Materi Pembelajaran 4 Antropologi Kelas XI : National Culture

Indonesia merupakan negara yang memiliki kebudayaan yang beranekaragam. Kebudayaan tersebut kebanyakan masih menjurus pada keyakinan animisme dan dinamisme. Bangsa Indonesia sadar bahwa budaya nasional mereka telah berada dalam arus globalisasi, dan untuk mempertahankan jatidiri bangsa masyarakat diberikan kebebasan untuk memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya. Negara Indonesia berpanduan pada bhineka tunggal ika, yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Sehingga dalam setiap masyarakat yang memiliki kebudayaan yang berbeda-beda tetapi tetap satu dan tergabung kedalam Indonesia.

            Upaya dalam membentuk suatu pemikiran kebersamaan dan kerjasama antar bangsa Indonesia yaitu dibutuhkan adanya rasa kekluargaan (brotherhood, bukan kinship), perasaan salaing memiliki, sehingga perlu dikembangkan baik yang berada pada tingkat keluarga, tetangga, masyarakat luas, hingg tingkat negara. Dalam bidang pendidikan nasional, penataan pola pikir harus dilakukan dalam sistem pendidikan nasional yang bertujuan untuk menghilangkan unsur-unsur yang mendorong orientasi persaingan yang berlebihan yang dapat menimbulkan suatu permusuhan dalam masyarakat.

            Terdapat berberapa unsur pemberian identitas nasional Indonesia yaitu dalam bahasa adalah bahasa Indonesia (berakar dari bahasa Melayu dan daerah), dalam teknologi yaitu teknologi arkeologi dan prasejarah, organisai sosial adalah organisasi adat dalam mengelola irigasi misal di Bali yang dikenal dengan subak, untuk keseniannya yaitu sebi tekstik tradisional seperti batik, dan lain sebagainya. Budaya nasional Indonesia ini masih mengacu pada tujuh unsur universal Indonesia.

            Budaya nasional indonesia sampai sekarang masih tercermin dalam berbagai ide, kegiatan maupun artefak. gagasan kebudayaan nasional Indonesia telah diwacanakan dalam beberapa dekade sebelum Indonesia merdeka. Konsep ini harus relevan dnegan dimensi sosial buadaya agar tidak tejadi benturan antara ide dan aktivitas. Kebudayaan nasional Indonesia memiliki identitas dan jati diri yang berasal dari nenek moyang, dan juga menerima budaya asing yang masuk yang dapat mengembangkan kebudayaan nasional menuju Indonesia yang lebih baik.

Untuk lebih memahami mengenai budaya nasional dapat mengklik

Penugasan:

  1. Jelaskan pengertian dari budaya nasional?
  2. Bagaimana penerapan dalam kehidupan sehari-hari budaya nasional Indonesia?
  3. Dari paparan diatas, berikan contoh budaya nasional dan analisis.

Refernsi:

Takari, Muhammmad. Konsep dan Aplikasi Kebudayaan Nasional Indonesia. Universitas Sumatera Utara : Fakultas Ilmu Budaya.

Swasono, Meutia. Kebudayaan Nasional Indonesia : Penataan Pola Pikir. https://www.bappenas.go.id/files/6513/5027/4523/meutia__20091015093010__2293__0.doc

Materi Pembelajaran 4 Antropologi Kelas XI : National Culture

 

Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco