Materi Pembelajaran Sosiologi Kelas XI : Permasalahan Sosial dalam Masyarakat

Masalah sosial timbul dari kekurangan-kekurangan dalam diri manusia atau kelompok sosial yang bersumber pada faktor-faktor ekonomis, biologis, biopsikologis, dan kebudayaan. Setiap masyarakat mempunyai norma yang bersangkut-paut dengan kesejahteraan kebendaan, kesehatan fisik, kesehatan mental, serta penyesuaian diri individu atau kelompok sosial. Penyimpangan-penyimpangan terhadap norma-norma tersebut merupakan gejala abnormal yang merupakan masalah sosial.

Beberapa Masalah Sosial Penting:

  1. Kemiskinan

Kemiskinan diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental maupun fisiknya dalam kelompok tersebut. Dengan berkembangnya perdagangan ke seluruh dunia dan ditetapkannya taraf kehidupan tertentu sebagai suatu kebiasaan masyarakat, kemiskinan muncul sebagai masalah sosial. Kemiskinan dianggap sebagai masalah sosial apabila perbedaan kedudukan ekonomis para warga masyarakat ditentukan secara tegas.

  1. Kejahatan

Kejahatan disebabkan karena kondisi-kondisi dan proses-proses sosial yang sama, yang menghasilkan perilaku-perilaku sosial lainnya.

  1. Disorganisasi Keluarga

Disorganisasi keluarga adalah perpecahan keluarga sebagai suatu unit karena anggota-anggotanya gagal memenuhi kewajiban-kewajibannya yang sesuai dengan peranan sosialnya.

Bentuk-bentuk disorganisasi keluarga antara lain:

  • Unit keluarga yang tidak lengkap karena hubungan di luar perkawinan
  • Disorganisasi keluarga karena putusnya perkawinan sebab perceraian
  • Adanya kekurangan dalam keluarga tersebut
  • Krisis keluarga, karena salah satu yang bertindak sebagai kepala keluarga, di luar kemampuannya sendiri meninggalkan rumah tangga.
  • Krisis keluarga yang disebabkan oleh faktor-faktor intern.
  1. Masalah Generasi Muda dalam Masyarakat Modern

Masalah generasi muda umumnya ditandai oleh dua ciri yang berlawanan, yakni keinginan untuk melawan dan sikap yang apatis. Sikap melawan mungkin disertai dengan suatu rasa takut bahwa masyarakat akan hancur karena perbuatan-perbuatan menyimpang. Sementara, sikap apatis biasanya disertai dengan rasa kecewa terhadap masyarakat.

Pada masyarakat yang sedang mengalami transisi, generasi muda seolah-olah terjepit antara norma-norma lama dnegan norma-norma baru. Generasi tua seolah-olah tidak menyadari bahwa sekarang ukurannya bukan lagi segi usia, tetapi kemampuan. Akan tetapi, persoalannya adalah bahwa generasi muda sama sekali tidak diberi kesempatan untuk membuktikan kemampuannya.

  1. Peperangan

Peperangan mungkin merupakan masalah sosial yang paling sulit dipecahkan sepanjang sejarah kehidupan manusia. Peperangan merupakan satu bentuk pertentangan dan juga suatu lembaga kemasyarakatan. Peperangan merupakan bentuk pertentangan yang setiap kali diakhiri dengan suatu akomodasi. Peperangan mengakibatkan disorganisasi dalam berbagai aspek kemasyarakatan, baik bagi negara yang ke luar sebagai pemenang, apalagi bagi negara yang takluk.

  1. Pelanggaran terhadap Norma-norma Masyarakat
  • Pelacuran à Pekerjaan yang bersifat menyerahkan diri kepada umum untuk melakukan perbuatan-perbuatan seksual dengan mendapat upah.
  • Delinkuensi Anak-anak à Meliputi pencuran, perampokan, pencopetan, penganiayaan, pelanggaran susila, penggunaan obat-obatan perangsang dan mengendarai mobil tanpa mengindahkan norma-norma lalu lintas.
  • Alkoholisme
  1. Masalah Kependudukan

Penduduk suatu negara, pada hakikatnya merupakan sumber yang sangat penting bagi pembangunan sebab penduduk merupakan subjek serta objek pembangunan. Kesejahteraan penduduk ternyata mengalami gangguan oleh perubahan-perubahan demografis yang sering kali tidak dirasakan.

  1. Masalah Lingkungan Hidup

Pencemaran, akan terjadi apabila di dalam lingkungan hidup manusia baik yang bersifat fisik, biologis, maupun sosial terdapat suatu bahan yang merugikan eksistensi manusia. Masalah pencemaran biasanya, dibedakan dalam beberapa klasifikasi, seperti pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, serta pencemaran kebudayaan.

  1. Birokrasi

Birokrasi merupakan organisasi yang bersifat hierarkis, yang ditetapka secara rasional untuk mengordinasikan pekerjaan orang-orang untuk kepentingan pelaksanaan tugas-tugas administratif.

Contoh berita faktual dapat dilihat disini penduduk miskin berau bertambah

Penugasan:

  • Jelaskan pengertian masalah sosial !
  • Jelaskan 5 bentuk masalah sosial !

Sumber: Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

 

Tulisan ini dipublikasikan di Sosiologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco