PEMERATAAN PEMBANGUNAN DI DUSUN DELIK SARI DITINJAU DARI TEORI MODERNISASI

Assalamu’alaikum…

Kali ini saya akan memosting salah satu artikel dari tugas kuliah mata kuliah sosoilogi pembangunan. Artikel ini berisi tentang keadaan dusun delik sari di tengah pembangunan yang semakin berkembang. Seperti sebelumnya, please sent argumen kamu mengenai artikel ini ke email wafianamuf.wm@gmail.com agar kita bisa bertukar pikiran. Selamat membaca…

Pembangunan merupakan suatu fenomena yang menjadi tujuan utama berjalannya kehidupan setiap negara di dunia. Pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang terjadi secara terus menerus menuju pada kondisi yang lebih baik, namun dalam setiap proses pembangunan banyak terjadi masalah yang terjadi. Salah satunya adalah kemiskinan. Kemiskinan merupakan suatu fenomena yang terjadi disetiap negara dan dapat menjadi barometer maju mundurnya pembangunan disuatu negara.

Dusun Delik Sari merupakan salah satu dusun yang terletak di Desa Sukorejo, kecamatan Gunung Pati, Kabupaten Semarang yang mempunyai tingkat kemiskinan tinggi. Hal ini karena rata-rata masyarakat berprofesi sebagai pemulung dan sopir angkot. Kondisi ini diperparah dengan ketidakmerataan pembangunan. Pemerintah telah menyalurkan tangannya untuk membantu keluar daari jalur kemiskinan, namun bantuan hanya sekedar menyalurkan. Banyak terjadi ketidak adilan dalam proses pembangunan karena ketidaktahuan masyarakat untuk mengelola bantuan tersebut. Stereotip masyarakat sendiri mengenai keturunan pemulung dan orang pinggiran juga merupakan salah satu factor yang menyebabkan masyarakat terus terikat dalam jurang kemiskinan. Selanjutnya…

REFLEKSI KEHIDUPAN SEHARI-HARI ORANG JAWA DENGAN MATERI RELIGI DAN ETIKA JAWA

Jawa merupakan daerah yang penuh dengan kearifan lokal. Pandangan hidup yang dijunjung tinggi. Milai-nilai yang sudah mendarah daging dari generasi ke generasi. Walaupun dizaman yang sudah modern seperti sekarang ini, nilai-nilai jawa masih tetap dipegang teguh walaupun terkadang orang yang menjalankannya tidak menyadarinya. berikut saya akan mengulas kehidupan orang jawa yang masih berpegang teguh terhadap nlai-nilai orang jawa.

Dalam kehidupan bermasyarakat, orang jawa mempunyai konsep menghormati. Baik dari segi perilaku dan tata bahasa. Orang jawa sangat memperhatikan dua hal tersebut. Misalnya dari segi tata bahasa dapat menunjukan perbedaan hierarki, usia, status, jabatan, kedudukan dan kekerabatan. Tidak sembarangan seseorang berbicara dengan orang lain. Orang jawa menyebutnya dengan tatakrama. Ketika seorang yang mempunyai jabatan tinggi kepala desa misalnya, maka dalam berperilaku dan bertutur kata akan berbeda dengan orang yang tidak mempunyai jabatan tinggi. Jika di desa saya, hal ini bisa dilihat dengan menggunakan simbol jempol untuk mempersilahkan dan diikuti dengan badan yang agak membungkuk. Secara sadar atau tidak masyarakat sudah mengkonstruksikan bahwa hal itu harus dilakukan untuk menghormati. Kondisi tersebut juga berlaku bagi orang yang sudah berusia tua atau sesepuh desa.

Anak-anak diajarkan untuk mematuhi aturan-aturan yang berlaku dimasyarakat agar sang anak dapat menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar yaitu hidup rukun. Ketika berbicara dengan sesame usianya diperbolehkan menggunakan bahasa ngoko namun kepada yang lebih tua maka diwajibkan atau dianjurkan menggunakan bahawa krama inggil atau bahasa Indonesia kalau sekarang. Jika tidak begitu maka anak tersebut akan dikenakan sangsi sosial seperti cemohoan atau gossip dan dianggap tidak ngajeni (menghormati). Selanjutnya…

KEBUDAYAAN SEBAGAI SISTEM KOGNITIF DAN SISTEM SIMBOLIK

Assalamu’alaikum…

Pada postingan kali ini saya akan menbagikan artikel tentang teori tentang kebudayaan dilihat dari sistem kognitif dan simbolik. Artikel ini ditulis untuk memnuhi tugas mata kuliah teori antropologi. Jangan lupa sent argumen kamu mengenai tulisan ini ke email wafianamuf.wm@gmail.com agar kita bisa bertukar pikiran. Selamat mambaca…

Kebudayaan sebagai Sistem Kognitif

Definisi mengenai kebudayaan mempunyai beragam arti, sama halnya dengan makna kebudayaan karena dipengaruhi oleh situasi yang ada dalam masyarakat yang berbeda. Kebudayaan sebagai sistem kognitif muncul akibat dari pertanyaan-petanyaan bagaimana cara seseorang berfikir terhadap suatu hal. Mengetahui pemikiran sesseorang berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Kebudayaan berupa pengetahuan yang menentukan bagaimana manusia harus bertindak atau berperilaku. Roger M. Keesing mengatakan kebudayaan sebagai sistem kognitif tidak bisa terpisahkan dengan etnosaintic atau sering di artikan sama dengan etnoscience. Etnoscientic berawal dari pemikiran bahwa kebudayaan sebagai sistem kognitif.

Goodenough mengemukakan bahwa kebudayaan merupakan sistem kognitif yang terdiri atas pengetahuan, kepercayaan, dan nilai yang berada dalam pikiran anggota-anggota individual masyarakat. Dari hal tersebut dapat diartikan bahwa kebudayaan tidak hanya dapat dilihat secara nyata melainkan secara tersembunyi namun mempunyai peranan penting karena perilaku individu juga ditentukan oleh pengetahuan yang dimiliki. Nilai budaya tersebut merupakan konsep yang hidup dalam pikiran manusia. Menjadi bernilai tinggi dalam hidup sebagai pedoman bertingkah laku dalam masyarakat. Kemudian kepercayaan juga membentuk pengalaman seseorang, baik pengalaman pribadi maupun sosial

Goodenough mendeskripsikan kebudyaan sebagai sistem kognitif sebagai berikut: Selanjutnya…

Agama dan Masyarakat

Agama di tentukan masyarakat atau agama yang menentukan masyarakat?

Assalamu’alaikum…

Pada postingan kali ini saya akan membahas tetang agama dan masyarakat. Artikel ini saya buat untuk memenuhi tugas mata kuliah Sosilogi Agama. Mungkin kamu yang membaca artikel ini ada yang bingung atau mempunyai pandangan lain tentang agama dan masyarakat. So, sent argumen kamu ke email wafianamuf.wm@gmail.com ya agar kita bisa bertukar pikiran. Selamat membaca…

Manusia merupakan mahluk ciptaanTuhan yang paling sempurna. Anugrah yang diberikan berbeda dengan mahluk lainya adalah akal. Dari akal tersebut manusia mempunyai sikap untuk beradabtasi dengan baik. Berkat anugrah tersebutlah manusia menghasilkan sebuah kebudayaan. Kebudayaan tersebut yang mengatur segala tingkah laku individu di masyarakat. Aturan dibuat berdasarkan dengan kesepakatan masyarakat yang bercemin pada kondisi di masyarakat. Namun ada hal yang tak pernah ditinggalkan oleh manusia adalah kepercayaan terhadap Tuhanya.

Orang beragama mungkin karena menginginkan hidup yang lebih baik karena dalam agama mengajarkan moralitas, cara berkehidupan yang benar di dalam masyarakat. Agama banyak mempengaruhi kehidupan seseorang dalam bertingkah laku, misalnya dalam ajaran islam terdapat konsep pahala. Pahala tersebut yang kemudian menjadi tujuan bagi setiap umat muslim sebagai bekal menuju surga sehingga orang berbondong-bondong melakukan kebaikan demi mendapatkan pahala.

Kemudian semangat kapitalisme yang di cetuskan oleh Max Weber, menggambarkan bahwa ketika melakukan pekerjaan maka contohlah semangat bekerja dari ajaran protestan. Etika protestan mengajarkan manusia untuk mendaptkan uang, mengatur, uang dan menggunakan uang dengan sebaik-baiknya. Kurberger mengatakan mereka membuat lilin dari ternak dan uang dari manusia (Weber, 2015). Semua itu ditujukan untuk meningkatkan modal yang dianggap sebagai tujuan dari dirinya, namun sebenarnya itu merupakan sebuah etos atau etika yang harus dimiliki oleh seorang protestan.

Disisi lain masyarakat juga mempunyai pengaruh terhadap agama. Agama yang berkembang di masyarakat bukan lagi agama yang murni hanya wahyu yang diberikan oleh Tuhan, namun masyarakat dapat mempengaruhi agama. Misalnya, sistem symbol dalam keagamaan. Masjid identik dengan orang islam. Gereja identik dengan orang Kristen. Pure identik dengan orang hindu. Pemaknaan semacam itu telah mendapatkan pengaruh dari kebudayaan manusia sendiri bukan berasal langsung dari Tuhan. Manusia yang dianugerahi akal untuk berfikir mengklasifikasikan hal tersebut agar mudah untuk dipahami dan dibedakan.

Masyarakat merupakan salah satu objek untuk melestarikan agama dan tradisinya. Setiap agama pasti mempunyai ritualnya masing-masing. Disinilah manusia berperan untuk selalu melesatarikan sebuah agama tertentu.

Dampak Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan Terhadap Perekonomian Di Sektor Pertanian Dan Pariwisata Kabupaten Kebumen

Pembangunan infrastruktur merupakan salah tonggak dari sebuah suksesnya peradaban

Assalamu’alaikum…

Postingan kali ini saya akan berbagi artikel tentang dampak dari pembangunan bagi masyarakat. Artikel ini merupakan tugas dari mata kuliah Antropologi pembangunan. Seperti biasa sent argumen kamu mengenai artikel ini ke email wafianamuf.wm@gmail.com agar kita bisa bertukar pikiran. Selamat membaca…

Infrastruktur merupakan factor penting dalam sebuah pembangunan. Pembangunan infrastruktur berpengaruh terhadap kemudahan warga mengolah sumber daya alam dan aksesibiltas yang mampu menciptakan proses produksi sehingga memberikan kesejahteraan bagi warga setempat. Selain berpengaruh terhadap kesejahteraan sosial masayrakat dalam mobilitas , juga berpengaruh terhadap kondisi perekonomian warga.

Beberapa kasus di indonesia membuktikan bahwa kondisi infrastruktur berpengaruh terhadap roda perekonomian warga. Seperti yang terjadi di Kabupaten Brebes, aktivitas perekonomian warga Desa Petunjungan Kecamatan Bulakamba mengalami penurunan karena kondisi jalan yang rusak akibat kendaraan armada jalan tol Pejagan-Pemalang (Brebesnews.co). Kondisi yang sama terjadi di Kabupaten Kebumen di bidang pariwisata. Para wisatawan sedikit banyak mengurungkan niatnya untuk berwisata ke sejumlah pantai atau bukit karena kondisi jalan yang buruk. Selanjutnya…

RELASI PATRON-KLIEN ANTARA TENGKULAK DENGAN PETANI KECIL

Assalamu’alaikum…

Postingan kali ini saya akan membahas tentang hubungan patron klien antara tengkulak dengan petani. Artikel ini merupakan tugas dari mata kuliah sosiologi politik. seperti biasa, jangan lupa sent argumen kamu mengenai artikel ini ke wafianamuf.wm@gmail.com agar kita bisa bertukar pikiran. Selamat membaca…

Di era yang semakin modern, teknologi dan informasi berkembang dengan pesat. Alat-alat pertanian serta bibit tanaman unggul pun sedang digalakan oleh pemerintah. Di kabupaten kebumen sumber penghasilan terbesar berasal dari pertanian. Dengan luas lahan sawah 39.748 hektar para petani berusaha memperbaiki kondisi perekonomianya dengan bertani (BPS, 2015). Namun kenyataannya proses produksi yang tinggi tidak diseimbangi dengan keuntungan hasil produksi yang tinggi pula. Dalam hal ini adalah para petani kecil di Desa Sawangan Kabupaten Kebumen. Para petani kecil mempunyai kebergantungan ekonomi, sosial, kesehatan, dan sebagainya kepada para tengkulak padi. Hal itu terjadi karena para tengkulak seringkali membantu ketika petani kecil membutuhkan bantuan. Selanjutnya…

Pernikahan Siri

Assalamu’alaikum…

Kalian pernah denganr tentang pernikahan siri? Beberapa tahun terakhir pernikahan siri menjadi tren dikalangan masyarakat indonesia. Khususnya bagi para pejabat atau artis. Nah pada postingan kali ini saya akan membahas tentang fenomena pernikahan siri dan dampaknya bagi keluarga. PPT ini merupakan tugas dari mata kuliah sosiologi keluarga. Jangan lupa ya kirim argumen kamu mengenai postingan ini ke wafianamuf.wm@gmail.com agar kita bisa bertukar pikiran. Selamat memebaca…

pernikahan siri

Belian Mentiu: Ritual Adat Pemenyembuhan Penyakit Suku Bangsa Dayak

Assalamu’alaikum…

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel yang saya buat untuk memenuhi tugas kuliah. Artikel dibawah ini membahas tentang traditional medecine orang dayak. Ketika seseorang terkena penyakit maka suku bangsa dayak ini mempunyai cara sendiri untuk menyembuhkan. Indonesia merupakan negara yang mempunay banyak sekali keberagaman, salah satu dalam hal budaya. Cara sesorang beradaptasi mempunyai ke khasan sendiri. Tidak bisa disamakan antara kebudayaan yang ada di bagian timur dengan bagian barat di indonesia. Berikut ini akan di deskripsikan mengenai konsep medis suku bangsa dayak yang merupakan ulasan dari tayangan video “Doctors Go Wild”. Konsep medis masyarakat Dayak masih mengacu pada sistem tradisional. Dalam dunia antropologi disebut dengan etnomedicine, yaitu sistem pengobatan lokal. Berbeda dengan masyarakat umum jaman sekarang yang telah menganut pengobatan modern, suku bangsa dayak mempunyai cara khusus untuk menyembuhkan sebuah penyakit yaitu dengan ritual adat yang disebut dengan Belian Mentiu. Ritual ini dipandu oleh seorang belian (orang yang membantu proses penyembuhan). Orang yang terkena sakit seperti kaki tidak bisa digerakan diposisikan di tengah ruangan. Jika sudah dewasa maka orang sakit tersebut akan tidur diatas ranjang khusus yang telah dibuat dan didesain sedemikian rupa ala khas upacara adat. Namun untuk anak-anak bisa dipangku oleh ibunya.

Selanjutnya…

Skip to toolbar