Kota Aceh

Kota Aceh – Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia. Aceh terletak di ujung utara Pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling Barat di Indonesia dengan Ibukota Banda Aceh. Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh Laut Andaman serta berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah Utara, Samudera Hindia di sebelah Barat, Selat Malaka di sebelah Timur, dan Sumatera Utara di sebelah Tenggara dan Selatan.

Aceh memiliki sumber daya alam yang melimpah termasuk minyak bumi dan gas alam serta hutannya yang terletak di sepanjang jajaran Bukit Barisan dari Kutacane di Aceh Tenggara sampai Ulu Masen di Aceh Jaya.

Aceh pertama dikenal dengan nama Aceh Darussalam kemudian Daerah Istimewa Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam dan terakhir Aceh. Sebelumnya nama Aceh biasa ditulis Acheh, Atjeh, dan Achin.

Kota Banda Aceh adalah salah satu kota yang berada di Aceh dan menjadi ibukota Provinsi Aceh, Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya. Kota Banda Aceh juga merupakan kota islam yang paling tua di Asia Tenggara, di mana kota Banda Aceh merupakan ibukota dari Kesultanan Aceh.

Aceh menempati wilayah paling ujung Barat di Pulau Sumatera dan Negara Indonesia, di mana titik terluar Negara Kesatuan Republik Indonesia terletak di Pulau Rondo sementara itu kilometer Nol Indonesia berada di Pulau Weh. Secara geografis Aceh terletak antara 2° – 6° lintang utara dan 95° – 98° lintang selatan dengan ketinggian rata-rata 125 meter diatas permukaan laut. Batas batas wilayah Aceh, sebelah utara dan timur berbatasan dengan Selat Malaka, sebelah selatan adalah satu-satunya perbatasan darat dengan Provinsi Sumatera Utara dan sebelah barat dengan Samudra Hindia. Luas Provinsi Aceh 5.677.081 ha dengan hutan sebagai lahan terluas yang mencapai 2.290.874 ha diikuti perkebunan rakyat seluas 800.553 ha. Sedangkan lahan industri mempunyai luas terkecil yaitu 3.928 ha.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Skip to toolbar