Fungsi Jaringan Peer To Peer dan Client Server

Fungsi Jaringan Peer To Peer dan Client Server.Tipe jaringan terbagi menjadi dua macam Berbasis server & peer to peer,yang berkaitan erat dengan posisi host yang terkait dalam suatu jaringan,host berfungsi sebagai pengguna atau penyedia resource.Tipe jaringan tersebut memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing dan berbeda-beda bila dilihat dari segi kemampuan.Langsung saja untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan anda baca berikut ini:

Fungsi Jaringan Peer To Peer dan Client Server

Jaringan Peer To Peer dan Client Server
Jaringan peer to peer  pada setiap komputer memiliki fungsi yang sama dan dapat berhubungan/berkomunikasi dengan komputer lain yang sudah memberi izin.jadi dapat kita simpulkan bahwa setiap komputer pada jaringan peer berfungsi sebagai client dan juga sebagai server.Jaringan tipe ini disebut dengan dedicated server karena berperan menjadi server satu-satunya yang menyediakan layanan berupa:akses internet,file,email,dan lain-lain. biasanya jenis ini digunakan di sebuah kantor kecil dengan jumlah komputer yang tidak banyak,kurang lebih sepuluh worktation.Keuntungan & kelemahan menggunakan jenis jaringan ini diantarannya sebagai berikut:

Kelebihan menggunakan jaringan peer to peer

  • Tidak perlu memerlukan investasi tambahan dalam pembelian software & hardware server.
  • Setup mudah dan harga murah menjadikan jaringan ini tidak memerlukan seorang admin jaringan.
  • Jika salah satu server mati,jaringan tidak akan mengalami dampaknya,karena jaringan tidak menggantungkan pada satu server.

kekrurangan menggunakan jaringan peer to peer

  • Trouble shooting pada jaringan tidak mudah,dikarenakan setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam sebuah komunkasi yang ada di jaringan tersebut.
  • Cara kerjannya lebih rendah bila dibandingkan dengan jaringan client-server,karena setiap komputer/peer mengelola fasilitas jaringan dan juga mengelola pekerjaan dan aplikasi sendiri.
  • Setiap user mengatur keamanan masing-masing pada fasilitas jaringan yang dimilikinya.
Fungsi Jaringan Peer To Peer dan Client Server
Jaringan Client Server/Berbasis Server adalah sebuah jaringan yang mengfungsikan salah satu dari beberapa komputernya digunakan sebagai server/induk bagi komputer lain.client-server dapat diartikan dengan adanya server pada sebuah jaringan yang menyediakan konsep pengelolaan dan pengamanan jaringan tersebut.jaringan tipe ini terdiri dari beberap server dan client.client akan diberikan layanan berupa pencetakan dan penyimpanan data dengan metode yang tepat.
Jenis client server memiliki keuntunungan & kelemahan diantarannya:
Keuntungan:
  • Mudah melakukan backup data karena setiap user dapat mengakses data yang terpusat di server.
  • Pengelolaan khusus oleh server dan tidak dibebani oleh worktation menjadikan akses lebih cepat.
  • Sistem adminstrasi yang baik dan keamanan yang tinggi,karena dikelola dan diawasi oleh administrator jaringan.
Kelemahan:
  • Biaya operasional yang cukup mahal.
  • Satu komputer harus memiliki spesifikasi yang baik untuk dijadikan sebagai server.
  • Jika server memiliki gangguan,akan mengakibatkan jaringan terganggu dikarenakan kelangsungan jaringan bertergantungan pada server.

Demikian ulasan mengenai Fungsi Jaringan Peer To Peer dan Client Server,semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan saudara,jika belum jelas dapat ditanyakan melalui komentar yang tersedia di bawah artikel ini.Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: