Nov 28

Satuan Pendidikan                   : SMA/MA

Kelas                                                : X

Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Untuk mengunduhnya silahkan klik    SILABUS-ANTROPOLOGI-KLS-X

 

Kompetensi Dasar Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Mensyukuri keberagaman agama dan religi/kepercayaan, budaya, tradisi dan bahasa dalam kehidupan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa.  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1  Merespon   secara positif berbagai permasalahan bangsa terkait dengan keberagaman agama, religi/kepercayaan, budaya, tradisi dan bahasa di masyarakat.

 

2.2  Menunjukkan sikap toleransi dan empati dalam keberagaman agama, religi/kepercayaan, budaya, tradisi, dan bahasa.

 

3.1  Mengidentifikasi manfaat Antropologi dalam mengkaji tentang kesamaan dan keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa . Konsep dasar, peran fungsi, dan keterampilan Antropologi dalam mengkaji kesamaan dan keberagaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa. Mengamati:

Melakukan kajian literatur untuk menarik kesimpulan tentang pengertian, konsep, peran dan fungsi antropologi dalam mengkaji keunikan, kesamaan dan keberagaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa.

 

Mengunakan pengertian dan kosa kata antropologi untuk   memahami fenomena budaya melalui berbagai contoh yang ada di masyarakat setempat dan membandingkanya dengan berbagai pendapat para ahli.

 

Menanya:

Mengungkapkan dan mempertanyakan mengapa ilmu antropologi diperlukan dalam menggambarkan berbagai persoalan yang berhubungan dengan keunikan, kesamaan, dan keberagaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa.

 

Mengumpulkan data (Mengeksplorasi):

Melakukan pengamatan dan investigasi di masyarakat setempat untuk membuktikan manfaat pelajaran antropologi dalam mengungkap keunikan, kesamaan, keberagaman, keunikan budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa.

 

Mengasosiasi:

Melakukan analisis data dan menghubungkan beberapa variabel untuk memahami fakta atau fenomena yang berhubungan dengan keunikan, kesamaan, dan keberagaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa.

 

Memberikan contoh pemanfaatan ilmu antropologi dengan mengkaitkan   antara konsep-konsep dasar antropologi dengan berbagai fenomena budaya yang terjadi dalam masyarakat setempat.

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, kesimpulan,   koreksi dan saran tentang pemanfaatan antropologi dalam mengungkap/menggambarkan dan memahami keunikan, kesamaan, dan keberagaman, budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi dan bahasa.

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang pengertian, konsep, peran dan fungsi antropologi dengan rumusan kata-kata sendiri dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan.

 

Membuat laporan kajian literatur, dan laporan hasil pengamatan atau diskusi kelompok.

 

Observasi:

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,   toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

 

Portofolio

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir.

 

 

 

Tes

Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap pengertian, konsep dasar dan manfaat antropologi dalam memahami keberagaman, kedinamisan, ketahanan budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa.

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya sikap jujur, tanggung jawab, toleransi, empati sebagai ungkapan rasa syukur terhadap berbagai keunikan, perbedaan dan persamaan sebagai anugerah Tuhan.

24 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

 

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.1  Melakukan kajian literatur, diskusi, dan pengamatan terkait dengan   manfaat Antropologi dalam mengkaji tentang kesamaan dan keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa beserta unsur-unsurnya.
3.2     Menerapkan konsep-konsep dasar dan keterampilan Antropologi dalam memahami keberagaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa   beserta unsur-unsurnya yang ada di masyarakat. Budaya, perwujudan, unsur, isi atau substansi Budaya, dan nilai Budaya. Mengamati:

Melakukan kajian literatur untuk menarik kesimpulan tentang pengertian atau konsep budaya, perwujudan, unsur, isi atau substansi budaya, dan nilai budaya.

 

Menanya:

Melakukan pengamatan dan diskusi untuk membahas tentang pengertian budaya, perwujudan, unsur-unsur, dan isi atau substansi budaya.

 

Mengumpulkan data (Mengeksplorasi):

Melakukan pengamatan dan investigasi di masyarakat setempat untuk melihat bagaimana budaya mempengaruhi tata cara dan kehidupan suatu masyarakat.

