Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Media Pembelajaran Sebagai Sarana Mewujudkan Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi #1

November 7th, 2015 | Posted by Achmad Muslichun in Konservasi
Pelatihan Flash di PGSD Tegal

Pelatihan Flash di PGSD Tegal

Media Pembelajaran adalah media/perantara yang dapat membantu kita dalam proses pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi masa kini, seolah media pembelajaran menjadi idola para insan pendidik di seluruh dunia, khususnya di negara Indonesia. Pada perkembangan media pembelajaran saat ini, banyak sekali inovasi-inovasi baru yang membuat media pembelajaran semakin di gemari di kalangan masyarakat. Kenapa media pembelajaran itu perlukan dalam proses pembelajaran? Karena tidak semua materi dapat mudah di pahami oleh peserta didik jika hanya di sampaikan lewat lisan saja, tetapi harus di visualisasikan menggunakan bantuan media pembelajaran yang di maksutkan agar peserta didik mudah memahami materi yang di sampaikan. Selain karena kepraktisan media pembelajaran, dengan menggunakan metode tersebut kita juga dapat menegakkan salah satu pilar konservasi, yaitu Less Paper. Kenapa? Karena pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi masa kini yang dalam pembuatannya tidak menggunakan kertas satu lembarpun.

Saat ini, sudah mulai berkembang media pembelajaran interaktif untuk berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Pada saat ini, media pembelajaran interaktif tidak hanya di jalankan pada personal komputer ataupun laptop, tetapi saat ini juga sudah banyak berkembang media pembelajaran interaktif yang berbasis pada tablet/tab. Dan inovasi yang terbaru sekarang ini, tersedia juga media pembelajaran interaktif yang berbasis pada android maupun windows phone yang notabene adalah smartphone yang paling di gemari pada zaman modern ini.

Perkembangan media pembelajaran di kalangan kampus Universitas Negeri Semarang sendiri bisa di bilang cukup pesat. Hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya pelatihan-pelatihan yang hampir secara rutin di lakukan di berbagai penjuru kampus Universitas Negeri Semarang. Pelatihan-pelatihan tadi di maksutkan agar semua warga kampus UNNES bisa memahami tentang peran dan manfaat media pembelajaran, selain memahami, warga kampus UNNES juga di harapkan dapat menciptakan inovasi-inovasi baru tentang media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran pendidikan di indonesia.

Untuk menginformasikan betapa pentingnya peran media pembelajaran dalam prose pendidikan kepada seluruh warga kampus UNNES, banyak sekali agenda yang telah di laksanakan oleh pihak kampus, kegiatan tersebut diantaranya:

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan kegiatan bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UPP Tegal, Jumat (2/11).
  2. Workshop pembelajaran pendidik PAUD Jumat (23/11) di gedung Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) kampus Unnes Sekaran, Gunungpati.
  3. Pendidikan dan latihan (Diklat) Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) kepada 50 mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (PPs Unnes) penerima Beasiswa Calon Pengawas Sekolah dari Direktorat P2TK Dikmen Kemdikbud, mulai Sabtu (23/3) hingga 13 April.

Daftar Pustaka
www.unnes.ac.id

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 You can leave a response, or trackback.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Lewat ke baris perkakas