Qualcomm Sebut Apple Utang Rp106 Triliun

Qualcomm Sebut Apple Utang Rp106 Triliun

Perusahaan pemasok chip internasional Qualcomm Inc mengatakan dalam pengadilan di San Diego bahwa Apple Inc tidak melakukan pembayaran royalti paten senilai US$ 7 miliar (Rp106 triliun). Qualcomm merupakan penyedia chip untuk Apple selama bertahun-tahun.

Dilansir dari Reuters, Apple dan Qualcomm saat ini sedang terlibat serangkaian aktivitas hukum. Apple telah menuduh Qualcomm melakukan praktek lisensi paten secara tidak adil. Sebaliknya, Qualcomm menuduh Apple atas pelanggaran hukum paten.

Lihat juga: Grab Siapkan Kamera dan Tombol Darurat Untuk Pengemudi

Dalam pengadilan Qualcomm mengemukakan besar royalti yang belum dibayar. Apple keberatan dengan besar utang royalti kepada Qualcomm.

Apple memperdebatkan bahwa Qualcomm memaksa mereka membayar dua kali untuk paten yang sama. Sekali dibayar saat Apple menggunakan chip Qualcomm pada iPhone dan sekali lagi atas royalti paten.

Qualcomm merespons dengan mengatakan praktek itu legal. Malah kini Apple dituding sedang mencari cara untuk menghancurkan bisnis Qualcomm.

Selain soal pembayaran paten, perseturuan Qualcomm dan Apple juga terjadi karena Qualcomm menuduh Apple membocorkan rahasia perusahaan untuk membantu Intel Corp meningkatkan kualitas chip-nya.

Lihat juga: Jack Ma Mengakui Pernah Membenci Bill Gates

Dari sisi Qualcomm, manajemen mengungkapkan Apple membocorkan rahasia detil chip Qualcomm dengan salah satu insinyur Intel. Tuduhan ini juga sudah masuk dalam arsip hukum sejak beberapa bulan lalu.

Sementara itu, Apple menyebut Qualcomm menolak menjawab pertanyaan yang diajukan manajemen saat meminta penjelasan tentang spesifik rahasia perusahaan yang dibocorkan.

Intel, yang tidak disebutkan sebagai tergugat dalam gugatan Qualcomm, tidak berkomentar.

Qualcomm mengatakan kepada para investor pada Juli bahwa chip modemnya benar-benar dihapus dari generasi terbaru iPhone yang dirilis bulan ini, meninggalkan Intel sebagai pemasok tunggal.

Dahulu, ketika Apple menggunakan modem Qualcomm, perusahaan menyediakan akses ke perangkat lunak rahasia untuk membantu Apple mengintegrasikan modem ke iPhone.

Lihat juga: Sejarah Android

“Faktanya, ini tampaknya meningkatkan cipset Intel ke titik di mana Apple memutuskan untuk mengalihkan beberapa bisnis berbasis Apple Qualcomm ke Intel,” tulis Qualcomm dalam arsipnya.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Skip to toolbar