SEKILAS TENTANG MATA KULIAH DI TEKNIK KIMIA

Assalamualaikum calon-calon engineer 

Kali ini saya akan membahas tentang mata kuliah di Chemical Engineering, khususnya untuk semuanya yang berminat untuk melanjutkan perkuliahan di Jurusan Teknik Kimia ini. Berhubung masih MaBa (Mahasiswa Baru), untuk pengambilan KRS atau Kartu Rencana Studi sudah dipaketin. Satu angkatan akan mengambil mata kuliah yang sama. Biasanya tiap universitas akan membatasi jumlah pengambilan jumlah sks (satuan kredit semester). Di UNNES sendiri untuk mahasiswa baru diberi jatah untuk mengambil sejumlah 24 sks. Namun, angkatan saya sudah dipaket totalnya hanya 20 sks yang terdiri dari 8 mata kuliah, 5 mata kuliah dasar, dan 3 mata kuliah umum. Hal ini bertujuan agar kita selaku maba bisa beradaptasi dengan situasi di dunia perkuliahan. Disini saya akan menjabarkan sedikit tentang mata kuliah dasar yang ada di jurusan teknik kimia. So here’s the review :

1. Kimia Dasar

Mata kuliah yang membahas dasar-dasar dalam ilmu kimia. Materinya masih sama dengan materi pada saat di bangku sekolah menengah atas. Kimia Dasar terdiri dari 3 sks, 1 sks waktunya 50 menit, jadi kita dalam seminggu akan belajar kimdas sebanyak 150 menit.
Topik yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini diantaranya : Atom, Molekul, dan Ion; Stoikiometri; Reaksi dalam Larutan; Gas; Hubungan Energi dalam Reaksi Kimia; Struktur Elektron Atom; Tabel Periodik; Ikatan Kovalen; Ikatan Geometri Molekul dan Hibridasi Orbital Atom.
Tidak terlalu memberatkan sih. Kimdas ini kemungkinan menjadi mata kuliah yang banyak disukai para mahasiswa teknik kimia, ya karena materinya belum terlalu membuat kepala pusing. Asal punya dasar kimia yang kuat, di mata kuliah ini kalian tidak akan merasa terbebani.

2. Fisika Dasar

Inilah momok utama di semester 1. Materi yang dipelajari adalah materi pada saat SMA, misalnya : Mekanika (gerak translasi dan rotasi, gaya dan torsi, momentum, usaha, energi kinetik dan potensial), Hukum Hooke, Fluida Statis, Efek Panas, Pemuaian, Gas. Namun entah bagaimana disini soal-soal yang diberikan menjadi lebih rumit dan butuh logika yang tinggi untuk memecahkannya. Kita harus rajin berlatih soal mandiri di luar jam kuliah.
Fisika Dasar terdiri atas 3 sks, jadi bisa dibayangkan bagaimana pusingnya berkutat dengan rumus-rumus selama 2,5 jam.

3. Kimia Analisis

Kalo jaman SMA ada pelajaran Kimia tentang Asam Basa, titrasi, menghitung normalitas, molaritas dan sejenis itu, di dunia perkuliahan itulah mata kuliah Kimia Analisis. Topik yang dibahas di sini berbagai reaksi kualitatis dan kuantitatif, metode analisis dengan titrasi (volumetri, iodometri,asidi-alkalimetri, argentometri) dan gravimetri. Perhitungannya sebenarnya sederhana. Yang agak repot adalah harus menghafalkan reaksi yang terjadi di setiap metode untuk dasar perhitungan.

4. Kimia Organik

Kimia Organik, adalah salah satu mata kuliah yang “paling kimia”. Topik yang dibahas antara lain : struktur molekul dan tata nama senyawa-senyawa organik
alifatik (alkana, alkena, alkuna, eter, alkohol, aldehid, amina dan teman-temannya), sifat-sifat fisis dan kimia dari masing-masing senyawa tersebut, dan reaksi-reaksi pembuatan serta perubahan senyawa-senyawa organik alifatik.
Yang dibutuhkan di sini adalah rajin membaca pustaka dan kreativitas untuk menentukan reaksi-reaksi kimia yang dapat terjadi dan mekanismenya.

5. Matematika 1

Matematika yang dibahas di sini sebagian besar adalah kalkulus dan sisanya sedikit pengantar tentang matriks dan vektor. Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini antara lain : fungsi dan berbagai sistem koordinat, limit, diferensial parsial dan total, maksimasi dan minimasi, integrasi, vektor dan matriks.
Fokus utama mata kuliah ini ada di diferensial dan integral, karena dua hal ini kelak akan menjadi makanan sehari-hari mahasiswa teknik kimia. Yang dibutuhkan di sini adalah sering berlatih dan kreativitas dalam menyelesaikan persamaan. Selain itu, pengetahuan dasar matematika (misal logaritma, pemangkatan, persamaan kuadrat) harus sudah di luar kepala.

Itu dia penjabaran sekilas mengenai mata kuliah dasar yang ada di teknik kimia, diharapkan informasi ini dapat memberikan gambaran kepada adik-adik yang ingin melanjutkan di jurusan teknik kimia. Sampai jumpa di postingan selanjutnya para engineer muda ! 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco


Skip to toolbar