SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Silabus Antropologi Kelas XI
December 2nd, 2015 by Uke Pramudita

Satuan Pendidikan       : SMA

Kelas /Semester            : XI /1-2

Kompetensi Inti

 KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

 KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

 KI3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 KI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1.  Memahami, menghargai, dan menerima   perbedaan kegiatan ritual  sebagai akibat  (implikasi)  dari keberagaman ajaran agama, religi/kepercayaan  yang dianut.  .  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1      Mengembangkan sikap kepedulian terhadap budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan
2.2.Menghayati dan menghargai keberagaman budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan dalam upaya membangun masyarakat multikultur
3.1      Menganalisis keterkaitan antara budaya, bahasa, dialek, dan perkembangan  tradisi lisan di nusantara Keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa  dialek, tradisi dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah Mengamati: :

Melakukan investigasi di masyarakat setempat  untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa  dialek, tradisi dengan kehidupan masyarakat di wilayah setempat melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur  dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya

 

Menanya:

Melakukan studi literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa  dialek, tradisi  dalam masyarakat setempat tur melalui berbagai contoh nyata.

 

Mengeksplorasi:

Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang  berbagai alternatif pemecahan permasalahan yang muncul sebagai dampak dari cara pandang seseorang tentang keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan, dan masyarakat multikultur dan berbagai alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan  contoh-contoh nyata yang terdapat dalam masyarakat setempat.

 

Mangasosiasi:

Menghubungkan antara  konsep  atau pemikiran para ahli  dengan kenyataan yang ada terkait  dengan berbagai pandangan inidividu atau kelompok dalam upaya menyikapi secara positif tentang fenomena keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan, dan masyarakat multikultur

 

 

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting,  tanggapan/komentar, karikatur,  refleksi dan kesimpulan tentang keterkaitan antara  keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan dalam membangun masyarakat multikultur

 

 

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang berbagai konsep dan kajian para ahli tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa  dialek, tradisi dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah

 

Observasi:

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, dan  perilaku serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

 

Portofolio

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .

 

Tes

Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap  pengertian, konsep pengertian, konsep tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa  dialek, tradisi dengan kehidu


Comments are closed

SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Skip to toolbar