Kuliner Sumatera Barat

Kuliner Sumatera Barat – Berwisata ke Sumatera Barat memang rasanya tak lengkap bila tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Seperti halnya dengan bagian lain di Pulau Sumatera, makanan khas Sumatera Barat pun memiliki rasa yang khas. Beberapa jenis makanan dari Sumatera Barat ini bahkan sudah begitu dikenal, tak hanya di dalam negeri namun hingga ke luar negeri.

1. Rendang

Rendang merupakan salah satu jenis makanan yang paling dikenal dari Sumatera Barat. Masakan olahan daging ini bahkan masuk dalam daftar 10 makanan terenak dari seluruh dunia. Selain di Sumatera Barat, rendang memang sudah bisa ditemukan di banyak daerah lain.

2. Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariamaan

Tiga jenis makanan diatas rasanya sudah tak asing lagi, terutama sate padang yang mulai mendapat penggemar sendiri. Ketiga jenis sate tersebut merupakan makanan khas Sumatera Barat dan bisa ditemukan nyaris di masing-masing daerah. Sate Padang dan Sate Pariaman terbuat dari daging sapi seperti usus dan jantung yang dibakar dengan rempah-rempah khusus. Setelah matang, ketiganya disantap dengan bumbu kuah kacang yang kental dengan campuran cabe.

Meski terlihat sama, ketiga Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman memiliki perbedaan masing-masing. Sate Pariaman dengan bumbu berwarna merah dan rasa lebih pedas, sedangkan Sate Padang Panjang berwarna kuning. Sate Padang merupakan percampuran yang pas dari kedua sate tersebut.

3. Dendeng Balado dan Dendeng Batokok

Seperti juga jenis masakan lain dari Padang, Dendeng balado dan Dendeng batokok pun sudah tak asing lagi. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis kemudia dikeringkan dan digoreng hingga garing. Setelahnya, daging garing ini dibumbui dengan bumbu balado. Dendeng batokok nyaris sama dengan dendeng balado, hanya saja dendeng batokok terbuat dari cabe hijau bukannya cabe merah untuk bumbu baladonya.

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Skip to toolbar