 

Mengasosiasi:

Menghubungkan antara konsep budaya dengan perwujudan, unsur-unsur, isi atau substansi, dan nilai budaya yang terdapat dalam masyarakat setempat.

 

Melakukan analisis data dengan menghubungkan beberapa variabel untuk memahami fakta atau fenomena yang berhubungan dengan perwujudan,   unsur-unsur, isi atau substansi, dan nilai budaya yang terdapat dalam masyarakat setempat.

 

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, kesimpulan,   koreksi dan saran tentang perwujudan, unsur-unsur, isi atau substansi, dan nilai budaya yang terdapat dalam masyarakat setempat, serta hubungannya dengan kehidupan masyarakat.

 

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang pengertian budaya, perwujudan, unsur, isi atau substansi budaya, nilai budaya dengan rumusan kata-kata sendiri dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan.

 

Membuat laporan kajian literatur, diskusi, hasil pengamatan bersifat individual dan/atau kelompok.

 

 

Observasi:

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,   toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

 

 

Portofolio

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .

 

Tes

Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap pengertian dan konsep tentang budaya,   perwujudan, unsur, isi, atau substansi budaya , dan nilai budaya.

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya sikap jujur, tanggung jawab, toleransi, empati sebagai ungkapan rasa syukur terhadap berbagai perbedaan dan persamaan sebagai anugerah Tuhan.

21 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

 

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

 

 

 

4.2     Melakukan pengamatan, kajian literatur,   diskusi, dan berperan aktif   dalam menyikapi secara positif tentang berbagai fenomena   keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa   beserta unsur-unsurnya.

 

 

 

3.3  Menguraikan proses internalisasi nilai-nilai budaya sebagai pembentuk kepribadian dalam pembangunan karakter setiap individu

 

Internalisasi nilai-nilai budaya dalam pembentukkan kepribadian dan karakter

 

Mengamati:

Melakukan kajian literatur untuk menarik kesimpulan tentang proses internalisasi nilai-nilai budaya dalam pembentukkan kepribadian dan karakter.

 

Menanya:

Melakukan pengamatan dan diskusi untuk membahas tentang internalisasi nilai-nilai budaya dalam pembentukkan kepribadian dan karakter.

 

Mengumpulkan data (Mengeksplorasi):

Melakukan pengamatan dan investigasi di masyarakat setempat untuk melihat bagaimana proses internalisasi nilai-nilai budaya dalam pembentukkan kepribadian dan karakter.

 

Mengasosiasi:

Melakukan analisis data dengan menghubungkan beberapa variabel untuk memahami fakta atau fenomena yang berhubungan dengan proses   internalisasi nilai-nilai budaya dalam pembentukkan kepribadian dan karakter di masyarakat setempat.

 

Menghubungkan antara konsep pandangan para ahli dengan pelaksanaan proses internalisasi nilai-nilai budaya dalam pembentukkan kepribadian dan karakter di masyarakat setempat.

 

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, kesimpulan,   koreksi dan saran tentang proses internalisasi nilai-nilai budaya dalam pembentukkan kepribadian dan karakter.

 

Tugas:

 

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang pengertian internalisasi nilai-nilai budaya dalam pembentukkan kepribadian dan karakter

dengan menggunakan kata-kata sendiri dan menyebutkan sumber-sumber bacaan yang digunakan.

 

Membuat laporan kajian literatur, diskusi, hasil pengamatan bersifat individual dan/atau kelompok.

 

Observasi:

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,   toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

Portofolio

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .

Tes

Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap pengertian dan konsep tentang Internalisasi nilai-nilai budaya dalam pembentukkan kepribadian dan karakter.

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya sikap jujur, tanggung jawab, toleransi, empati sebagai ungkapan rasa syukur terhadap berbagai perbedaan dan persamaan sebagai anugerah Tuhan.

18 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

 

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.3  Mengimplementasikan internalisasi nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam rangka membentuk kepribadian dan karakter
3.4   Mengidentifikasi berbagai bentuk perilaku menyimpang dan sub-kebudayaan menyimpang beserta dampaknya   berdasarkan hasil pengamatan langsung di masyarakat setempat dan/atau berdasarkan kajian literatur dari berbagai sumber  

Perilaku menyimpang dan sub kebudayaan menyimpang

Mengamati:

Melakukan kajian literatur untuk menarik kesimpulan tentang perilaku menyimpang dan munculnya fenomena sub kebudayaan menyimpang.

