Mau Tahu Sejarah Hari Belanja Online Nasional? Ini Dia Ulasannya

Asal harbolnas – Pada zaman modern seperti sekarang, tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan toko online. Toko online adalah salah satu dari akibat yang muncul dari kemajuan teknologi komunikasi. Toko online memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan yaitu dengan memesan barang lewat smartphone mereka dan barang akan langsung dikirim ke rumah.

Pembayaran juga dapat dilakukan lewat sistem transfer atau cash on delivery alias dibayar setelah sampai dirumah. Menjamurnya toko-toko online memunculkan sebuah perayaan yang disebut Hari Belanja Online Nasional atau yang biasa disingkat menjadi Harbolnas. Kali ini kita akan membahas untuk Anda mengenai asal harbolnas muncul di dunia dan Indonesia.

Online_RevolutionAsal harbolnas di dunia adalah negara-negara besar seperti Amerika, China, Jepang, Inggris dan Kanada yang mengadakan perayaan Cyber Monday. Cyber Monday adalah hari dimana para penguasaha toko online mengadakan diskon besar-besaran untuk menarik konsmen berbelanja online terutama saat akhir tahun. Cyber Monday berasal dari Black Friday, yaitu hari yang dirayakan setelah Thanksgiving yang identik dengan dimulainya musim berbelanja untuk merayakan datangnya hari Natal.

Mengapa disebut Black Friday? Karena pada neraca pembukuan mereka yang biasanya rugi ditandai dengan tinta merah, kali ini ditandai dengan tinta hitam karena event ini menguntungkan mereka. Meskipun barang didiskon besar-besaran tetapi hal ini sudah diperhitungkan dengan baik dan barang-barang mereka dapat laku keras.

Di Indonesia, asal harbolnas adalah bersatunya 7 e-commerce besar seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia dan yang lainnya untuk memberikan promo spesial dan diskon besar-besaran kepada para konsumen. Harbolnas diadakan mulai tahun 2012 yaitu tepat pada tanggal 12 bulan 12 yang ditujukan untuk mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online yang aman dan nyaman serta dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Seiring dengan pertumbuhan internet yang cukup pesat di Indonesia, diharapkan dapat memajukan industri e-commerce untuk memenuhi kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Demikianlah sejarah harbolnas di Indonesia dan jangan sampai Anda melewatkan event tahunan terbesar ini yang sangat menguntungkan untuk Anda. Tidak tanggung-tanggung diskon yang diberikan dapat mencapai hingga 90%. Begitu banyak promo-promo yang diberikan dengan begitu banyak barang-barang menarik yang sayang jika dilewatkan hanya di online.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini harbolnas juga akan diadakan pada tanggal 12 bulan 12. Karena itu segera ambil smartphone Anda dan download aplikasi toko online tersebut untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan dengan harga murah. Selamat berbelanja.

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco


Skip to toolbar