Peneliti Temukan Robot untuk Selamatkan Cadangan Air Dunia

Pria asal China menciptakan robot yang bisa menemukan kebocoran di saluran pipa air. Pria yang bernama You Wu ini mengatakan robot bergerak dengan air melalui pipa. Bagian tangan robot dapat menyentuh pipa dan merasakan lubang yang disebabkan oleh kebocoran.

Wu membutuhkan waktu lima tahun untuk membuat sebuah prototipe. Pria berusia ini menamakan prototipe ini Lighthouse dan dirilis pada Januari lalu, tak lama setelah Wu masuk daftar Forbes ’30 Under 30′ untuk manufaktur dan industri.

Sesungguhnya banyak metode untuk mendeteksi kebocoran pipa. Salah satu metode adalah mendengarkan suara yang dihasilkan dari getaran pipa air dan pengurangan tekanan.

Akan tetapi, Wu mengatakan metode ini tidak efektif, apalagi jika digunakan di kota yang memiliki tingkat kebisingan tinggi. Wu menyakini, robot besutannya efektif bekerja di kota maupun di daerah pinggiran kota.

Robot ini dirancang untuk memeriksa pipa tanpa mengganggu layanan air. Robot ini bisa dimasukkan ke dalam pipa di hidran. Robot ini memiliki sistem analisis yang bisa menciptakan peta yang memberi tahu operator pipa dimana kebocoran berada, seberapa besar bocorannya itu dan kemungkinan kegagalan.

Pria jebolan Massachusetts Institute of Technology bersama teman kuliahnya Tyler Mantel sedang mengembangkan bisnis WatchTower Robotics yang mereka dirikan pada bulan Juni dengan dukungan Techstars Sutainability Accelerator.

American Society of Civil Engineers ‘2017’ Infrastructure Report Card ‘memperkirakan bahwa ada 240.000 kerusakan pipa air di Amerika Serikat setiap tahun.

Kerusakan ini setara dengan membuat lebih dari 2 triliun galon (7,5 triliun liter) air minum yang diolah setiap tahun. Sekitar 20 persen air bersih di seluruh dunia hilang setiap hari, menurut WatchTower Robotics.

WatchTower Robotika juga melakukan program percontohan di Massachusetts dengan Departemen Air Cambridge dan di Australia dengan Layanan Deteksi Perusahaan Layanan Pipa.

Sejauh ini, robot telah diuji di Arab Saudi, Virginia, dan Inggris. Lighthouse baru-baru ini dinobatkan sebagai pemenang dari James Dyson Award, sebuah kompetisi desain internasional.

“Tujuan akhir saya adalah untuk menempatkan peralatan robot kami ke tangan teknisi lapangan di setiap kota di seluruh dunia, sehingga setiap kota di dunia dapat mengurangi kehilangan air karena kebocoran dan mendukung pertumbuhan populasi lebih banyak”, kata Wu.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Skip to toolbar