Kuliner Sumatera Selatan

Kuliner Sumatera Selatan – Jika anda ingin berwisata kuliner dan mencicipi berbagai makanan lezat yang ada di Indonesia mungkin anda sangat perlu datang ke Provinsi Sumatera Selatan.

Sumatera Selatan adalah provinsi yang terdapat di Pulau Sumatera yang memiliki kebudayaan Melayu. Karena kulturnya ini membuat beberapa makanan terpengaruh dari kebudayaan Melayu di sekitar daerah tersebut.

Walaupun sama-sama memiliki budaya Melayu tetap masakan yang ada di Sumatera Selatan agak berbeda dengan yang ada di Sumatera bagian lainnya, walaupun beberapa masakan masih terpengaruh masakan Sumatera bagian lain.

Pempek

Siapa yang tidak tahu dengan makanan lezat yang satu ini. Walaupun sebenarnya makanan ini sudah banyak tersebar di berbagai kota besar namun anda akan merasakan sesuatu yang berbeda kala mencicipi pempek langsung di tempat asalnya yaitu Palembang, Sumatera Selatan.

Pempek adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari tepung dan olahan daging ikan, Pempek sendiri disajikan bersama potongan timun kecil-kecil dengan kuah cuko. Pempek sebenarnya memiliki beragam jenis, salah satu jenis yang paling terkenal adalah pempek kapal selam, anda dapat dengan mudah menemukan pempek di seluruh penjuru Sumatera Selatan sekalipun.

Pindang

Pindang adalah makanan khas Sumatera Selatan yang sangat diminati bagi wisatawan yang datang ke Sumatera Selatan. Masakan ini juga termasuk masakan yang cukup terkenal di Sumatera Selatan. Anda bisa menemukan berbagai jenis pindang di Sumatera Selatan, seperti pindang ikan, pindang udang, bahkan hingga pindang tulang. Anda bisa menemukan makanan ini dengan mudah di Sumatera Selatan.

Mie Celor

Mie Celor adalah makanan tradisional dari Sumatera Selatan. Makanan ini menggunakan udang sebagai bahan utamanya. Selain udang ada juga tambahan telur, tauge, daun seledri dan perasaan jeruk nipis sebagai isiannya.

Untuk kuahnya makanan ini menggunakan santan hingga menciptakan rasa yang begitu gurih. Yang unik dari makanan ini adalah beberapa bahan diatas disiram dengan air panas dahulu sebelum dimasukan kedalam kuah santan.

Tekwan

Tekwan adalah menu yang sangat terkenal dan anda dapat mendapatkannya dengan mudah di luar daerah Sumatera Selatan sekalipun. Tekwan adalah kuliner yang terbuat dari sagu dan ikan yang diolah menjadi bentuk yang kecil-kecil. Sebagai pelengkap biasanya ada tambahan bihun, jamur, daun bawang, bengkoang, dan seledri. Kuah yang digunakan makanan ini adalah kuah yang memiliki cita rasa udang.

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Skip to toolbar