Kuliner Banten

Kalau lagi wara-wiri di Banten, jangan lupa coba masakannya dan sebagian makanan khas Banten juga bisa untuk oleh-oleh keluarga tercinta di rumah. Sebenarnya banyak macam makanan khas Banten, tetapi akan saya berikan beberapa makanan yang paling populer dari makanan khas Banten.

1. Sate Bandeng

Yang kita tahu ikan bandeng adalah sejenis ikan tawar yang mempunyai banyak duri. Sate bandeng khas Banten ini di masak dengan cara menghilangkan semua duri yang terkandung dalam tubuh ikan bandeng, sehingga dengan memakan sate bandeng ini kita tidak khawatir akan tertelan durinya yang biasa menusuk di rongga tenggorokan kita.

Menurut cerita yang beredar, makanan khas Banten yang satu ini di populerkan oleh juru masak kerajaan Banten pada abad ke 16 untuk menjamu para tamu kerajaan. Juru masak kerajaan memasak ikan bandeng dengan membuang semua durinya agar dapat dikonsumsi tanpa harus kesulitan saat dimakan.

2. Rabeg Banten

Masakan berkuah yang berbahan dasar daging dan jeroan kambing ini menjadi kebanggaan masyarakat Banten. Masakan yang satu ini disantap selagi masih hangat tentu akan semakin lahap untuk menyantapnya.

Masakan yang memiliki rasa yang sedikit pedas ini selalu menjadi incaran para pecinta kuliner khusunya yang mampir ke daerah Banten.

3. Nasi Sumsum

Makanan khas Banten yang satu ini terdiri dari bahan dasar nasi yang dicampur dengan sumsum tulang kerbau atau sapi dan memasaknya dengan cara dibungkus dengan daun pisang dan dibakar dengan arang yang membuat cita rasa masakan ini menjadi nikmat.

Awal mula nasi bakar sumsum khas Banten ini terlahir pada tahun 1941. Saat itu tukang potong hewan yang bekerja di daerah Serang melihat sisa-sisa tulang yang mubazir untuk dibiarkan.

Pada bagian dalam tulang terdapat sumsum yang tidak terpakai sehingga dibuang oleh si tukang potong, hal ini kemudian dimanfaatkan oleh sang istri. Ia mempunyai ide untuk menggunakan sumsum tersebut untuk dicampur ke dalam nasi lalu dibakar.

4. Soto khas Banten

Ciri khas dari soto ayam Banten ini adalah menggunakan kentang potong yang digoreng sebagi bahan perlengkap dan tomat yang dimasak kedalam kuah kaldu sotonya. Sedangkan untuk pemakaian bumbu dapur lainnya tidak berbeda dengan soto pada umumnya.

Sebenarnya soto ini aslinya menggunakan jeroan daging sapi bukan suwiran ayam, demi menjaga kesehatan badan, bisa juga diganti dengan suwiran ayam yang tidak akan merubah rasa soto ayam khas Banten ini.

5. Emping Menes

Emping Menes lebih tepatnya adalah cemilan khas Banten, terkhususnya berasal dari Pandegelang, Banten. Biasanya emping menes di santap untuk menemani makan nasi atau bisa juga di bilang sebagai lalapannya dan sering juga digunakan untuk campuran soto, bubur ayam dan masakan berkuah yang lainnya.

Biasanya emping menes yang dibuat dari bahan dasar melinjo atau biasa orang Pandegelang menyebutnya gerintul ini dijadikan sebagai oleh-oleh, maka dari itu kalau kalian lagi berwisata di Banten terkhususnya di Pandegelang.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Skip to toolbar