Panduan Mudah Cara Membuat Bunga Dari Kertas Koran

Cara membuat bunga dari kertas koran – Bunga identik dengan keindahan. Banyak orang memberikan buket bunga baik untuk orang kesayangan, perayaan acara tertentu ataupun sebagai hiasan di rumah, kantor dan tempat-tempat lain. Namun bunga memiliki kekurangan yaitu dapat layu dan tidak tahan lama jika tidak disiram.

Ada alternatif lain yang banyak digunakan orang sebagai pengganti bunga asli, yaitu bunga dari kertas. Kertas dapat dibentuk bermacam-macam tak terkecuali bentuk bunga. Selain itu bahan kertas sendiri juga bermacam-macam, ada kertas origami, kertas krep, hingga kertas koran. Kali ini kita akan memberikan kepada Anda, cara membuat bunga dari kertas koran. Daripada koran dibiarkan menumpuk, lebih baik bila kita mengolahnya menjadi hiasan dirumah bukan?

Cara membuat bunga dari kertas koran :

  1. Siapkan alat dan bahan seperti koran bekas, gunting, lem dan kawat. Bisa juga menambahkan cat lukis bila ingin diwarnai.
  2. Cara membuat bunga yang pertama adalah gunting kertas koran membentuk lingkaran. Beri lubang dibagian tengahnya kemudian potong bagian pinggir luar membentuk kelopak bunga. Gunting dari ujung luar ke arah dalam hingga potongan tersebut bisa dilipat membentuk gulungan. Buatlah beberapa gulungan mulai dari gulungan kecil hingga lebar. Masukkan gulungan paling kecil ke kawat lalu tempel dengan lem diikuti bagian potongan yang semakin lebar membentuk kelopak bunga.  Voila! Jadilah bunga bermotif tulisan koran.
  3. Cara kedua lebih simpel. Gunting kertas koran membentuk pola spiral. Kemudian gulung kertas koran tersebut dengan ujung sisi bawah menguncup ke tengah. Sehingga bagian atas akan membuka membentuk bunga. Beri lem di akhir gulungan dan tempelkan pada kawat sebagai batang. Koran berbentuk bunga mawar telah selesai.
  4. Cara ketiga yang membutuhkan kesabaran ekstra karena memerlukan ketelatenan dan ketelitian yang tinggi. Gunting koran berbentuk kelopak-kelopak bunga sebanyak 10 lembar mulai dari ukuran kecil hingga besar. Gulunglah potongan kecil yang pertama dengan ujung kuncup membuka sedikit. Lalu tempelkan satu persatu kelopak bunga dari yang berkuran kecil hingga besar. Lipat ujung luar kelopak sehingga membentuk kelopak seperti bunga mawar asli. Tempelkan pada kawat sebagai batang. Bunga mawar  dengan motif koran yang detail telah jadi.

Demikianlah cara membuat bunga dari kertas koran yang mudah dipraktekkan. Sebenarnya masih banyak lagi tipe-tipe bunga yang dapat Anda buat dengan berbahan kertas koran. Itu semua tergantung dari kreatifitas Anda dalam menghiasnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco


Skip to toolbar