 

Menanya:

Melakukan pengamatan dan diskusi untuk membahas tentang perilaku menyimpang dan terbentuknya sub kebudayaan menyimpang melalui contoh-contoh yang ada di masyarakat setempat.

 

Mengumpulkan data (Mengeksplorasi):

Melakukan pengamatan dan investigasi di masyarakat setempat untuk melihat bagaimana terjadinya sub kebudayaan menyimpang .

 

Mengasosiasi:

Menghubungkan antara konsep kebudayaan dengan fenomena perilaku menyimpang dan sub kebudayaan   menyimpang.

 

Melakukan analisis data dengan menghubungkan beberapa variabel untuk memahami fakta atau fenomena yang berhubungan dengan fenomena perilaku menyimpang dan sub kebudayaan menyimpang.

 

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, kesimpulan,   koreksi dan saran tentang perilaku dan sub kebudayaan menyimpang dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat.

 

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang Perilaku menyimpang dan munculnya fenomena sub kebudayaan menyimpang.

dengan menggunakan kata-kata sendiri dan menyebutkan sumber-sumber bacaan yang digunakan.

 

Membuat laporan kajian literatur, diskusi, hasil pengamatan bersifat individual dan/atau kelompok .

 

Observasi:

 

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,   toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,   atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

 

Portofolio

 

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .

Tes

Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap pengertian perilaku menyimpang dan sub kebudayaan menyimpang dan hubungannya dengan kehidupan masyarakat.

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya sikap jujur, tanggung jawab, toleransi, empati sebagai ungkapan rasa syukur terhadap berbagai perbedaan dan persamaan sebagai anugerah Tuhan.

18 jp

 

 

 

 

Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

 

 

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.4. Mengamati dan melakukan kajian literatur, mendiskusikan, dan menyajikan hasil kajian tentang berbagai bentuk perilaku menyimpang atau sub-kebudayaan menyimpang yang terjadi di masyarakat setempat

 

3.5  Merekonstruksi keberadaan dan keterkaitan antara budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, dan hubungan antar budaya di era globalisasi Budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, hubungan antar budaya di era globalisasi

 

Mengamati:

Melakukan kajian literatur untuk menarik kesimpulan tentang budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, hubungan antar budaya di era globalisasi.

.

Menanya:

Melakukan pengamatan dan diskusi untuk membahas tentang budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, hubungan antar budaya di era globalisasi melalui contoh-contoh yang ada di masyarakat setempat.

 

Mengumpulkan data (Mengeksplorasi):

Melakukan pengamatan dan investigasi di masyarakat setempat untuk melihat bagaimana budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, hubungan antar budaya di era globalisasi.

 

Mengasosiasi:

Melakukan analisis data, hubungan antar variabel, menghubungkan konsep kebudayaan dengan fenomena budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, hubungan antar budaya di era globalisasi.

 

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting, tanggapan/komentar, karikatur, kesimpulan,   koreksi dan saran tentang budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, hubungan antar budaya di era globalisasi.

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, hubungan antar budaya di era globalisasi

dengan menggunakan kata-kata sendiri dan menyebutkan sumber-sumber bacaan yang digunakan.

 

Membuat laporan kajian literatur, diskusi, hasil pengamatan bersifat individual dan/atau kelompok.

 

 

Observasi:

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,   toleransi, jujur, dan perilaku serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,   atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

 

Portofolio

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .

Tes

Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap pengertian budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, hubungan antar budaya di era globalisasi.

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya sikap percaya diri, kebanggan terhadap budaya lokal dan nasional, meningkatkan ketahanan budaya sebagai ungkapan rasa syukur atas anugerah Tuhan terkait dengan budaya lokal, nasional di era globalisasi.

21 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

 

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.5  Menyusun rancangan, melaksanakan, dan mengkomunikasikan (lisan, tertulis, audio-visual) penelitian sederhana tentang budaya lokal, budaya nasional, pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya di era globalisasi.

 

 

One Response to “SILABUS ANTROPOLOGI KELAS X KURIKULUM 2013”

Leave a Reply