Materi Pembelajaran Kelas XI tentang Kelompok-kelompok Sosial dalam Masyarakat

Assalamu’alaikum…

Pada postingan kali ini aku akan share materi tentang kelompok-kelompok sosial di masyarakat. Artikel ini aku ambil darai Kelompok-kelompok Sosial di Masyarakat. Semoga bermanfaat…

Pengertian kelompok sosial

Kelompok sosial Merupakan himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama, karena terdapat hubungan yang saling mempengaruhi. Masyarakat tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain karena.sejak dilahirkan manusia sudah memiliki hasrat untuk Keinginan menjadi satu dengan orang lain
dan Keinginan untuk menjadi satu dengan lingkungan alam.

Tipe-tipe kelompok sosial

  • In-group dan out-group

In group merupakan kelompok sosial dimana individu mengidentifikasikan dirinya

  • Out group merupakan kelompok sosial dimana individu diidentifikasikan sebagai lawan In groupnya.

Terbentuknya perasaan in group dan out group didasari oleh sikap etnosentrisme. Adapun pengertian etnosentrisme itu sendiri merupakan anggapan bahwa kebiasaan dalam kelompoknya merupakan yang terbaik dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Kelompok primer dan kelompok sekunder

Menurut Cooley (Soekanto,110) Kelompok primer merupakan kelompok yang ditandai dengan ciri-ciri saling mengenal antar anggotanya dan kerja sama erat yang bersifat pribadi.contohnya hubungan keluarga, teman sepermainan, rukun tetangga, dll.kelompok ini biasanya kecil dan bersifat lebih langgeng dan permanen.

Kelompok sekunder merupakan kelompok yang ditandai dengan ciri-ciri tidak saling mengenal antar anggotanya secara pribadi. dan bersifat tidak terlalu langgeng. Kelompok ini biasanya lebih besar dibandingkan dengan klompok primer. Contohnya hubungan kontrak jual beli.

Paguyuban (gemeinschaft) dan patembayan (gesselschaft)

Paguyuban (gemeinschaft) merupakan bentuk kehidupan bersama di mana anggota-anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni, alamiah, dan kekal.didasarkan atsan perasaan cinta dan batin ynag memang telah dikodratkan. Kelompok ini juga disebut kehidupan nyata dan organis. Contohnya yaitu keluarga, kerabat, tetangga, dll.

Menurut Tonnies, paguyuban memiliki ciri-ciri:

  • Intimate: hubungan menyeluruh yang mesra
  • Private: hubungan yang bersifat pribadi dan menyangkut beberapa orang saja.
  • Exclusive: hubungan tersebut hanya untuk kita saja, tidak untuk orang diluar kita.Adapun tipe dari paguyuban yaitu:
  • paguyuban karena ikatan darah
  • paguyuban karena kesamaan tempat
  • paguyuban karena kesamaan jiwa-pikiran

    Patembayan (gesselschaft) merupakan bentuk kehidupan bersama di mana anggota-anggotanya diikat oleh ikatan lahir yang berlangsung dalam jangka waktu yang pendek. Bersifat sebagai suatu bentuk pikiran belaka (imaginary) serta mekanis. Contohnya yaitu hubungan perjanjian antar pedagang, organisasi, pabrik, atau industri, dll.

Formal group dan informal group

Formal group merupakan kelompok yang mempunyai aturan tegas dan sengaja diciptakan masyarakatuntuk mengatur hubungan yang terdapat dalam masyarakat tersebut contoh: organisasi

informal group merupakan kelompok yang tidak mempunyai struktur, aturan, dan organisasi tertentu. Kelompok ini terbentuk karena pertemuan yang berulang. Dan didasari oleh kepentingan dan pengalaman yang sama. Contohnya: klik (klique)

Membership group dan reference group

Membership group merupakan kelompok di mana anggota-anggotanya secara fisik menjadi anggota dari kelompok tersebut.

reference group merupakan kelompok yang menjadi acuan bagi seseorang yang bukan berasal dari kelompok tersebut untuk membentuk pribadi dan perilakunya.

Kelompok okupasional dan volunter

Kelompok okupasional merupakan kelompok yang kemunculannya disebabkan oleh semakin memudarnya fungsi kekerabatan, kelompok ini muncul karena anggotanya memiliki pekerjaan sejenis. Seperti kelompok profesi, farmasi, dll

Volunter merupakan kelompok yang kemunculannya disebabkan oleh adanya kepentingan yang sama, akan tetapi tidak mendapat perhatian dalam masyarakat.

Kelompok sosial yang tidak teratur

Kerumunan adalah kehadiran orang-orang secara fisik belaka tanpa terorganisir.berkumpul secara kebetulan karena ada sebab-sebab tertentu.dalam waktu dan tempat ynag bersamaan.
Publik adalah kelompok yang bukan berupa kesatuan. Terjadi secara tidak langsung melalui media komunikasi tertentu seperti TV, radio, surat kabar, dll.

Masyarakat Pedesaan (Rural Community) dan Masyarakat Perkotaan (urban Community)

Unsur-unsur dalam komuniti:

  • Seperasaan
  • Sepenanggungan
  • Saling memerlukan

Masyarakat Pedesaan (Rural Community) merupakan masyarakat yang memiliki hubungan yang erat dan mendalam. Sistem kehidupan berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Masyarakat Perkotaan (urban Community) merupakan masyarakat yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Kehidupan beragama kurang
Dapat mengurus dirinya tanpa bergantung pada orang lain
Ada pembagian kerja
Pikiran rasional
Perubahan sosial tampak secara nyata.
Kelompok- kelompok kecil (small group)

Merupakan kelompok yang sekurang- kurangnya memiliki dua anggota ynag saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu dan menganggap bahwa hubungan itu penting.

Untuk mendalami materi yang lebih lengkap, silahkan buka link di bawah ini:
kumpulan materi sosiologi kelas xi (berdasarkan kurikulum 2013)

Materi sosiologi kelas XI

Pengayaan!

  1. Carilah sumber-sumber lain yang memuat materi di atas, bandingkan dengan isi materi yang telah ditulis tersebut. Kemudian lengkapi kekurangan yang ada. ?
  2. Carilah contoh kelompok sosial yang ada di tempat tinggalmu minimal 3?
    Analisislah kelompok sosial tersebut?
    Sumber referensi

Elisanti, dan Rostini Tintin. 2009. Sosiologi I: untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Soerjono Soekanto. 2003. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco