Jurusan Pendidikan Sosiologi & Antropologi Fis Unnes menyelenggarakan Studium General dengan tema The Use of Schoolbook as An Educational Online Portal Utilized for Teaching, Learning and Reserch. Narasumber berasal dari negara tetangga Thailand Prof. Luis Cormelo L Buenaventura dari Dela Salle Univercity.

Studium General tersebut dibuka langsung oleh Kepala Jurusan Sosiologi dan Antropologi Bapak Kuncoyo Bayu Prasetyo. Beliau menyampaikan bahwa kedatangan Prof. Buenaventura atau lebih dikenal dengan Dr. B merupakan kesempatan bagus bagi para mahasiswa untuk mengetahui lebih luas tentang kebudayaan.

Peserta Studium General terdiri dari mahasiswa sosant semester satu, tiga, dan lima. Materi yang diberikan pun cukup menarik perhatian audience. Dr B menyampaikan bahwa Schoolbook merupakan gagasan inovasi di dunia pendidikan yang memberikan kemudahan bagi orang tua mengontrol perkembangan belajar anaknya.

Selain itu aplikasi ini merupakan ramah lingkungan karena tidak menggunkan kertas sebagai lembar soal, lembar ujian, hasil penilaian, dan sebagainya. Aplikasi ini memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berdiskusi mengenai materi yang belum di mengerti ataupun solusi bagi mahasiswa yang malu bertanya ketika pembelajaran berlangsung.

Acara yang dimoderatori oleh ibu Ninuk Sholikhah Akhiroh ini sukses digelar. Beberapa diantara audience aktiv bertanya dengan menggunakan bahasa inggris. Selain mendapatkan ilmu, audience juga mampu mengasah kemampuan bahasa inggrisnya.