menggunakan santan dan tidak. Rasanya yang segar, asam dan gurih menjadikan makanan orang miskin ini sekarang banyak diminati dan menjadi salah satu kuliner wajib coba di Solo.

Tengkleng Bu Edi bisa dibilang sebagai tengkleng paling populer di Solo. Jangan dibayangkan tempatnya berupa restoran besar. Tengkleng Bu Edi bertempat di gapura utara Pasar Klewer dan tidak menyediakan tempat duduk untuk pembeli karena tempatnya yang terbatas. Namun jangan salah, tengkleng ala Bu Edi yang buka setiap jam 1 siang ini sudah punya banyak penggemar dan ludes hanya dalam waktu 3 jam saja.

8. Sate Buntel Tambak Segaran

Sate Buntel Tambak Segaran

Solo sangat kreatif dalam mengolah kuliner. Jika Anda biasa menyantap sate yang itu-itu saja, saatnya Anda mencicipi sate buntel khas Solo. Sesuai namanya, sate ini dibungkus sebelum dibakar. Dibungkus bagaimana? Sate ini terdiri dari daging kambing cincang yang sudah dibumbui dan dibungkus dengan lemak kambing tipis. Saat dibakar, lemak akan meleleh dan menambah cita rasa sate buntel.

Sate buntel yang paling populer adalah Sate Buntel Tambak Segaran yang terletak di Jalan Tambak Segaran 39, Solo. Selain sate buntel, tempat wisata kuliner ini juga menyediakan menu lainnya seperti sate daging kambing biasa dan gule kambing. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai 11 malam.

9. Es Krim Tentrem

Es Krim Tentrem

Yang namanya es krim memang selalu menjadi favorit banyak orang. Jika Jakarta punya Ragusa, Surabaya dengan Zangrandi dan Malang membanggakan Toko Oen, Solo juga punya toko es krim legendaris yaitu Es Krim Tentrem. Kedai es krim home made ini terletak di Jalan Urip Sumaharjo dan telah populer sejak 1952.

Beberapa menu andalannya antara lain tutti fruity, rum ‘n coffee, robin rose dan rainbow. Ingin beristirahat di tengah perjalanan keliling Solo? Datang saja ke tempat wisata kuliner ini yang buka mulai pukul 10 pagi sampai 9 malam ini.

10. Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro

Ini dia pasar malam sekaligus tempat nongkrong anak muda di Solo. Pasar Malam Ngarsopuro terletak di Jalan Diponegoro dan digelar setiap malam Minggu. Di sini, Anda bisa menemukan banyak kuliner lezat khas Solo seperti nasi liwet, cabuk rambak, sosis Solo, bakso bakar, sate kere dan wedang ronde.

Selain menyantap kuliner, Anda juga bisa berkeliling melihat berbagai kerajinan tangan menarik yang bisa dijadikan oleh-oleh. Ada pula pertunjukkan dari berbabagi komunitas anak muda Solo seperti capoeira, tari, fotografi dan lain-lain.

[anekatempatwisata.com]

Tips dan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Wisata sudah menjadi salah satu bentuk gaya hidup bagi sebagian orang. Pernahkah anda bertanya-tanya bagaimana seseorang bisa bepergian terus-menerus? Bukankah biaya bepergian sangatlah tinggi? Apa rahasianya? Jawabannya sangat simpel, mereka mengetahui bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah.

pesawat terbang

Tiket pesawat adalah salah satu kendala terbesar bagi orang yang ingin pergi berwisata. Hal ini dikarenakan tingginya biaya perjalanan menggunakan pesawat terbang, sehingga biaya tiket pesawat terbang bisa mencapai sekitar 50 persen dari total seluruh biaya perjalanan anda. Benarkah harga tiket pesawat terbang bisa mencapai 50 persen dari total biaya perjalanan? Mari kita hitung bersama.

Misalkan anda yang bertempat tinggal di Jakarta ingin pergi ke Bali selama 4 hari 3 malam bersama keluarga yang terdiri dari 4 orang. Harga tiket pesawat dari Jakarta ke Bali anggap saja 500,000 Rupiah per orang, dengan harga tersebut, anda perlu menyiapkan dana 2,000,000 rupiah, untuk pergi ke Bali saja. Dengan asumsi harga tiket pulang ke Jakarta adalah sama dengan harga berangkat ke Bali, berarti anda perlu menyiapkan dana sebesar 4,000,000 Rupiah untuk membeli tiket pulang pergi Jakarta-Bali. Harga tersebut belum termasuk pajak bandara, yang biasanya sebesar 40,000 Rupiah per orang.

Lalu biaya kedua adalah biaya hotel. Saya asumsikan anda mengambil 2 kamar, dengan harga per kamar adalah 350,000 Rupiah per malam. Dengan begitu anda akan menghabiskan 700,000 Rupiah per malam, dikali 3 malam total biaya hotel anda adalah 2,1000,000 Rupiah, sudah termasuk makan pagi. Lalu saya asumsikan biaya makan siang, makan malam, dan lain-lain anda adalah 2,000,000 Rupiah. Dengan begitu, rincian perjalanan anda menjadi seperti ini:

  • Tiket pesawat 4,000,000
  • Hotel 2,100,000
  • Lain-lain 2,000,000
  • Total 8,100,000

Dari simulasi tersebut, dapat terlihat bahwa tiket pesawat memakan biaya 4,000,000 Rupiah dari total biaya perjalanan sebesar 8,100,000 Rupiah. Dengan begitu, terbukti bahwa harga tiket pesawat bisa mencapai 50 persen dari total biaya perjalanan. Untuk mengurangi biaya yang besar ini, anda perlu tahu tips dan cara mendapatkan tiket pesawat murah.

 

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah:

Lebih Cepat Lebih Baik

pesan tiket dari jauh hari

Memesan tiket dari jauh hari adalah cara mendapatkan tiket pesawat murah yang paling standar. Apabila anda memesan sehari sebelum tanggal keberangkatan, tentu saja kemungkinan besar tiket yang murah sudah habis terjual dan yang tersisa hanya tiket-tiket yang mahal saja. Semua maskapai penerbangan akan menaikan harga tiket apabila sudah dekat dengan tanggal keberangkatan.

Cek Dengan Sabar

harga tiket

Harga tiket pesawat terus berubah dalam waktu yang relatif singkat, oleh karena itu anda harus bersabar dan sering-sering mengecek harga tiket yang anda inginkan. Harga tiket pesawat berubah tidak dalam hitungan hari, tapi dalam hitungan jam. Mendapatkan tiket pesawat murah tidaklah cepat dan membutuhkan kesabaran.

Transit

transit

Apabila anda bepergian dengan santai, mungkin anda tidak akan mempermasalahkan waktu transit yang lama. Penerbangan yang murah biasanya memiliki waktu transit yang lama. Anda bisa mencari 2 rute untuk mencapai tempat tujuan anda, misalkan anda ingin pergi dari Jakarta ke Osaka. Selain mencari rute penerbangan Jakarta-Osaka, anda juga bisa mencoba rute transit, misalnya Jakarta-Kuala Lumpur, baru kemudian Kuala Lumpur-Osaka. Siapa tahu anda menemukan kombinasi tiket pesawat yang lebih murah.

Bandara

bandara

Bandara pilihan penerbangan tidak hanya 1 saja, anda dapat mencoba menggunakan bandara lain untuk penerbangan anda, tentu saja harganya akan berbeda juga, bisa lebih mahal dan bisa juga lebih murah. Anda juga bisa mencoba rute lain yang dekat dengan anda, misalnya apabila anda berada di Jakarta, anda bisa mencoba mencari penerbangan di Bandung juga.

Hari dan Waktu

hari dan waktu

Seperti layaknya hukum ekonomi, semakin banyak permintaan maka harga tiket pesawat akan semakin mahal, semakin sedikit permintaan maka harga tiket pesawat akan semakin murah. Apabila anda ingin mendapatkan tiket pesawat murah, anda bisa mencoba memilih hari dan waktu yang kurang populer. Misalnya, harga tiket akan lebih mahal pada hari Jumat dan Minggu, karena itu adalah hari orang berangkat dan pergi berwisata, sedangkan hari Selasa dan Rabu adalah hari yang normalnya lebih murah.

