Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Upaya Untuk Mewujudkan Kampus Konservasi di Kampus Universitas Negeri Semarang #2

November 8th, 2015 | Posted by Achmad Muslichun in Konservasi

upaya konservasi UNNES

Universitas Negeri Semarang adalah salah satu universitas konservasi yang ada di indonesia. Konservasi sendiri memiliki arti upaya pelestarian lingkungan dengan tetap memperhatikan manfaat yang dapat di peroleh dari ingkungan. Salah satu wujud konservasi adalah konservasi sumer daya alam, yakni upaya pengelolaan sumber daya alam yang menjamin pemanfaatannya secara bijaksana. Dalam hal sumber daya terbarui, upaya tersebut di lakukan untuk menjamin kesinambungan ketersediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman sumber daya alam tersebut.

Kegiatan konservasi harus dilaksanakan secara rutin, baik oleh pemerintah, masyarakat, lembaga swadaya mayarakat, perguruan tinggi, serta pihak-pihak lainnya. Universitas Negeri Semarang adalah salah satu perguruan tinggi di inonedia yang ikut berperan aktif dalam perwujudan konvervasi pada sumber daya alam.

Untuk memperlancar proses perwujudan konservasi alam tersebut, pihak Universitas Negeri Semarang telah merumuskan tujuh pilar konservasi yang secara tidak langsung juga menjadi tanggung jawab segenap civitas akademika yang ada di kawasan Kampus Universitas Negeri Semarang untuk memperkuat pilar konservasi tersebut.

Ketujuh pilar konservasi dan upaya untuk mencapai konservasi alam di kawasan kampus Universitas Negeri Semarang diantaranya:

1. Konsevasi keanekaragaman hayati

Melalui pemeliharaan berbagai spesies hewan dan ditanamnya keanekaragaman hayati di Unnes. Upaya itu sudah mulai di laksanakan dengan di bangunnya rumah kupu-kupu, hutan mini, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang dapat menunjang pilar konservasi keanekaragaman hayati tersebut

2. Arsitektur hijau dan sistem transportasi internal

diterapkannya budaya bersepeda dan jalan kaki. Selain itu, pihak Universitas Negeri Semarang juga telah merancang mobil listrik untuk transportasi kampus yang ramah lingkungan

3. Pengelolaan limbah

Unnes telah membuat rumah kompos untuk memanfaatkan daun-daun yang berserakan di kawasan kampus Unnes

4.Kebijakan nirkertas (less paper)

Penggunaan ilmu teknologi informatika basis web untuk absensi perkuliahan, bimbingan untuk skripsi, sistem akademik, dan masih banyak lainnya

5. Energi bersih

Unnes telah menekankan agar civitas akademika di kawan Unnes menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan

6. Konservasi etika, seni dan budaya

Unnes telah memiliki berbagai kegiatan sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan seni dan budayaS

7. Kaderisasi konservasi

Unnes membuat kebijakan untuk penciptaan kader konservasi dengan cara memberikan mata kuliah pendidikan konservasi kepada seluruh mahasiswa yang belajar di Unnes.

 

Daftar Pustaka

  • www.unnes.ac.id
  • Hardati, Puji. 2015. Pendidikan Konservasi. Semarang : Magnum Pustaka Utama

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 You can leave a response, or trackback.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Lewat ke baris perkakas