MANAJEMEN WAKTU !!!

PUSING MEMANAJEMEN WAKTU??

                  Waktu itu ibarat uang, sangatlah berharga. Tapi bedanya, uang bisa saja kita dapatkan kembali jika hilang atau mungkin kita bisa mendapatkan gantinya, sedangkan waktu yang hilang sampai kapanpun tidak akan pernah bisa kembali. Lalu sudah seberapa maksimalkah kita memanfaatkan waktu kita yang berharga ini ? Kebanyakan dari kita hanya menghabiskan waktu dengan sia-sia dan akhirnya menyesal. Sebenarnya jika kita ingin mengatur kehidupan kita, merubahnya menjadi menyenangkan itu mudah saja, yang kita butuhkan adalah mengatur waktu kita sebaik-baiknya. Pengaturan waktu yang efektif merupakan hal yang mendasar untuk lingkup berbagai wilayah kehidupan.

Lalu apa itu manajemen waktu ?

Manajemen waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu. Waktu menjadi salah satu sumber daya unjuk kerja. Sumber daya yang mesti dikelola secara efektif dan efisien. Efektifitas terlihat dari tercapainya tujuan manajemen waktu yang telah ditetapkan sebelumnya.Dan efisien tidak lain mengandung dua makna,yaitu: makna pengurangan waktu yang ditentukan, dan makna investasi waktu menggunakan waktu yang ada.

Tips Manajemen Waktu

  1. Gunakan skala prioritas untuk mengerjakan sesuatu

Skala prioritas yang dimaksud adalah mendahulukan mengerjakan sesuatu berdasarkan tingkatan kepentingannya. Suatu ketika anda akan dihadapkan dengan pilihan antara menyelesaikan satu pekerjaan tertentu dengan pekerjaan lainnya. Saat itulah anda harus bisa menentukan mana kegiatan yang lebih penting dan harus didahulukan.

berikut skala prioritas :

a. Penting dan mendesak

b. tidak penting tapi mendesak

c. penting dan tidak mendesak

d. tidak penting dan tidak mendesak

2. Buat Rencana Jangka Pendek dan Jnagka Panjang

3. Gunakan setiap waktu luang untuk sesuatu yang bermanfaat

 

Sumber :

http ://anggiputrifik.blogspot.co.id

https://www.kembar.pro/2015/08/tips-mengatasi-manajemen-waktu-yang-tidak-tersistematis.html

 

 

 

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Skip to toolbar