Jam penerbangan juga sangat berpengaruh pada harga tiket pesawat, misalnya apabila anda memilih waktu terbang hari Minggu pagi, tentu saja akan lebih murah dari pada jam terbang Minggu malam. Hal ini disebabkan karena pada hari Minggu pagi, normalnya orang sedang menikmati waktu liburannya, dan mereka lebih memilih pulang malam agar mempunyai banyak waktu di tempat wisata yang mereka pilih. Begitu pula dengan waktu berangkat, apabila anda berangkat pada hari Sabtu tengah malam, tentu saja akan lebih murah dari pada bila anda berangkat pada hari Sabtu pagi, karena anda akan rugi waktu berwisata.

Maskapai Lain

logo jet star

Ada banyak maskapai yang menawarkan tiket murah, jadi jangan malas untuk membanding-bandingkan harga. Maskapai luar yang saya rekomendasikan adalah Air Asia, Jet Star, Mandala Tiger Air, dan Cebu Pacific Air. Untuk maskapai penerbangan lokal rekomendasi saya adalah Lion Air, dan Citilink.

Online

online

Buka situs web maskapai penerbangan secara rutin untuk mengetahui promo yang ditawarkan, pesan dan belilah tiket secara online, jangan membeli tiket di bandara karena biasanya harganya jauh lebih mahal.

Daftarkan Email Anda ke Berbagai Maskapai Penerbangan

logo air asia

Dengan mendaftarkan alamat Email anda, anda akan mendapatkan Email yang berisi tentang segala jenis promo yang sedang atau akan berjalan di maskapai tersebut tanpa perlu mengunjungi situs web mereka satu per satu.

Bagasi, Tempat Duduk, Asuransi, dan Makanan

makanan di pesawat

Biasanya maskapai penerbangan murah akan memberikan biaya tambahan apabila anda ingin membawa bagasi, memilih tempat duduk, mengambil asuransi, atau memesan makanan. Bila anda ingin mendapatkan tiket pesawat murah, tidak perlu menerima tawaran-tawaran tersebut karena harganya cukup mahal.

Media Sosial

media sosial

Apabila anda suka menggunakan media sosial seperti facebook dan twitter, sebaiknya anda melakukan like dan follow pada maskapai yang sering membuat promo tiket pesawat murah sehingga anda bisa langsung dengan cepat mengetahui apabila sedang ada promo.

Tanggal

tanggal

Jangan pernah berharap mendapatkan tiket pesawat murah pada saat musim liburan, misalnya pada masa liburan sekolah, libur Lebaran, dan libur akhir tahun. Harga tiket pesawat di musim liburan dipastikan akan naik hingga di atas rata-rata dan tidak akan ada promo tiket murah. Usahakan mempunyai tanggal keberangkatan yang fleksibel, karena ada kemungkinan bahwa pada tanggal keberangkatan yang anda tentukan tidak berlaku tiket promo. Akan lebih baik bila bukan anda yang menentukan tanggal keberangkatan, namun tanggal tiket promo lah yang menentukan kapan anda berangkat.

Internet Banking dan Kartu Kredit

kartu kredit

Tidak semua maskapai penerbangan menerima pembayaran melalui ATM, oleh karena itu siapkan internet banking, atau gunakan kartu kredit untuk membayar pesanan anda dengan cepat sebelum tiket promo dibeli oleh pembeli lain.

 

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah (Pengalaman Pribadi):

Jangan Menunda

jangan menunda

Apabila sudah menemukan yang anda cari dan cocok dengan kemauan anda, jangan menunda atau menunggu lebih lama, karena harga terus berubah dan banyak calon pembeli lain yang siap merebut kursi anda. Segeralah memesan dan membayar tiket murah tersebut. Saya sendiri sudah beberapa kali menyesal tidak buru-buru memesan tiket murah yang seharusnya bisa saya dapatkan namun akhirnya gagal karena menunda waktu pemesanan.

Tentukan Teman Perjalanan Sebelum Mencari Tiket

teman perjalanan wisata

Dengan menentukan teman perjalanan sebelum mencari tiket, anda dapat dengan cepat memasukan daftar nama yang akan ikut serta dalam perjalanan. Selain itu, mengajak atau mencari teman pada saat promo tiket pesawat sudah dimulai akan menyebabkan keterlambatan pembelian tiket, sehingga kemungkinan besar pada saat anda berhasil menemukan teman perjalanan, tiket promo sudah terjual habis.

Paspor

paspor indonesia

Buatlah paspor sesegera mungkin. Apabila anda baru akan membuat paspor pada saat promo tiket murah telah dimulai, kemungkinan besar anda akan gagal mendapatkan tiket pesawat murah karena proses pembuatan paspor akan memakan waktu beberapa hari kerja sehingga menyebabkan kegagalan pembelian tiket.

Tiket Satu Kali Jalan

tiket satu arah

Tiket pulang pergi tidak selalu lebih murah, anda dapat mencoba mencari tiket keberangkatan satu kali jalan dengan suatu maskapai, lalu mencari tiket pulang dengan maskapai lainnya. Sering kali cara ini membuahkan hasil tiket pesawat yang lebih murah.

Gunakan Mesin Pencari Tiket Pesawat Murah

traveloka

Mesin pencari tiket sangatlah menghemat waktu anda, saya merekomendasikan traveloka.com untuk mencari tiket pesawat murah karena situs web nya simpel, cepat, responsif, dan pintar. Selain itu anda juga dapat langsung memesan tiket di sana dengan harga yang sangat murah.

Memilih Maskapai Penerbangan

logo mandala tiger air

Maskapai penerbangan murah favorit saya adalah Mandala Tiger Air. Maskapai ini selalu menjadi maskapai pertama yang saya periksa harganya karena sangat murah. Setiap hari Kamis, Mandala Tiger Air memiliki promo bernama tigerflash. Selain itu Mandala Tiger Air juga sering memberikan promo bagi pemegang kartu kredit tertentu. Maskapai penerbangan favorit saya yang lain adalah Air Asia. [anekatempatwisata.com]

 

15 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Kesibukan sehari-hari di kota Jakarta telah berhasil membuat banyak orang frustasi. Hal inilah yang menyebabkan warga Jakarta beramai-ramai pergi berlibur ke Puncak, Bogor, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan. Bagi Anda yang tidak pergi berkunjung ke tempat wisata di sekitar Jakarta pada akhir pekan, Anda dapat mencoba wisata kuliner di Jakarta. Apa saja tempat wisata kuliner di Jakarta yang wajib dikunjungi? Simak ulasannya.

1. Kwetiaw Akang

Kwetiaw Akang

Kwetiaw Akang mempunyai beberapa cabang, yaitu Kwetiaw Akang cabang Cengkareng, Kwetiaw Akang cabang Muara Karang, Kwetiaw Akang cabang Mangga Besar, Kwetiaw Akang cabang Pondok Indah, dan Kwetiaw Akang cabang Kelapa Gading. Sesuai dengan namanya, menu andalan di tempat makan ini adalah kwetiaw, namun ada juga menu lain seperti nasi siram yang sangat wangi aromanya. Bila Anda datang ke Kwetiaw Akang pada saat weekend, bersiap-siaplah untuk makan dalam keadaan penuh sesak karena tempat makan yang harga makanannya sekitar 30.000 Rupiah ini akan sangat ramai.

2. Holycow Steak

Holycow Steak

Holycow adalah nama restoran steak yang mempunyai cabang di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jogja, Surabaya, Bali, dan Jakarta. Holycow Jakarta berlokasi di Senopati, Jalan Panjang, dan Kelapa Gading. Menu andalan yang ditawarkan di restoran ini adalah steak dengan berbagai pilihan saus dan tingkat kematangan. Yang menarik dari tempat wisata kuliner ini adalah Anda bisa mendapatkan steak gratis pada hari ulang tahun Anda. Cukup dengan menunjukan KTP, Anda sudah dapat memilih steak untuk Anda makan secara gratis, dengan syarat Anda harus menggunakan mahkota yang akan disiapkan oleh Holycow.

3. Tony Roma’s

Tony Roma's

Tony Roma’s adalah tempat makan iga bakar paling enak di Jakarta. Harganya yang cukup mahal mungkin akan menjadi kendala bagi sebagian orang, namun bagi yang telah mencoba makan di Tony Roma’s, maka akan tahu kenapa harganya lumayan mahal. Menggunakan bahan terbaik dan dilengkapi dengan bumbu rahasia, Tony Roma’s menawarkan porsi makanan yang cukup besar sehingga Anda tidak akan menyesal membayar mahal. Menu andalan dari restoran ini adalah iga dan steak. Tony Roma’s Jakarta buka dari jam 11 siang sampai dengan 11 malam, berlokasi di Gandaria City, Puri Indah, dan Thamrin.

4. Pecenongan

Pecenongan

Pecenongan adalah surga kuliner malam hari di Jakarta. Didominasi oleh warung-warung tenda, kawasan Jalan Pecenongan yang mulai buka untuk wisata kuliner dari jam 5 sore ini semakin malam akan semakin ramai. Walaupun merupakan warung-warung tenda, harga makanan di kawasan Pecenongan ini tidak kalah mahal dengan harga makanan di mall mewah. Jenis makanan yang paling banyak dicari di Jalan Pecenongan adalah seafood, chinese food, dan juga martabak. Sejak mulai terkenal sebagai tempat wisata kuliner di Jakarta pada tahun 1970-an, Jalan Pecenongan banyak dikunjungi oleh wisatawan asing.

5. Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar

Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar

Berlokasi di pinggir jalan raya Mangga Besar, Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar adalah sebuah rumah makan sederhana namun menawarkan kwetiau sapi yang sudah melegenda dan ramai setiap hari, terutama pada malam hari. Selain menjual kwetiau yang menjadi menu andalannya, Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar juga menawarkan mie dan bihun dengan berbagai pilihan isi seperti seafood, sapi, ayam, sayur, dan lain-lain. Bila Anda dapat memilih tempat duduk, pilihlah tempat duduk di bagian dekat pintu depan karena tempat duduk di bagian dalam suasananya lebih pengap.

6. Martabak Boss

Martabak Boss

Berlokasi di Menteng, Martabak Boss menawarkan pengalaman makan martabak dengan sensasi dan rasa berbeda. Bentuk tokonya saja sudah unik, berbentuk seperti kontainer kapal yang berwarna kuning dan bergambar karikatur. Selain menawarkan martabak original seperti martabak manis dan martabak telor, Martabak Boss juga menawarkan martabak nutella, martabak skippy, martabak duren, martabak nanas, martabak ovomaltine, martabak toblerone, sampai dengan martabak pandan. Walau harganya lumayan mahal, sebaiknya Anda datang sebelum jam 6 sore karena di atas jam 6 sore antrian akan mulai panjang, sehingga Anda harus menunggu sampai dengan 1 jam untuk dapat menikmati martabak pesanan Anda.

7. Bandar Djakarta

Bandar Djakarta

Bandar Djakarta pertama kali berdiri pada tahun 2001 dengan kapasitas 200 orang, sekarang kapasitas Bandar Djakarta sudah mencapai 1600 seat. Restoran yang berlokasi di tepi laut Jakarta, tepatnya di Ancol ini mempunyai menu andalan berupa hidangan laut dengan pemandangan yang indah dan suasana yang nyaman. Pilihan tempat duduk yang tersedia yaitu di dalam ruangan, lesehan, dan juga di tepi pantai. Karena lokasinya yang dekat dengan bahan masakan, seafood di Bandar Djakarta dijamin kesegaran dan harganya.

8. Magnum Cafe

Magnum Cafe

Magnum Cafe adalah surganya para pecinta es krim dan coklat. Berlokasi di Grand Indonesia Mall dan Pondok Indah Mall, Magnum Cafe menawarkan cara lain untuk menikmati es krim magnum. Selain es krim magnum yang dimodifikasi, Magnum Cafe juga menawarkan hidangan ringan lain seperti kentang goreng berbagai rasa, spaghetti, kue, waffle, calamari, dan lain-lain. Restoran yang terkenal dengan hidangan penutupnya ini akan sangat ramai pada akhir pekan, walaupun harganya terbilang cukup mahal, sekitar 45.000 Rupiah per es krim.

9. Jemahdi Seafood

Jemahdi Seafood

Restoran Jemahdi Seafood adalah tempat yang cocok untuk pecinta kuliner seafood. Menawarkan konsep restoran yang nyaman dan family friendly, Jemahdi Seafood akan menjamu setiap pengunjung seperti di rumah sendiri. Setiap hidangan yang dimasak di Jemahdi Seafood akan dimasak oleh chef yang berpengalaman mengolah hidangan laut sehingga dengan cita rasa yang menggoda lidah dan harga yang terjangkau, restoran ini harus dikunjungi para pecinta seafood. Jemahdi Seafood berlokasi di Pluit, Pantai Indah Kapuk, dan Pesanggrahan.

10. Kemang Food Festival

Kemang Food Festival

Kemang Food Festival adalah sebuah lokasi wisata kuliner di daerah Kemang yang berkonsep food court. Tempat ini sangat populer, terutama untuk kalangan pelajar dan mahasiswa yang tinggal di sekitar Kemang karena harganya yang terjangkau, banyaknya pilihan makanan, dan juga suasananya yang sangat cocok untuk kongkow. Gerai makanan di sini akan mulai buka dari jam 5 sore sampai dengan tengah malam, dan akan mencapai puncak keramaian pada jam 7 malam ke atas. Pada akhir pekan, Kemang Food Festival juga suka menampilkan live music sehingga suasana akan semakin hidup.

11. Sengoku Noodle

Sengoku Noodle

Sengoku Noodle adalah tempat makan di Pantai Indah Kapuk yang cukup terkenal dengan ramennya yang enak dan harganya terjangkau, mulai dari 30.000 Rupiah saja Anda sudah dapat menikmati seporsi ramen yang nikmat. Restoran yang menyediakan tempat makan indoor dan outdoor ini sering muncul di website-website daily deals atau kupon sehingga Anda dapat makan di tempat ini dengan harga yang cukup murah, namun perlu diingat bahwa menu yang ada di sini rata-rata mengandung babi.

12. Social House

Social House

Berlokasi di Mall Grand Indonesia, Social House adalah sebuah restoran dengan pemandangan kota Jakarta yang indah. Walau mahal, tempat ini sangat ramai pengunjung, bahkan Anda akan sering melihat selebriti datang ke Social House pada akhir pekan. Minuman yang paling terkenal di Social House adalah homemade grandma’s iced lemon tea, sedangkan makanan yang paling terkenal di antaranya capricciosa pizza, dan iga bakar sambal ijo.

13. Sandwich Bakar

Sandwich Bakar

Sandwich Bakar yang berlokasi di Puri Indah adalah tempat nongkrong yang memiliki menu andalan berupa sandwich yang dibakar tidak menggunakan arang, melainkan dibakar menggunakan tempat masak seperti tepanyaki. Selain sandwich, ada juga menu makanan yang lebih berat seperti steak, pasta, nasi goreng, spaghetti, dan juga wedang ronde. Menu favorit di Sandwich Bakar adalah beef black pepper sandwich, tuna sandwich, dan smoked beef sandwich with egg and cheese.

14. Joni Steak

Joni Steak

Joni Steak saat ini mempunyai 3 cabang di Jakarta, yaitu Joni Steak Pasar Baru, Joni Steak Gajah Mada, dan Joni Steak Kalimalang. Joni Steak memberikan beberapa pilihan daging steak seperti sirloin, tenderloin, wagyu, dan juga rib eye dengan pilihan saus BBQ, mushroom, lada hitam, dan garlic. Selain itu, restoran yang sudah mulai buka sejak tahun 2005 ini juga menawarkan menu ayam dan ikan.

15. Kamseng Restaurant

Kamseng Restaurant

Kamseng Restaurant adalah restoran 24 jam yang terletak di Mangga Besar. Menu andalan di restoran yang memiliki 2 lantai ini adalah lidah babi dan berbagai jenis bubur, untuk melengkapi bubur kamseng Anda, pesanlah cakwe yang dijual terpisah untuk rasa bubur yang lebih sempurna.

 

[https://anekatempatwisata.com]

5 Wisata Religi Bernuansa Islami di Jakarta

Refreshing dengan sekedar jalan-jalan dan melepaskan diri sejenak dari aktivitas yang menuntut selama ini menjadi penting. Tetapi, kemanakah tujuan kamu untuk melakukan refreshing? Apakah kunjungan wisatamu hanya mall, mall dan mall saja? Kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata religi sebagai alternatif kunjungan wisatamu. Selain men-charge pikiran, kamu juga sekaligus men-charge imanmu. Ini dia 5 wisata religi bernuansa islami di Jakarta versi JadiBerita:

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal (https://simbi.kemenag.go.id)

Siapa yang tak tahu Masjid Istiqlal. Masjid megah yang berdiri di atas tanah seluas 93.200 meter persegi ini mampu menampung hingga 200.000 jamaah dan menjadi masjid negara Republik Indonesia. Terletak di pusat ibukota Jakarta, Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno. Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut selatan selasar masjid.

2. Masjid Sunda Kelapa

Masjid Sunda Kelapa (berbagai sumber)

Masjid Agung Sunda Kelapa terletak di Jl. Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat, menduduki tanah seluas 9.920 meter persegi. Tak seperti masjid pada umumnya, Masjid Sunda Kelapa tak memiliki kubah, bedug, bintang-bulan, dan sederet simbol yang biasa terdapat dalam sebuah masjid. Menara yang ada pun sangat unik. Bentuk bangunannya mirip perahu, sebagai simbol pelabuhan Sunda Kelapa tempat saudagar muslim berdagang dan menyebarkan syariat Islam di masa lalu.

3. Masjid At-Tin

Masjid At-Tin (https://duniamasjid.islamic-center.or.id)

Masjid yang terletak di Jalan Raya Taman Mini Pintu 1, Jakarta Timur ini memiliki luas bangunan mencapai 10.000 meter persegi. Masjid megah ini mampu menampung hingga 25.000 jamaah. Bangunan Masjid At-Tin mengambil dasar bentuk kubus dengan empat menara kecil beratap kubah di setiap sudut. Menara utama setinggi 42 meter sebagai tempat menyiarkan suara azan terpisah dari bangunan utama.

4. Masjid Al-Bina

Masjid Al-Bina (berbagai sumber)

Masjid yang memiliki desain Timur Tengah ini berdiri pada tahun 2000, dengan luas bangunan 1800 m2eter persegi mampu menampung 4000 jamaah. Masjid ini terletak di komplek Istora Bung Karno, lebih tepatnya di Jalan Pintu Satu Gelora Bung Karno Senayan Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

5. Masjid Agung Al Azhar

Masjid Agung Al Azhar (berbagai sumber)

Masjid yang berada di komplek Perguruan Al Azhar, Jalan Singsingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Memiliki luas bangunan mencapai 43.755 meter pesegi dapat menampung 10.000 jamaah. Bangunan Masjid Agung Al-Azhar dibuat dengan perpaduan gaya arsitektur Masjid Hij’ di Saudi Arabia dan Masjid Qibtiyah di Mesir.

[https://jadiberita.com]

Pesona 13 Candi Cantik di Magelang

Siapa bilang wisata Magelang cuma Candi Borobudur?
Ternyata ada puluhan candi cantik di Magelang yang bisa kita kunjungi lho…
Magelang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia yang kaya peninggalan budaya, kota ini sudah ada sejak lebih dari seribu tahun yang lalu, tepatnya berdiri pada tanggal 11 April 907, dan tahun ini baru saja memperingati HUT nya yang ke 1109, luar biasa bukan?

Magelang sangatlah menarik untuk dikunjungi, terutama bagi mereka para penikmat wisata budaya dan sejarah. Yuk mari kita napak tilas sejarah menyusuri Candi Candi Cantik di Magelang…

  1. Candi Borobudur
    Candi Borobudur
    Ada puluhan peninggalan candi cantik di Magelang dan yang paling terkenal tentu saja Candi Borobudur. Candi Borobudur berdiri sejak abad ke 8, artinya sudah berusia lebih dari 1000 tahun. Merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan menjadi bukti kejayaan wangsa Syailendra pada jaman itu. Jika anda ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda di sini, coba datang pada pagi buta dan sambutlah pemandangan spektakuler Candi Borobudur menyambut bangunnya mentari di ufuk timur.
  1. Candi Mendut
    Mendut_Temple_Afternoon
    Tidak jauh dari Candi Borobudur ada Candi Mendut, candi Budha yang terletak hanya 3 km dari Borobudur ini punya relief yang menarik untuk dicermati, terdapat aneka lukisan cerita hewan alias fabel diantaranya kisah Brahmana dan seekor kepiting, ayo jadi penasaran kan?
  2. Candi Pawon
    Pawon
    Candi Pawon terletak diantara Candi Borobudur dan Candi Mendut, dimana posisi ketiganya membentuk garis lurus, oleh karena itu dipercaya bahwa ketiga candi ini memiliki kaitan erat satu sama lain. Candi Pawon punya relief luar candi yang cantik mempesona berupa Kinnara & Kinnari, makhluk berkepala manusia berbadan burung yang piawai memainkan kecapi.
  1. Candi Ngawen
    Ngawen Temple
    Candi Budha ini terletak kira-kira 5km dari Candi Mendut, dibangun pada masa yang sama dengan Candi Borobudur. Merupakan bangunan suci Venuvana, dalam bahasa Sansekerta yang artinya Hutan Bambu.
  2. Candi Asu
    8571574036CandiAsu
    Merupakan candi Hindu yang terletak di lereng gunung Merapi, kurang lebih berjarak 10km dari candi Ngawen. Hmmm.. tahukah anda mengapa dinamakan Candi Asu? Ternyata dulu disekitar candi banyak ditemukan anjing, oleh karena itu oleh masyarakat setempat candi ini dinamakan Candi Asu, unik ya?
  1. Candi Lumbung
    Candi Lumbung
    Candi Lumbung terletak di tepi Kali Apu juga, masih sekitaran lereng gunung Merapi. Sayangnya terkena erupsi Gunung Merapi sehingga ada bagian candi yang tergerus, akhirnya candi direlokasi ke tempat yang lebih aman.
  1. Candi Pendem
    18450869117CandiPendem
    Tidak jauh dari candi Asu dan candi Lumbung, ada candi Pendem yang juga merupakan candi Hindu, 3 serangkai candi ini terkenal dengan sebutan Candi-candi Sengi.
  1. Candi Umbul
    1710861213kolamcandi-umbul
    Candi cantik di Magelang yang satu ini berupa situs pemandian air panas purbakala, tempat pemandian para putri bangsawan dulu. Umbul berasal dari kata mumbul atau naik, menggambarkan gelembung – gelembung yang naik dari dasar kolam. Merupakan favorit wisatawan dan terkenal dengan keunikannya, pemandian air panas di sini mengandung belerang dengan segala khasiatnya, tetapi tanpa bau belerang. Berendam di sini yuk…
  1. Candi Retno
    Candi Retno
    Candi berarti: batu, Retno berarti: intan atau indah, Candi Retno artinya batu yang indah. Di situs ini banyak ditemukan candi dan arca peninggalan jaman purbakala yang terbuat dari batu, perunggu bahkan emas. Dekat Candi Retno juga ada pemandian kuno dari mata air yang mengalir di Kali Setan, etapi bukan berarti ada setannya lho..
  2. Candi Brangkal
    Candi Brangkal terletak di Desa Candirejo, sebuah desa wisata yang berjarak 3 km dari Candi Borobudur. Kita bisa menginap di rumah warga yang menyewakan kamarnya sebagai penginapan, dan merasakan langsung suasana kehidupan di desa. Berbagai aktivitas seperti belajar main gamelan, mencicipi makanan tradisional, mengikuti upacara keagamaan, dan lain sebagainya bisa kita lakoni di sini, seru kan?
  1. Candi Selogriyo
    Candi Selogriyo
    Candi Hindu ini dibangun pada abad ke 9 pada masa kerajaan Mataram Kuno, terdapat arca perwujudan dewa di keempat sisinya, yakni arca Durga, Ganesha, Agastya, Nandiswara dan Mahakala. Candi Selogriyo ini terkenal dengan keindahan alam di sekelilingnya,
  1. Candi Gunung Wukir
    Candi Gunung Wukir
    Candi Gunung Wukir atau Candi Canggal atau yang dikenal juga dengan nama Shiwalingga merupakan candi Hindu tertua yang dibangun pada abad ke-7. Di sini berkembang mitos, bahwa barangsiapa mengajak sang kekasih mengunjungi Candi Gunung Wukir, maka pasti akan menjadi jodohnya, anda berminat?
  1. Candi Gunung Sari
    Candi Gunung SariCandi Hindu yang satu ini baru saja ditemukan pada tahun 1998, secara tidak sengaja oleh stasiun TV saat akan mendirikan pemancar. Memiliki banyak struktur batu andesit berornamen, prasasti, lumpang batu dan juga yoni yang merupakan simbol kesuburan.

Demikianlah secuplik cerita mengenai Pesona 13 Candi Cantik di Magelang dari sekitar 50 candi yang sudah berhasil ditemukan di sini, sungguh merupakan mahakarya peninggalan purbakala yang sangat bernilai dan wajib kita lestarikan.
Dan sepertinya Magelang masih menyimpan banyak situs bersejarah yang belum terungkap saat ini dan masih terkubur bersama dengan cerita juga misteri di baliknya, kita tunggu saja!

Ayo ke Magelang!

[www.klikhotel.com]

Inilah 10 Masjid Terindah di Indonesia

Sebagai negara yang mayoritasnya penduduknya beragama Islam, Indonesia memiliki banyak bangunan masjid yang indah. Indonesia memiliki ribuan masjid yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Banyak di antaranya yang dibangun dengan arsitektur yang unik dan merefleksikan berbagai perpaduan budaya. Tak heran karena budaya Indonesia sendiri sudah banyak dipengaruhi oleh budaya asing seperti budaya China, India, dan Arab. Berikut 10 masjid terindah di Indonesia yang akan membuat siapa pun yang melihatnya menghela nafas kagum:

1. Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, Depok

Masjid Kubah Emas

 

14058196781603552820

Masjid Dian Al-Mahri atau yang dikenal juga sebagai Masjid Kubah Emas sangat layak dinobatkan sebagai salah satu masjid terindah di Indonesia. Masjid ini akan membuat takjub setiap orang yang melihatnya karena kubahnya yang dilapisi emas setebal 2-3 mm dan mozaik kristal. Masjid Kubah Emas ini berdiri di tanah sekitar seluas 50 ha dan dapat menampung sekitar 20.000 jemaah. Bangunan Masjid Kubah Emas ini terdiri dari 1 kubah utama dan 4 kubah kecil. Di dalam masjid, tergantung lampu kristal seberat 8 ton yang didatangkan dari Italia. Relief di tempat imam, pagar di lantai dua, dan hiasan kaligrafinya juga dilapisi dengan emas. Secara umum, arsitektur Masjid Kubah Emas ini mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam (plaza), dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk. Masjid ini mulai dibuka untuk umum sejak 31 Desember 2006. Masjid Kubah Emas terletak di Jl Meruyung Raya, Kecamatan Limo, Kota Depok.

2. Masjid Al-Akbar, Surabaya

Masjid Al-Akbar

Masjid-al-akbar-9

Masjid Agung Al-Akbar (atau dikenal juga sebagai Masjid Agung Surabaya) merupakan masjid ketiga terbesar di Indonesia. Masjid Al-Akbar ini dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan pada tanggal 10 November 2000 oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid. Keunikan Masjid Al-Akbar ini terletak pada desain arsitekturnya yang unik dan modern. Masjid Al-Akbar memiliki kubah besar dengan 4 kubah kecil dengan struktur seperti daun berwarna biru-hijau. Masjid ini memiliki dua lantai dengan lift dan menara setinggi 99 meter. Dari menara tersebut, para pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Surabaya, Sidoarjo, dan Bangkalan. Pintu masuknya terdiri dari 45 pintu utama yang terbuat dari kayu jati berukir. Terdapat juga ornamen kaligrafi sepanjang 180 meter dengan lebar satu meter. Masjid Al-Akbar berlokasi di samping jalan Tol Surabaya – Porong, di Jalan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya.

3. Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru

Masjid-Agung-An-Nur

Masjid An-Nur Pekambaru

Masjid terindah di Indonesia yang berikutnya terletak di Pekanbaru. Karena keindahannya, Masjid Agung An-Nur ini kerap dijuluki sebagai Taj Mahal Riau. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1968. Masjid yang dirancang oleh arsitek Ir Suseno ini banyak mengadopsi gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab, dan India. Pada tahun 2000, Masjid Agung An-Nur direnovasi. Luas awalnya yang semula hanya 4 ha, kini menjadi 12,6 ha. Bangunan Masjid Agung An-Nur ini terdiri dari tiga lantai dan tiga buah tangga. Di bagian atas terdapat 13 buah pintu dan di bagian bawah ada 4 buah pintu. Terdapat juga kamar-kamar besar dan aula. Di dalam masjid ini, Anda dapat mengagumi keindahan kaligrafi karya Azhari Nur dari Jakarta. Masjid Agung An-Nur juga dilengkapi dengan fasilitas pendidikan playgroup, TK, SD, SMP, SMA, perpustakaan, aula, ruang pertemuan, dan kantor.

4. Masjid Islamic Centre Samarinda

Masjis Islamic Centre Samarinda

masjid-islamic-center-samarinda-depan

islamic-center-7

Masjid Islamic Centre Samarinda terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kabarnya, masjid ini adalah masjid terbesar kedua se-Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Masjid Islamic Centre Samarinda memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Bangunan Masjid Islamic Centre Samarinda ini memiliki 7 menara dengan menara utama memiliki tinggi 99 meter. Dinding luar menara ini dikelilingi lafadz Asmaul Husna yang dilapisi batu granit, dengan teknik pembuatan water jet. Menara ini terilhami dari Masjid Nabawi Madinah dan kubahnya terilhami dari Masjid Haghia Sophia Istanbul. Sedangkan 6 menara lainnya terletak di bagian sisi masjid. 4 menara di setiap sudut masjid memiliki tinggi 70 meter dan 2 menara di bagian pintu gerbang memiliki tinggi 57 meter. Dua menara di pintu gerbang ini dijuluki Menara Kembar Satu dan Dua. Keindahan Masjid Islamic Centre Samarindah ini ditambah dengan indahnya pemandangan tepi Sungai Mahakam.

5. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Bersebrangan dengan Katedral Jakarta

Inilah masjid terindah di Indonesia yang juga merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara. Pembangunan Masjid Istiqlal diprakarsai oleh Presiden RI Ir Soekarno dengan arsitek Frederich Silaban, seorang Kristiani. Masjid Istiqlal mulai dibangun pada 24 Agustus 1951. Lokasinya terletak di bekas Taman Wilhelmina, di timur laut Lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya berdiri Monas. Di seberang timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Masjid Istiqlal memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer dan dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan masjidnya sendiri memiliki luas 7 ha, dengan kubah besar berdiameter 45 meter, dan ditopang 12 tiang besar. Menara tunggalnya memiliki tinggi 96,99 meter. Masjid Istiqlal ini mampu menampung hingga 200.000 jemaah.

6. Masjid Raya Baiturrahman, NAD

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di pusat kota Banda Aceh ini adalah salah satu situs bersejarah yang mampu bertahan hingga hari ini. Masjid Raya Baiturrahman ini pertama kali dibangun di era Kesultanan Aceh, yaitu pada tahun 1022 H/1612 M oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Masjid ini pernah dibakar oleh Belanda pada tahun 1873 sehingga memicu perlawanan masyarakat Aceh. Masjid Raya Baiturrahman lalu dibangun kembali atas perintah Jenderal Van Der Heijden pada tahun 1879 – 1881. Arsitektur bangunan yang baru dibuat oleh de Bruchi yang mengadaptasi gaya Moghul (India). Bangunan ini juga beberapa kali mengalami perluasan, yaitu pada tahun 1936, lalu pada tahun 1958 – 1965, dan tahun 1992. Bangunan masjid sempat mengalami kerusakan akibat bencana tsunami 2006. Masjid Raya Baiturrahman selesai direvonasi pada 15 Januari 2008.

7. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah

Payung hidrolik

Masjid Agung Jawa Tengah berlokasi di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Masjid ini mulai dibangun pada 6 September 2002 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 November 2006. Masjid Agung Jawa Tengah ini dibangun di lahan seluas 10 ha dengan perpaduan gaya arsitektur Jawa dan Yunani. Gaya bangunan jawa diwakili oleh desain tanjung di bawah pilar utama. Sedangkan gaya Yunani tergambarkan dalam 25 pilar berwarna ungu di plaza utama. Masjid Agung Jawa Tengah ini juga dilengkapi dengan enam payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup otomatis.

8. Masjid Al-Irsyad, Bandung

Masjid Al-Irsyad

Masjid Al Irsyad

Klikhotel bangga banget nih karena ternyata salah satu masjid terindah di Indonesia ada di kota Bandung! Masjid Al-Irsyad dibangun pada tahun 2009 dan selesai pada tahun 2010. Bentuk bangunannya mirip kubus besar dengan warna dasar abu-abu.Penataan batu bata di dindingnya sangat mengagumkan di mana batu bata disusun berbentuk celah di antara bata solid. Di dalam masjid, terdapat 99 lampu berbentuk kotak dengan sebuah tulisan nama Allah. Masjid yang tidak memiliki kubah ini dirancang oleh Bapak Ridwan Kamil. Masjid Al-Irsyad ini menyabet penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2010. Masjid ini dapat menampung hingga 1500 jemaah. Masjid Al-Irsyad berada di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung.

9. Masjid Agung Sumenep, Madura

Masjid Agung Sumenep

Mihrab-m-a-sumenep

Masjid jamik Panembahan Somala atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Jamik Sumenep merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid Agung Sumenep ini dibangun pada masa pemerintahan Panembahan Somala dengan arsitek Lauw Piango pada tahun 1779 M. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1787 M. Arsitekturnya banyak dipengaruhi unsur kebudayaan Tiongkok, Eropa, Jawa, dan Madura. Masjid Agung Sumenep ini juga dilengkapi dengan menara setinggi 50 meter di sebelah barat masjid. Di halaman masjid, tumbuh pohon sawo dan pohon tanjung yang memiliki makna filosofis agar tidak meninggalkan salat lima waktu. Di dalam masjid terdapat 13 pilar besar dan 2 tempat kotbah. Di atas tempat kotbah itu terdapat pedang dari Irak. Di samping pintu depan masjid terdapat jam duduk berukuran besar bermerk Jonghans.

10. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban terletak di Kelurahan Kutarejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Masjid Agung Tuban ini dulunya bernama Masjid Jami. Masjid yang dibangun pada tahun 1894 ini memiliki konsep bangunan yang unik mirip bangunan 1001 malam. Ornamen-ornamen masjid ini sangat menarik dengan kubah besarnya yang berwarna biru dan kuning. Bagian dalam masjid banyak menggunakan pola lengkungan untuk menghubungkan tiang penyangga sehingga menghasilkan pola ruang dengan kolom-kolom. Pintu dan mimbarnya terbuat dari kayu dengan ukiran arsitektur khas jawa klasik. Di malam hari, warna-warni cantik dari Masjid Agung Tuban ini semakin menambah pesonanya. Sekitar sepuluh meter dari Masjid Agung Tuban, berdirilah Museum Kembang Putih yang menyi

mpan berbagai benda bersejarah seperti kitab Al-Quran kuno dari kulit, keramik Cina, pusaka, sarkofagus, dan lainnya.

Klikers, itulah 10 masjid terindah di Indonesia. Semoga kemegahan dan keindahannya mampu menarik hati banyak orang untuk datang dan beribadah demi mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

9 Tempat Wisata Bali Timur: Pusat Budaya dan Eksotisme Bali

Bali Timur dikenal sebagai pusat religi Bali, di sinilah letak gunung tersuci bagi Hindu Dharma yaitu Gunung Agung. Di sini juga terletak keelokan danau dan kawah di Batur Geopark, dan tempat desa budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi seperti Desa Tenganan dan Desa Penglipuran. Untuk mencari tempat menginap, Anda bisa memilih Candi Dasa, suatu desa nelayan tenang yang telah dipenuhi dengan penginapan dan kafe. Bagi Anda yang mendambakan resort mewah nan elok tinggallah di Alila Manggis, terletak di pinggir laut dengan latar belakang Gunung Agung yang megah.

  1. Batur Geopark

8137854894_b904314a74

Kunjungilah Batur Geopark, yang diakui sebagai taman Geopark UNESCO kelas dunia pertama di Indonesia. Geopark Batur ini memiliki pemandangan alam kelas dunia, danau elok dengan gunung menjulang tinggi, kawah gunung api yang aktif, kekayaan budaya dari Bali Aga di Trunyan hingga uniknya hayati di sini. Kintamani, biasanya jadi start awal untuk melihat pemandangan alam di danau Batur. Selain pemandangan alam, Kintamani terkenal karena anjing ras Kintamani yang memiliki wajah gagah bagai serigala dan bulu seperti anjing Chow-chow. Jangan lewatkan menyicipi aneka buah-buahan lokal seperti salak, dan jeruk siam Kintamani. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, lanjutkan perjalanan mendaki ke kawah Gunung Batur atau menaiki kapal menuju desa Trunyan.

  1. Desa Penglipuran

penglipuran_penjor

Desa Penglipuran adalah sebuah desa yang memiliki struktur arsitektur yang unik. Begitu masuk ke desa Penglipuran, seolah masuk ke dalam resort bintang lima, kumpulan rumah gaya Bali berjajar dengan rapi dan begitu bersih. Terletak di kabupaten Bangli di sebelah Timur Bali, Desa Penglipuran merupakan desa yang awalnya berpenduduk seniman yang menghibur raja. Penglipur artinya menghibur, dan jiwa seninya merasuk ke dalam budaya dan kebiasaan sehari-hari. Di tengah perubahan struktur desa, Penglipuran menjadi warisan budaya yang tidak hilang ditelan waktu. Dengan suasana yang sejuk, sambil jalan-jalan di desa juga kita bisa berinteraksi langsung dengan penduduk setempat.

  1. Desa Tenganan

Desa Tenganan 6

Desa Tenganan yang terletak di Bali Timur ini merupakan salah satu desa Bali Aga. Bali Aga, diterjemahkan merupakan Bali Kuno, merupakan satu komunitas Bali kuno, yang telah ada di Pulau Bali sebelum adanya migrasi Majapahit dari Jawa pada awal abad ke-15. Desa Tenganan ini memiliki budaya dan arsitektur yang unik di Pulau Bali, tempat ini mulai dikenal sejak tahun 1970an. Kain Gringsing masih ditenun dan digunakan untuk melindungi diri dari pengaruh jahat dari luar. Ritual makare kare, ritual pertarungan dengan daun pandan yang dilakukan setiap tahun untuk menghormati Dewa Indra.

  1. Taman Air Sukasada

tamanairsukasada

Taman Air Sukasada terletak di kota Ujung, terletak di bibir laut Lombok. Indahnya pemandangan laut dan taman klasik ala Karang Asem ini selalu menimbulkan kekaguman dan rasa rindu untuk mengunjunginya lagi. Anda bisa menemukan arsitektur di dunia mimpi, kombinasi antara kebun ala Eropa dan reruntuhan yang masih menemani. Tempat yang awalnya merupakan tempat pemandian raja ini sempat menjadi rumah peristirahatan bagi delegasi kerajaan Karang Asem. Saat ini tempat ini menjadi salah satu spot populer untuk menjadi latar foto prewedding.

  1. Tirta Gangga

Tirta Gangga, Bali

Tirta Gangga merupakan taman air yang sangat tenang, dan menyenangkan untuk dikunjungi. Sumber air Tirta Gangga ini digunakan sebagai kolam renang, kemudian dialirkan untuk keperluan pertanian penduduk di sekitar sini. Sekeliling Tirta Gangga, masih berwarna hijau segar dengan kekayaan sawah dan elok ditengah Gunung Agung dan Gunung Lempuyang. Terdapat perpaduan kolam air dengan patung dan bangunan kerajaan. Kolam utama istana ini terdiri dari 11 air mancur, dan ukiran serta patung yang menghiasi merupakan pemandangan yang sangat menginspirasi.

  1. Candi Dasa

candidasa2s

Nikmati desiran ombak dan angin sejuk tanpa terdengar suara yang bising, pantai di Candi Dasa memang tenang. Candi Dasa memang sangat sesuai bagi Anda yang memiliki jadwal sibuk dan pergi ke Bali untuk menemukan ketenangan. Walaupun jauh dari hiruk pikuk, Candi Dasa bukanlah tempat yang membosankan. Nikmati juga makanan hasil laut seperti mahi-mahi, lalu sempatkan diri untuk bersantai bersama wisatawan asing di kafe setempat. Sayangnya, tempat ini tidak memiliki pantai untuk bermain. Namun ada suatu tempat yang terletak sekitar 20 km dari Candi Dasa, di sana Anda dapat menemukan pantai berpasir putih yang masih jarang diketahui wisatawan. Candi Dasa juga merupakan tempat yang cocok untuk dijadikan tempat menginap karena lengkapnya akomodasi di sini untuk menjelajahi Bali Timur.

  1. Tulamben

Tempat Wisata Bali Timur

Tulamben adalah sebuah desa nelayan kecil yang terletak di timur laut Bali. Desa ini berubah menjadi desa scuba diving dan snorkeling, dimulai dari 60 tahun lalu ketika sebuah kapal kargo Amerika bernama USAT Liberty tertembak oleh kapal selam Jepang. Reruntuhan kapal, bersama dengan koral menjadi mozaik antara biota alam dan peninggalan sejarah. Tidak hanya pemilik sertifikat diving yang dapat menikmati pemandangan bawah laut di Tulamben, dengan kedalaman 5 meter pemandangan kapal juga dapat dilihat dengan peralatan snorkeling. Jangan lewatkan suasana desa Tulamben yang bernuansa lokal di pasar pagi.

  1. Pura Goa Lawah

puragoalwah

Pura Goa Lawah, satu dari sembilan arah pura suci Pulau Bali, gua ini dikenal sebagai rumah dari ribuan kelelawar, dan menurut kepercayaan setempat di sini juga bersembunyi naga raksasa yang dikenal dengan nama Vasuki. Menurut sejarah Pulau Bali, Pura ini telah ada semenjak tahun 1000-an yang dibangun oleh Mpu Kuturan. Konon Gua yang tidak pernah dieksplorasi ini berujung di Gunung Agung. Mistisnya gua kelelawar dipadu dengan Pura, membuat Pura ini selalu ramai oleh wisatawan. Jangan lewatkan mampir ke Pantai Kusamba yang letaknya di seberang Gua.

  1. Pura Besakih

Basukih-Temple-View-

Pura terbesar dan termegah di Pulau Bali tidak lain adalah Pura Besakih. Tempat wisata Bali Timur ini terletak di ketinggian 1.000 m, bersandar di kaki gunung tertinggi di Bali yaitu Gunung Agung. Terdapat 23 pura di dalam kompleks ini dan Pura Penataran Agung sebagai tempat paling suci. Namun sangat disayangkan, para pedagang yang memaksa sering dikeluhkan karena membuat tidak nyaman. Jangan berkecil hati, dan temukan nuansa spiritual Hinduisme. Pura Besakih sering digunakan untuk upacara dan perayaan keagamaan dan saksikan ratusan hingga ribuan orang Bali berdoa di sini.

 

[https://www.klikhotel.com]

Objek Wisata Budaya

1. Situ Lengkong Panjalu
    Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan antara objek wisata alam dan objek wisata budaya. Situ Lengkong Panjalu terletak di Desa Panjalu Kecamatan Panjalu dengan jarak 42 Km dari kota Ciamis ke arah utara. Di   objek   wisata ini kita bisa menyaksikan indahnya Danau ( Situ) yang  berudara sejuk dengan sebuah pulau (nusa) ter dapat ditengahnya yang disebut Nusa Larang, di Nusa itu terdapat makam Hariang Kencana, putra dari Hariang Borosngora, Raja Panjalu yang membuat Situ Lengkong pada masa beliau menjadi Raja Kerajaan Panjalu.

Untuk menghormati  jasa para leluhur Panjalu, maka sampai saat ini warga keturunan Panjalu biasa melaksanakan semacam upacara adat yang disebut Nyangku,  acara ini dilaksanakan pada tiap-tiap Bulan Maulud dengan jalan membersihkan benda – benda pusaka yang disimpan disebuah tempat khusus  ( semacam museum ) yang disebut Bumi Alit.

Kegiatan yang bisa dilaksanakan disini antara lain berperahu mengelilingi nusa, camping dan sebagainya.

 

2. Astana Gede
Obyek wisata Astana Gede berlokasi di Desa Kawali Kecamatan Kawali dengan jarak 21 Km dari Kota Ciamis ke arah utara. Terdapat beberapa buah batu-batu bertulis (prasasti) yang merupakan cikal bakal bukti keberadaan Kerajaan Sunda yang dibuat pada masa Pemerintahan Prabu Niskala Wastu Kencana.

Salah satu dari Batu Bertulis tersebut bertuliskan “Mahayuna Ayuna Kadatuan” yang dijadikan sebagai moto juang Kabupaten Ciamis. Selain Batu Prasasti, terdapat pula peninggalan lainnya berupa:

1.       Seperangkat Batu Desolit, yaitu batu tempat pelantikan Raja yang disebut Palangka.

2.       Batu Telapak Kaki dan Tangan dengan garis retak-retak menggambarkan kekuasaan dan penanggalan (kalender).

3.       Terdapat 3 (tiga) buah Batu Menhir, Batu Panyandaan, Batu Panyandungan dan Batu Pamuruyan (alat untuk bercermin).

 

3. Karangkamulyan
Obyek Wisata Karangkamulyan terletak di Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing dengan jarak 16 Km dari Kota Ciamis ke arah timur. Cagar Budaya ini merupakan peninggalan pusat Kerajaan Galuh Pusaka yang dikukuhkan oleh Sanghyang Permanadikusuma. Disini bisa melihat tempat-tempat bekas peninggalan dari legenda Ciung Wanara salah seorang putra Sanghyang Permanadikusuma.

