pengertian mouse komputer dan fungsinya

Mouse komputer merupakan perangkat keras yang termasuk dalam golongan perangkat input (masukan). Fungsi mouse komputer adalah mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol pada mouse komputer. Di dalam perangkat mouse ini, terdapat sebuah bola kecil yang akan menangkap pergerakan mouse dan mentransfer sinyal listrik ke perangkat pemroses (CPU). Dengan demikian, mouse komputer dapat secara cepat melakukan kinerjanya sebagai perangkat masukan.

Berikut ini dapat Anda simak beberapa fungsi mouse komputer:

  1. Memberikan perintah ke komputer dengan cara menggerakkan mouse di permukaan khusus mouse komputer (Mouse Pad).
  2. Menunjukkan letak kursos di layar monitor.
  3. Melakukan kegiatan memasukkan perintah yang disebut: klik, klik ganda (double click), klik tahan dan geser (drag and drop click), serta klik kanan.
  4. Melakukan scrolling layar untuk melihat seluruh bagian dalam program yang sedang dibuka dengan cara menggeser roda scroll.
  5. Mempercepat dan mempermudah pekerjaan desain grafis, gaming dan sebagainya.
  6. Mengontrol perbesaran visual suatu objek.
  7. Mengaktifkan fitur coommnd button serta melakukan perintah pada suatu aplikasi.
  8. Memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet.
  9. Melakukan transfer sinyal elektronik dari pergerakan mouse menuju ke perangkat pemroses.
  10. Dan masih banyak lagi.

Mouse komputer yang bagus pun juga harus Anda perhatikan, berikut adalah kiat memilih mouse komputer:

Harga harus diprioritaskan

Dalam memilih mouse komputer yang bagus, pertama kali Anda harus memperhatikan soal harga. Mengapa demikian? Sebab, harga juga akan berpengaruh ke aspek kualitas. Baik itu kualitas dalam segi fitur maupun keawetan penggunaan. Perlu juga untuk menyesuaikan harga dengan budget yang Anda miliki. Rekomendasi mouse komputer yang terbukti kualitasnya sesuai dengan harganya adalah mouse bermerk Logitech. Mouse dengan merk itu memiliki kinerja yang cukup bagus dalam waktu yang lama, bisa lebih dari satu tahun pemakaian sering. Jadi, awal mula jikalau ingin memiliki perangkat mouse komputer yang bagus adalah mempertimbangkan soal harga dan kualitas.

Ergonomis adalah pilihan kedua

Jangan mentang-mentang melihat desain mouse komputer yang unik serta lucu, Anda tertarik lalu memutuskan untuk membeli. Hal itu merupakan kesalahan bagi sebagian besar konsumen saat ini. Kedepankan kenyamanan, sebab tujuan utamanya adalah pemakaian jangka panjang, bukan? Untuk hal ini, Anda bisa terlebih dahulu melihat dan mencoba mouse komputer yang akan Anda beli. Pastikan pula mouse komputer incaran Anda bisa cocok dan nyaman untuk digunakan sesuai aktivitas sehari-hari dalam mengoperasikan komputer.

Frekuensi pemakaian juga butuh perhatian

Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa ketahanan mouse komputer dipengaruhi oleh banyaknya klik ketika menggunakannya. Jadi, apabila Anda memiliki pekerjaan di depan komputer dengan pemakaian yang cukup sering, maka pastikan bahwa merk dari mouse komputer yang akan Anda beli memiliki kriteria kualitas terbaik. Sebagaimana poin satu, sesuaikan harga dan kualitas dari mouse komputer tersebut. Pun, pilihlah merk yang menawarkan garansi.

Tekstur pun tidak boleh dilupakan

Sangat jarang diperhatikan oleh pengguna adalah soal tekstur mouse komputer. Usahakan untuk memilih mouse dengan tekstur dop, yang bercirikan bodi mouse tidak mengkilap. Tak lain adalah untuk menghindari mouse komputer cepat kotor sehingga tidak mengganggu aktivitas komputerisasi Anda.

Demikian beberapa hal penting yang dapat penulis sampaikan terkait pengertian, fungsi dan cara memilih mouse komputer yang bagus. Semoga informasi ini dapat memberi manfaat kepada Anda soal ilmu komputer. Terima kasih dan sampai jumpa. (Baca juga tentang: Cara Mengoperasikan Komputer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: