Satuan Pendidikan : SMA
Kelas /Semester : XI /1-2
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1. Memahami, menghargai, dan menerima perbedaan kegiatan ritual sebagai akibat (implikasi) dari keberagaman ajaran agama, religi/kepercayaan yang dianut. . |
|
|
|
|
|
2.1 Mengembangkan sikap kepedulian terhadap budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan | |||||
2.2.Menghayati dan menghargai keberagaman budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan dalam upaya membangun masyarakat multikultur | |||||
3.1 Menganalisis keterkaitan antara budaya, bahasa, dialek, dan perkembangan tradisi lisan di nusantara | Keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa dialek, tradisi dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah | Mengamati: :
Melakukan investigasi di masyarakat setempat untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa dialek, tradisi dengan kehidupan masyarakat di wilayah setempat melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya
Menanya: Melakukan studi literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa dialek, tradisi dalam masyarakat setempat tur melalui berbagai contoh nyata.
Mengeksplorasi: Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang berbagai alternatif pemecahan permasalahan yang muncul sebagai dampak dari cara pandang seseorang tentang keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan, dan masyarakat multikultur dan berbagai alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan contoh-contoh nyata yang terdapat dalam masyarakat setempat.
Mangasosiasi: Menghubungkan antara konsep atau pemikiran para ahli dengan kenyataan yang ada terkait dengan berbagai pandangan inidividu atau kelompok dalam upaya menyikapi secara positif tentang fenomena keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan, dan masyarakat multikultur
Mengkomunikasikan: Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, refleksi dan kesimpulan tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan dalam membangun masyarakat multikultur
|
Tugas:
Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang berbagai konsep dan kajian para ahli tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa dialek, tradisi dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah
Observasi: Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.
Portofolio Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .
Tes Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap pengertian, konsep pengertian, konsep tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa dialek, tradisi dengan kehidu |