Peninggalan tersebut antara lain :

1.       Batu Pancalikan, yaitu bekas singgasana dan tempat bermusyawarah Raja.

2.       Panyambungan Ayam, yaitu tempat bekas Ciung Wanara menyambung ayam dengan Bondan Sarati.

3.       Sanghyang Bedil.

4.       Lambang Peribadatan.

5.       Sumber air Citeguh dan Cirahayu.

6.       Makam Adipati Panaekan.

7.       Pamangkonan.

8.       Batu Panyandaan.

9.       Sungai Patimuan.

10.   Leuwi Sipatahunan, tempat bayi Ciung Wanara dibuang (dibuang di Sungai Citanduy).

Dilokasi ini dibangun Gong Perdamaian Dunia sebagai lambang persaudaraan perdamaian dan gong ini merupakan gong perdamaian terbesar yang terdapat di dunia.

 

4. Kampung Kuta
Kampung Kuta berada di Desa Karangpaninggal Kecamatan Tambaksari dengan jarak 60 Km dari Kota Ciamis ke arah timur. Masyarakatnya sampai saat ini masih tetap teguh melestarikan budaya adat leluhurnya (karuhun). Amanat leluhurnya yang masih tetap dipertahankan antara lain :

1.       Rumah Panggung yang harus beratap rumbia atau ijuk (tidak boleh permanen),

2.       Bentuk rumah persegi dan tidak boleh berbentuk sikon.

3.       Penduduk yang meninggal harus dimakamkan diluar Kampung Kuta.

4.       Dilarang ketempat keramat (hutan) selain hari Senin dan Jum’at.

5.       Tidak boleh mengenakan pakaian serba hitam, dll.

Karena ketaatannya masyarakat Kampung Kuta dalam menjaga kelestarian lingkungannya, pada Tahun 2002 Kampung Kuta memperoleh penghargaan Kalpataru untuk kategori Penyelamat Lingkungan.

 

5. Urug Kasang
Urug Kasang merupakan tempat ditemukannya fosil-fosil, yaitu berlokasi di Desa Tambaksari Kecamatan Tambaksari ke arah timur laut dari Kota Ciamis. Fosil yang ditemukan usianya umumnya diperkirakan sekitar 700ribu sampai dengan 2 juta tahun.

 

6. Situs Gunung Susuru
Situs Gunung Susuru terletak di Kecamatan Cijeungjing. Luas situs ini 7 Ha yang dikelilingi oleh 2 sungai di bawahnya, yaitu Sungai Cimuntur dan Cileueur.

Situs Gunung Susuru merupakan tingalan punden berundak dari masa Kerajaan Hindu (Masa Klasik). Disana terletak 3 buah goa yang mempesona, 1 buah sumur batu dan peninggalan lainnya seperti manik-manik, keramik, senjata, batu pipisan, batu peluru dan lain-lain.

 

1. Situ Lengkong Panjalu
    Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan antara objek wisata alam dan objek wisata budaya. Situ Lengkong Panjalu terletak di Desa Panjalu Kecamatan Panjalu dengan jarak 42 Km dari kota Ciamis ke arah utara. Di   objek   wisata ini kita bisa menyaksikan indahnya Danau ( Situ) yang  berudara sejuk dengan sebuah pulau (nusa) ter dapat ditengahnya yang disebut Nusa Larang, di Nusa itu terdapat makam Hariang Kencana, putra dari Hariang Borosngora, Raja Panjalu yang membuat Situ Lengkong pada masa beliau menjadi Raja Kerajaan Panjalu.

Untuk menghormati  jasa para leluhur Panjalu, maka sampai saat ini warga keturunan Panjalu biasa melaksanakan semacam upacara adat yang disebut Nyangku,  acara ini dilaksanakan pada tiap-tiap Bulan Maulud dengan jalan membersihkan benda – benda pusaka yang disimpan disebuah tempat khusus  ( semacam museum ) yang disebut Bumi Alit.

Kegiatan yang bisa dilaksanakan disini antara lain berperahu mengelilingi nusa, camping dan sebagainya.

 

2. Astana Gede
Obyek wisata Astana Gede berlokasi di Desa Kawali Kecamatan Kawali dengan jarak 21 Km dari Kota Ciamis ke arah utara. Terdapat beberapa buah batu-batu bertulis (prasasti) yang merupakan cikal bakal bukti keberadaan Kerajaan Sunda yang dibuat pada masa Pemerintahan Prabu Niskala Wastu Kencana.

Salah satu dari Batu Bertulis tersebut bertuliskan “Mahayuna Ayuna Kadatuan” yang dijadikan sebagai moto juang Kabupaten Ciamis. Selain Batu Prasasti, terdapat pula peninggalan lainnya berupa:

1.       Seperangkat Batu Desolit, yaitu batu tempat pelantikan Raja yang disebut Palangka.

2.       Batu Telapak Kaki dan Tangan dengan garis retak-retak menggambarkan kekuasaan dan penanggalan (kalender).

3.       Terdapat 3 (tiga) buah Batu Menhir, Batu Panyandaan, Batu Panyandungan dan Batu Pamuruyan (alat untuk bercermin).

 

3. Karangkamulyan
Obyek Wisata Karangkamulyan terletak di Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing dengan jarak 16 Km dari Kota Ciamis ke arah timur. Cagar Budaya ini merupakan peninggalan pusat Kerajaan Galuh Pusaka yang dikukuhkan oleh Sanghyang Permanadikusuma. Disini bisa melihat tempat-tempat bekas peninggalan dari legenda Ciung Wanara salah seorang putra Sanghyang Permanadikusuma.

Peninggalan tersebut antara lain :

1.       Batu Pancalikan, yaitu bekas singgasana dan tempat bermusyawarah Raja.

2.       Panyambungan Ayam, yaitu tempat bekas Ciung Wanara menyambung ayam dengan Bondan Sarati.

3.       Sanghyang Bedil.

4.       Lambang Peribadatan.

5.       Sumber air Citeguh dan Cirahayu.

6.       Makam Adipati Panaekan.

7.       Pamangkonan.

8.       Batu Panyandaan.

9.       Sungai Patimuan.

10.   Leuwi Sipatahunan, tempat bayi Ciung Wanara dibuang (dibuang di Sungai Citanduy).

Dilokasi ini dibangun Gong Perdamaian Dunia sebagai lambang persaudaraan perdamaian dan gong ini merupakan gong perdamaian terbesar yang terdapat di dunia.

 

4. Kampung Kuta
Kampung Kuta berada di Desa Karangpaninggal Kecamatan Tambaksari dengan jarak 60 Km dari Kota Ciamis ke arah timur. Masyarakatnya sampai saat ini masih tetap teguh melestarikan budaya adat leluhurnya (karuhun). Amanat leluhurnya yang masih tetap dipertahankan antara lain :

1.       Rumah Panggung yang harus beratap rumbia atau ijuk (tidak boleh permanen),

2.       Bentuk rumah persegi dan tidak boleh berbentuk sikon.

3.       Penduduk yang meninggal harus dimakamkan diluar Kampung Kuta.

4.       Dilarang ketempat keramat (hutan) selain hari Senin dan Jum’at.

5.       Tidak boleh mengenakan pakaian serba hitam, dll.

Karena ketaatannya masyarakat Kampung Kuta dalam menjaga kelestarian lingkungannya, pada Tahun 2002 Kampung Kuta memperoleh penghargaan Kalpataru untuk kategori Penyelamat Lingkungan.

 

5. Urug Kasang
Urug Kasang merupakan tempat ditemukannya fosil-fosil, yaitu berlokasi di Desa Tambaksari Kecamatan Tambaksari ke arah timur laut dari Kota Ciamis. Fosil yang ditemukan usianya umumnya diperkirakan sekitar 700ribu sampai dengan 2 juta tahun.

 

6. Situs Gunung Susuru
Situs Gunung Susuru terletak di Kecamatan Cijeungjing. Luas situs ini 7 Ha yang dikelilingi oleh 2 sungai di bawahnya, yaitu Sungai Cimuntur dan Cileueur.

Situs Gunung Susuru merupakan tingalan punden berundak dari masa Kerajaan Hindu (Masa Klasik). Disana terletak 3 buah goa yang mempesona, 1 buah sumur batu dan peninggalan lainnya seperti manik-manik, keramik, senjata, batu pipisan, batu peluru dan lain-lain.

 

[[https://www.ciamiskab.go.id]]