Kuliner Jambi

Kuliner Jambi – Jambi memang bukan kota yang terkenal untuk berwisata. Bahkan banyak orang ternyata tidak tahu kalau Jambi itu ada di Pulau Sumatera. Dibalik tidak populernya Jambi, sebenarnya menyimpan banyak makanan unik yang enak.

Kopi AAA

Kopi AAA ini sekilas memang keliatan biasa saja, tetapi ternyata kopi AA sudah ada dari jaman dulu dan memang sudah menjadi kebanggaan orang Jambi. Kopinya wangi dan pahit, campuran antara kopi robusta dan kopi ekselsa (kopi liberica). Ini yang membuat kopi AAA menjadi khas, rasa robusta yang strong bercampur dengan liberica yang bright ditambah fruity (katanya rendah caffeine).

Mie Celor

Banyak yang mengira Mie Celor itu makanan khas dari Jambi, ternyata ada yang bilang Mie Celor itu dari Palembang. Mie Celor ini mie kuning basah yang disiram pakai kuah. Mie Celor di Palembang menggunakan udang kering dan santan untuk kaldunya sehingga aromanya lebih tajam. Kadang kaldunya juga lebih kental seperti sagu. Sedangkan di Jambi hanya menggunakan santan, rasanya menjadi lebih mild.

Pempek

Di Jambi ada banyak tempat makan pempek yang awalnya dibawa oleh orang yang mengungsi dari Palembang. Pempek legendaris di Jambi itu di Pempek Asiong. Kalau makan di Pempek Asiong, kita tinggal duduk dan pegawainya langsung menyajikan beberapa piring pempek layaknya di rumah makan Padang.

Mie Pangsit

Sekilas, mie ini terlihat seperti mie ayam biasa atau mie yamien tapi tekstur dan rasanya berbeda. Mienya kenyal dan tipis, disajikan dengan potongan daging babi. Kuahnya ada sayuran, bakso dan daging cincang.

Nasi Gemuk

Nasi gemuk sangat mirip dengan nasi uduk, tapi hanya toppingnya saja yang berbeda. Nasi gemuk Jambi menggunakan telor rebus, daging sapi suwir dan saos sapinya yang manis, emping dan sambel manis khas Jambi.

Kwetiau

Kwetiaunya digoreng dengan telur, lalu disiram dengan kaldu yang gurih dan kental. Disajikan dengan sayuran dan bakso-baksoan. Kwetiau di Jambi itu terbuat dari tepung beras, bentuknya jauh lebih tebal daripada kwetiau yang biasanya ada di Jakarta.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Skip to toolbar