Belian Mentiu: Ritual Adat Pemenyembuhan Penyakit Suku Bangsa Dayak

Assalamu’alaikum…

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel yang saya buat untuk memenuhi tugas kuliah. Artikel dibawah ini membahas tentang traditional medecine orang dayak. Ketika seseorang terkena penyakit maka suku bangsa dayak ini mempunyai cara sendiri untuk menyembuhkan. Indonesia merupakan negara yang mempunay banyak sekali keberagaman, salah satu dalam hal budaya. Cara sesorang beradaptasi mempunyai ke khasan sendiri. Tidak bisa disamakan antara kebudayaan yang ada di bagian timur dengan bagian barat di indonesia. Berikut ini akan di deskripsikan mengenai konsep medis suku bangsa dayak yang merupakan ulasan dari tayangan video “Doctors Go Wild”. Konsep medis masyarakat Dayak masih mengacu pada sistem tradisional. Dalam dunia antropologi disebut dengan etnomedicine, yaitu sistem pengobatan lokal. Berbeda dengan masyarakat umum jaman sekarang yang telah menganut pengobatan modern, suku bangsa dayak mempunyai cara khusus untuk menyembuhkan sebuah penyakit yaitu dengan ritual adat yang disebut dengan Belian Mentiu. Ritual ini dipandu oleh seorang belian (orang yang membantu proses penyembuhan). Orang yang terkena sakit seperti kaki tidak bisa digerakan diposisikan di tengah ruangan. Jika sudah dewasa maka orang sakit tersebut akan tidur diatas ranjang khusus yang telah dibuat dan didesain sedemikian rupa ala khas upacara adat. Namun untuk anak-anak bisa dipangku oleh ibunya.

Sepanjang proses penyembuah ada hal yang tidak bisa dilupakan, yaitu sesaji, alunan musik seperti gamelan, dan tarian. Sesaji ini digunkan sebagai persembahan kepada para leluhur dan roh yang membatu penyembuhan. Sedangkan alunan musik dan tarian merupakan kombinasi sempurna untuk memanggil roh-roh halus. Alunan musik ditabuh sepanjang perjalan adat ini berlangsung sedangkan tarian dilakukan oleh sang tabib sebagai tanda bahwa roh leluhur telah memsuki tubuhnya. Selain itu tabib tersebut juga membacakan mantra Belian Mentiu yang digunakan untuk menyembuhkan sakit. Masyarakat dayak menganggap bahwa kaki yang tidak bisa digerakan merupakan ada sebagian jiwa yang telah hilang dan perlu untuk dikembalikan. Sedangkan menurut diagnose dokter itu mengacu pada penyakit struk.

Berdasarkan cerita singkat diatas dapat di ketahui bahwa masyarakat adat masih memegang erat keyakinan terhadap roh-roh halus dalam proses pengobatan. Dalam istilah antropologi disebut dengan sistem medis personalistik yang disebabkan oleh intervensi agen (serangan) mahluk halus atau mahluk manusia. Masyarakat meyakini bahwa seseorang yang terkena sakit adalah gangguan dari mahluk halus sehingga dalam proses penyembuhanya di lakukan secara sacral yaitu upacara adat. Dalam ritual ini sistem perawatan medis dilakukan dengan menggunakan media tanaman dan dukun. Secara praktik para dukun ini melakukan proses penyembuhan yang telah diwariskan secara turun temurun. Jika kita tanyakan, mungkin tidak catatn tertulis mengenai panduan Belian Mentiu, namun tradisi ini tetap berlangsung karena pewarisan budaya dengan selalu mempraktikan budaya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco