SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat
Jan 6th, 2016 by Uke Pramudita

Blog No.1

  1. Nama Pemilik Blog   :

Ika Yuni Aryanti

  1. Alamat Blog/http :

http://blog.unnes.ac.id/ikayuni/

  1. Kelebihan/keunggulan:

Tampilan pada blog bagus, kriteria-kriteria seperti profil, kategori, link teman sudah lengkap. Materi maupun artikel yang di posting sangat menambah pengetahuan bagi pembaca. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XII Bab IV : Ketimpangan Sosial
Dec 18th, 2015 by Uke Pramudita

  • Pengertian Ketimpangan Sosial

Ketimpangan sosial dapat diartikan sebagai adanya ketidakseimbangan atau jarak yang terjadi ditengah-tengah masyarakat yang disebabkan adanya perbedaan status sosial, ekonomi, ataupun budaya. Ketimpangan sosial dapat disebabkan oleh adanya faktor-faktor penghambat, sehingga mencegah dan menghalangi seseorang untuk memanfaatkan akses atau kesempatan-kesempatan yang tersedia. Dua faktor penghambat tersebut adalah sebagai berikut. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XII Bab III : Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas
Dec 18th, 2015 by Uke Pramudita

  • Pemberdayaan

Pertama, pemberdayaan dimaknai dalam konteks menempatkan posisi berdiri masyarakat. Posisi masyarakat bukanlah obyek penerima manfaat (beneficiaries) yang tergantung pada pemberian daripihak luar seperti pemerintah, melainkan dalam posisi sebagai subyek (agen ataupartisipan yang bertindak) yang berbuat secara mandiri. Berbuat secara mandiri bukanberarti lepas dari tanggungjawab negara. Pemberian layanan publik (kesehatan, pendidikan, perumahan, transportasi dan seterusnya) kepada masyarakat tentu merupakantugas (kewajiban) negara secara given. Masyarakat yang mandiri sebagai partisipan berartiterbukanya ruang dan kapasitas mengembangkan potensi-kreasi, mengontrol lingkungandan sumberdayanya sendiri, menyelesaikan masalah secara mandiri, dan ikut menentukanproses politik di ranah negara. Masyarakat ikut berpartisipasi dalam proses pembangunandan pemerintahan (Sutoro Eko, 2002). Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XII Bab II : Perubahan Sosial dan Dampaknya
Dec 18th, 2015 by Uke Pramudita

Menurut Roy Bhaskar (1984), perubahan sosial biasanya terjadi secara wajar (naturaly), gradual, bertahap serta tidak pernah terjadi secara radikal atau revolusioner. Proses perubahan sosial itu sendiri meliputi : Proses Reproduction dan Proses Transcormation. Proses Reproduction itu sendiri adalah proses yang mengulang-ulang menghasilakn kembali segala hal yang diterima sebagaimana warisan budaya nenek moyang kita sebelumnya, sedangkan Proses Transcormation adalah suatu proses penciptaan hal yang baru (something new) yang dihasilkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XII Bab I : Globalisasi Dan Perubahan Komunitas Lokal
Dec 18th, 2015 by Uke Pramudita

Definisi globalisasi yang di kemukakan oleh Francis Wahono (2005) sekaligus menjelaskan dampak dari globalisasi, terutama di bidang globalisasi adalah bentuk penjajahan ekonomi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan raksasa lintas Negara dan kaki tangannya dengan menguasai fondasi kehidupan setiap insan dan kelompok manusia, yang dijamin oleh system hokum lintas bangsa, dalam jiwa pasar bebas dan hak milik pribadi. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XI Bab V : Integrasi dan Reintegrasi Sosial Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Konflik dan Kekerasan
Dec 18th, 2015 by Uke Pramudita

  • Integrasi Sosial

Integrasi berasal dari bahasa inggris “integration” yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. Integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi. Menurut Banton mendefinisikan integrasi sebagai suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan makna penting pada perbedaan ras tersebut. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XI Bab IV : Konflik, Kekerasan dan Upaya Penyelesaianya
Dec 18th, 2015 by Uke Pramudita

  • Konflik

Kata “konflik” berasal dari bahasa Latin “configure” yang artinya saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (atau juga kelompok) yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tak berdaya. Read the rest of this entry »

Materi Sosisologi Kelas XI Bab III : Perbedaan, Kesetaraan dan Harmoni Sosial
Dec 18th, 2015 by Uke Pramudita

·         Diferensiasi Sosial

Diferensiasi sosial adalah klasifikasi atau penggolongan terhadap perbedaan-perbedaan tertentu yang bisaanya sama atau sejenis. Pengertian sama disini menunjuk pada klasifikasi masyarakat secara horizontal, mendatar atau sejajar. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XI Bab II : Permasalahan Sosial yang Muncul dalam Masyarakat
Dec 18th, 2015 by Uke Pramudita

·         Pengertian Masalah Sosial

Masalah Sosial adalah suatu kondisi yang terlahir dari sebuah keadaan masyarakat yang tidak ideal. Definisi lain masalah sosial yaitu keditaksesuaian unsur-unsur masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial. Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang dapat muncul dari keadaan masyarakat yang kurang atau tidak ideal, maksudnya selama terdapat kebutuhan dalam masyarakat yang tidak terpenuhi secara merata maka masalah sosial akan tetap selalu ada didalam kehidupan. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi Kelas XI Bab I : Pembentukan Kelompok Sosial dalam Masyarakat
Dec 18th, 2015 by Uke Pramudita

·         Pengertian Kelompok Sosial

Kelompok Sosial adalah kesatuan sosial yang terdiri atas kumpulan individu-individu yang hidup bersama dengan mengadakan hubungan timbal balik yang cukup intensif dan teratur, sehingga dari padanya diharapkan adanya pembagian tugas, struktur, serta norma-norma tertentu yang berlaku bagi mereka. Agar dikatakan sebagai kelompok sosial, adanya syarat-syarat menurut Soerjono Soekanto (2002:115) sebagai berikut. Read the rest of this entry »

SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Skip to toolbar