ILMU DAN RUMAH ILMU DI UNNES #2

November 15th, 2015 by Ummi Hidayah Leave a reply »

     Universitas Negeri Semarang yaitu universitas kita tercinta yang terkenal dengan universitas konservasi ingin membangun sebuah rumah ilmu, maksudnya adalah UNNES sebagai tempat mengajarkan ilmu-ilmu, tempat transfer ilmu-ilmu, tempat yang mewadahi perkembangan ilmu-ilmu.

     UNNES sendiri sebagai perguruan tinggi terdiri dari 8 fakultas yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum. Setiap fakultas terdiri dari jurusan-jurusan. Jurusan-jurusan ini pastinya akan mewadahi dan mengajarkan ilmu-ilmu tersebut, entah ilmu matematika, ilmu ekonomi, ilmu pendidikan, kebahasaan, ilmu seni, ilmu teknik, ilmu sosial ataupun ilmu hukum.

Namun sebelumnya, sudah tahukah kita pengertian ilmu sendiri itu apa ?

Berikut ini pengertian ilmu menurut para ahli :

1. Menurut Minto Rahayu
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yan bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.
2. Menurut NS. Asmadi
Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah)
3. Menurut DR. H. M. Gade
Ilmu adalah falsafah yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manuasia.
4. Menurut Francis Bacon
Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid dan hanya fakta-fakta yang dapat menjadi objek pengetahuan.
Jadi, sebuah ilmu telah melalui sebuah penelitian yang sistematis dengan metode ilmiah untuk menjadi sebuah ilmu.

Apa manfaat adanya ilmu tersebut ?

     Ilmu sangat berguna sekali bagi manusia. Ilmu dapat menjadi bekal bagi manusia untuk menjalani kehidupan. Dengan ilmu bisa mengenali alam sekitar dan bagaimana cara memanfaatkannya dengan bijak untuk kesejahteraan hidup. Tidak hanya mengenali alam, selain itu juga untuk mengenal sesama manusia, tingkah laku manusia, makhluk hidup lainnya seperti tumbuhan dan hewan. Dengan ilmu juga bisa mengantarkan kita untuk mengenal sang pencipta dan sang pemilik ilmu itu sendiri yaitu Allah SWT. Serta masih banyak lagi kegunaan ilmu.

Saya tertarik akan sebuah quote : “Jika orang-orang dulu malas menuntut ilmu, maka kita masih berkeliaran di hutan dengan batu sebagai pisau.”
Benarlah adanya mungkin bisa saja kita masih mencari makanan dengan berburu di hutan menggunakan alat yang sederhana yang tersedia di alam misalnya dengan batu, jika saja orang-orang dulu tidak rajin mencari ilmu, mencari jawaban atas rasa keingintahuannya, melakukan penelitian, membuat penemuan-penemuan yang memudahkan kehidupan manusia seperti sekarang. Itulah gambaran bahwa ilmu sangat bermanfaat.

     Maka marilah kita berlomba-lomba untuk menuntut ilmu serajin-rajinnya. Manfaatkan apa yang sudah tersedia di UNNES untuk pengajaran mahasiswanya yaitu mentransfer ilmu-ilmunya kepada mahasiswanya. Sehingga kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kita dan orang lain.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Advertisement

Leave a Reply

Skip to toolbar