Pendidikan dan Kesehatan Sangatlah Terikat, Simak 5 Komponen Kebugaran Jasmani Disini

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh seseorang. Kesehatan pula juga akan mempengaruhi setiap pekerjaan dan aktivitas dari seseorang. Jika kondisi badan dan tubuh seseorang itu sehat, maka dia akan bisa melakukan aktivitasnya secara normal. Sehingga seluruh pekerjaannya dapat dikerjakan dengan cepat dan bisa cepat selesai. Namun sebaliknya, jika kita tidak sehat, maka kita tidak akan bisa mengerjakan seluruh aktivitas dengan kondisi normal. karena jika dalam kondisi sakit, maka pikiran kita tidak akan bisa berpikir dengan jernih. Akibatnya, seluruh aktivitas yang lainnya bisa terhambat.

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh untuk terus beraktivitas tanpa merasa lelah berlebihan. Semakin bugar tubuhnya, maka kemampuan beraktivitasnya juga kian meningkat. Setiap manusia memiliki tingkat kebutuhan kebugaran jasmani yang berbeda. Contohnya olahragawan membutuhkan tingkat kebugaran jasmani yang lebih tinggi dibandingkan pekerja. Menurut Enik Yuliatin dalam buku Bugar dengan Olahraga (2012), kebugaran jasmani sangat bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya tubuh tidak mudah lelah saat beraktivitas seharian serta mencegah berbagai penyakit berbahaya, seperti jantung. Kebugaran jasmani berarti seseorang masih memiliki cadangan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas lainnya, setelah melakukan aktivitas yang tergolong berat. Misalnya setelah berolahraga, masih bisa mencuci baju atau membereskan rumah.

Karena begitu pentingnya perihal kesehatan dan kebugaran jasmani, dalam sistem pendidikan, setiap jenjangnya akan diadakan juga mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Tujuannya, dengan diadakannya mata pelajaran tersebut, harapannya agar seluruh siswa dapat selalu menjaga kesehatan dirinya. Karena belajar juga akan selalu membutuhkan kekuatan atau kesehatan agar seluruh proses belajar dapat fokus. Karena jika kita sakit, maka kita tidak akan bisa fokus dalam belajar. Imbasnya, kita akan tertinggal dari teman kita yang sudah belajar sebelum kita.

Dalam buku Meningkatkan Kebugaran Jasmani melalui Permainan dan Olahraga Pencak Silat (2009) karya Muhammad Muhyi Faruq, disebutkan jika ada lima komponen penting dalam kebugaran jasmani.

Komponen ini sangat berkaitan dengan latihan kebugaran jasmani dan manfaat yang akan didapat. Apa sajakah komponen tersebut?

  1. Kelincahan atau agility

Kelincahan berarti kemampuan tubuh untuk melakukan perubahan gerak dengan tanpa hilang keseimbangan. Kelincahan berkaitan erat dengan kecepatan serta keseimbangan tubuh yang juga harus dilatih. Contoh latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kelincahan ialah melakukan lari zig-zag, melakukan latihan squat, lompat tangga, dan lain-lain.

  1. . Kelentukan atau flexibility

Kelentukan berarti kemampuan sendi untuk bergerak semaksimal mungkin sesuai dengan rentang geraknya atau range of movement (ROM). Kelentukan memungkinkan seseorang untuk bergerak seleluasa mungkin tanpa merasa nyeri sendi. Sama seperti untuk melatih kekuatan, latihan kelentukan tubuh harus dilakukan secara bertahap dan tidak boleh dipaksakan. Contoh latihannya ialah gerakan memutar leher, bahu, tangan, pinggul, dan lain-lain.

  1. Kekuatan atau strength

Kekuatan berarti kemampuan otot untuk menerima beban saat melakukan aktivitas. Kekuatan otot tangan dan kaki bisa diperoleh jika rutin melakukan latihan kebugaran jasmani.  Dalam melakukan latihannya harus dilakukan secara bertahap. Tidak bisa terlalu memaksakan diri, karena bisa menimbulkan cedera. Contoh latihannya seperti angkat beban, plank, dan lain-lain

4. Daya tahan atau endurance

Daya tahan berarti kemampuan fisik tubuh untuk bisa berolahraga atau beraktivitas dalam jangka waktu lama. Hal ini bisa didapat setelah rutin melakukan latihan kebugaran jasmani.  Dilansir dari Healthline, daya tahan atau endurance dibagi menjadi dua, yakni: Daya tahan kardiovaskular yang berarti kemampuan jantung dan paru-paru untuk memompa dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Contoh latihannya lari jarak jauh, pertandingan sepak bola, dan lain-lain. Daya tahan otot yang Berarti kemampuan otot untuk bisa terus menerus beraktivitas tanpa merasa lelah berlebihan. Contoh latihannya melakukan sit-up, bersepeda, lari, dan lain-lain.

  1. Kecepatan atau speed

Kecepatan berarti kemampuan fisik tubuh untuk bisa bergerak atau menggerakkan tubuh secepat mungkin. Rutin melakukan latihan kecepatan bisa membuat seseorang bergerak lebih tangkas. Dikutip dari BBC, contoh latihan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kecepatan ialah lari jarak pendek, olahraga tenis, bersepeda cepat, dan lain-lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: