Membangun Rumah Ilmu untuk mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi bersama AKNes (Aliansi Konservasi Unnes) #1

  Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai Universitas Konservasi Bereputasi, yuk kita cari tahu terlebih dahulu apa sih arti konservasi yang sebenarnya?
  
  Pengertian Konservasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kon.ser.va.si
[n] (1) pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dng jalan mengawetkan; pengawetan; pelestarian; (2) proses menyaput bagian dalam badan mobil, kapal, dsb untuk mencegah karat.

  Konservasi itu sendiri merupakan berasal dari kata Conservation yang terdiri atas kata con (together) dan servare (keep/save) yang memiliki pengertian mengenai upaya memelihara apa yang kita punya (keep/save what you have), namun secara bijaksana (wise use). Ide ini dikemukakan oleh Theodore Roosevelt (1902) yang merupakan orang Amerika pertama yang mengemukakan tentang konsep konservasi.

  Konservasi adalah upaya pelestarian lingkungan, tetapi tetap memperhatikan, manfaat yang dapat di peroleh pada saat itu dengan tetap mempertahankan keberadaan setiap komponen lingkungan untuk pemanfaatan, masa depan.

AKNes FT

AKNes FT

  
  Dari beberapa pengertian di atas dapat kita simpulkan gambaran bagaimana cara mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi. Salahsatu bentuk kepedulian mahasiswa guna mewujudkan Universitas Konservasi adalah AKNes (Aliansi Konservasi Unnes) yang dipelopori oleh Waliyudin salah satu mahasiswa Teknik Kimia 2015. Dia mengajak seluruh mahasiswa teknik khususnya, untuk menjaga lingkungan universitas dari hal yang bernama sampah.
  
  Salah satu aksi yang telah dilakukannya adalah pada tanggal 28 Oktober 2015 bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda AKNes melalukan gerakan pemungutan sampah di sekitar wilayah Fakultas Teknik. Hal tersebut berhasil menyita perhatian mahasiswa lain dan para staff di lingkungan Fakultas Teknik.

Pemungutan Sampah 28 Oktober 2015

Pemungutan Sampah 28 Oktober 2015

  
  AKNes berharap agar kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan, kita sebagai Universitas Konservasi tidak hanya berteriak-teriak kata “Konservasi” tetapi harus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga konservarsi bukan sekedar sebuah nama, melainkan sebuah kata yang benar-benar mencerminkan lingkungan yang bersih dan asri.

  Mari lakukan aksi nyata guna mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi !!

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco


Skip to toolbar