Materi Antropologi SMA/MA Kelas X “Konsep Dasar Antropologi”

Hai sahabat blogger, kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan materi antropologi mengenai konsep dasar dalam antropologi
untuk lebih jelasnya mari simak tulisan berikut ini
A. Definisi Antropologi

Antropologi berasal dari bahasa Yunani, yang berasal dari dua kata yaitu “antropos” yang berarti manusia, dan “logos” yang berarti ilmu. Antropologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang manusia. Dalam arti luas antropologi diartikan ilmu yang mempelajari tentang manusia meliputi manusia secara fisik maupun sosial seperti ras-ras manusia, ciri-cirinya, dan kebudayaan yang dimilikinya untuk memperoleh pemahaman lengkap tentang manusia.

B. Sub Disiplin Antropologi

Secara garis besar ilmu antropologi dibedakan menajdi dua yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya

  1. Antropologi fisik

Antropologi fisik dalam arti khusus merupakan ilmu dalam antropologi yang mengkaji tentang asal mula manusia atau sejarah perkembangan manusia berdasarkan evolusinya. Hal-hal yang dikaji dalam antropologi fisik meliputi ciri tubuh seperti warna kulit, bentuk rambut, bentuk tengkorak, bentuk muka, warna mata, bentuk hidung, bentuk tubuh, dan tinggi badan. Dari ciri-ciri tersebut kemudian dapat digolongkan ke dalam beberapa golongan berdasarkan persamaan ciri-ciri tersebut ke dalam ras-ras tertentu.

Dalam antropologi fisik dibagi menjadi dua yaitu :

a. Paleo-antropologi

Bagian dari ilmu antropologi yang mempelajari tentang asal usul dan evolusi manusia dengan menggunakan fosil-fosil manusia sebagai bahan untuk diteliti

b. Antropologi fisik

Ilmu yang mengkaji tentang manusia berdasarkan pada ciri fisik yang dimiliki manusia, yang kemudiannya persamaannya digunakan untuk menggolongkan manusia ke dalam ras-ras tertentu.

  1. Antropologi budaya

Bagian dari ilmu antropologi yang mempelajari tentang praktik-praktik sosial yang dilakukan manusia dalam kelompoknya seperti penggunaan bahasa dalam masyarakat yang memiliki makna-makna yang dipahami oleh kelompoknya.

Dalam antropologi budaya dibagi menjadi tiga yaitu

a. Etnolinguistik atau antropologi linguistik

Cabang dari ilmu antropologi yang mengkaji tentang tata bahasa dan penggunaan bahasa dari setiap suku bangsa yang ada di muka bumi. Hal-hal yang menjadi bahan penelitiannya yaitu kata-kata, simbol-simbol yang digunakan dalam berkomunikasi, dan penggunaaan bahasa tanpa mengenal adanya tulisan.

b. Prehistori

Cabang dari ilmu antropologi yang mempelajari tentang sejarah perkembangan dan persebaran kebudayaan yang dimiliki manusia sebelum manusia mengenal huruf. Waktu perkembangan kebudayaan manusia dimulai dari awal terjadinya manusia hingga saat ini, yang kemudian dibagi menjadi dua zaman yaitu, zaman sebelum manusia mengenal huruf (prehistori) dan zaman setelah manusia mengenal huruf (histori). Zaman sebelum manusia mengenal huruf selanjutnya dipelajari dalam sub imu prehistori (arkeologi) yang mempelajari tentang peninggalan kebudaya seperti benda-benda dan artefak, sedangkan  zaman setelah manusia mengenal huruf dipelajari dalam ilmu sejarah.

c. Etnologi

Etnologi merupakan cabang dari ilmu antropologi yang mengkaji tentang kebudayaan masyarakat saat ini yang dapat disaksikan secara langsung dan dialami oleh peneliti di masyarakat.

Cabang dalam ilmu antropologi selain terdapat antropologi fisik dan antropologi budaya, juga terdapat antropologi spesialis yang meliputi antropologi ekonomi, antropologi politik, antropologi kependudukan, antropologi kesehatan, antropologi psikologis, antropologi pendidikan dan antropologi pembangunan (Koentjaraningkat   2009:22)

Cabang-cabang ilmu antropologi spesialis

  1. Antropologi ekonomi

Antropologi spesialis yang mengkaji tentang gejala ekonomi yang meliputi sistem produksi dan distribusi, modal, tenaga kerja yang dalam perkembangannya hasil penelitiannya digunakan untuk membantu proyek pembangunandan investasi modal di negara-negara berkembang.

  1. Antropologi politik

Antropologi spesialis yang mengkaji tentang latar belakang kebudayaan, sistem nilai dan norma, serta manusia dalam menjalankan politik tersebut.

  1. Antropologi kependudukan

Bagian dari antropologi spesialis yang mengkaji tentang laju pertumbuhan penduduk di berbagai negara yang hasil dari penelitiannya dapat digunakan untuk memecahkan kepadatan penduduk seperti adany program keluarga berencana.

  1. Antropologi kesehatan

Cabang dari antropologi spesialis yang mengkaji tentang kesehatan dalam masyarakat seperti sikap masyarakat desa terhadap kesehatan, sehat dan sakit, dukun di masyarakat, obat-obatn tradisional, dan kebiasaan masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan serta pantangan-pantangan makan  dalam masyarakat.

  1. Antropologi psikologis

Antropologi psikologis merupakan cabang dari antropologi spesialis yang mengkaji tentang latar belakang sosial budaya yang mempengaruhi adanya rasa tertekan dan emosi pada seseorang yang kemudian dapat menimbulkan adanya gangguan atau penyakit kejiwaan. Hasil dari penelitian antropologi psikologi dapat digunakan untuk membantu psikiater dalam mengobati pasien.

  1. Antropologi pendidikan

Cabang dari antropologi spesialis yang mengkaji tentang masalah pendidikan yang banyak terjadi di negara yang mengalami perkembangan

  1. Antropologi pembangunan

Bagian dari ilmu antropologi yang mempelajari tentang metode, konsep dan teori dalam antropologi yang berkaita dengan pembangunan di masyarakat.

C. Konsep-konsep Dasar Ilmu Atntropologi

Dalam ilmu antropologi terdapat berbagai konsep yang merupakan hasil pengembangan dari disiplin ilmu antropologi, diantaranya :

  1. Kebudayaan

Istilah kebudayaaan (culture) berasal dari bahasa Latin yakni cultura yang berasa dari kata dasar colere yang berarti tumbuh berkembang. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan kumpulan pengetahuan yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

  1. Evolusi

Evolusi dapat diartikan bentuk transformasi kehidupan yang berkembang dari suatu bentuk ke bentuk yang lain. Karya Darwin daalm bukunya The Origin of Species menyatakan bahwa bentuk-bentuk kehidupan berkembang dari bentuk satu ke bentuk yang lain diperkirakan  telah ada sejak zaman Yunani Kuno, dan sejumlah pemikir pada masa itu telah membuat postulat yang serupa atau mendekati asal usul kehidupan evolusioner (Septiana Dini, ddk 2009). Evolusi tidak hanya terjadi pada bidang biologi tetapi juga terjadi pada bidang lain seperti evolusi keluarga, evolusi agama, dan evolusi sosial  budaya.

  1. Enkulturasi

Enkulturasi merupakan proses pembelajaran kebudayaan manusia dari sejak kecil hingga usia tua, di mana manusia dalam perkembangannya daris sejak lahir hingga tua memiliki periode perkembangan disetiap usianya.

  1. Difusi

Difusi merupakan proses penyebaran budaya secara meluas yang dapat melewati batas-batas wilayah maupun negara sehingga suatu budaya disuatu wilayah dapat ditemui diwilayah yang lainnya.

  1. Akulturasi

Akulturasi merupakan proses pertukaran atau saling mempengaruhi dari suatu kebudayaan asing yang berbeda sifatnya dengan kebudayaan lokal yang kemudian unsur-unsur kebudayaan asing tersebut lambat laun akan diintegrasikan dalam kebudayaan itu sendiri tanpa menghilangkan unsur pada kebudayaan aslinya.

  1. Etnosentrisme

Etnosentrisme dapat diartikan perasaan atau ikatan seseorang dengan kelompoknya yang menyebabkan dirinya menganggap bahwa kelompoknya lebih baik dari kelompok yang lain (menganggap kelompoknya superior)

  1. Tradisi

Tradisi merupakan suatu kepercayaan yang ada di masyarakat yang telah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat yang dikenal dengan adat istiadat dan diturunkan secara turun temurun dari saru generasi ke generasi berikutnya. Dalam suatu tradisi terdapat nilai-nilai luhur yang dilestarikan oleh masyarakat pendukungnya yang dikenal dengan kearifan lokal.

  1. Ras dan Etnik

Ras merupakan sekelompok orang memiliki kesamaan ciri fisik tertentu yang disebabkan oleh fakor genetik. Sedangkan etnik merupakan kelompok kecil yang menjadi bagian dari ras yang memiliki budaya yang bersifat unik dan khas.

Untuk memperkaya pengetahuan  kita, saya menambahkan materi tentang akulturasi budaya yang ada di Indonesia yang dapat anda lihat pada link berikut ini http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/16/12/25/oiq25x396-masjid-kaliwulu-potret-akulturasi-berbagai-budaya

Setelah saya sajikan materi diatas, untuk menguji pemahaman Anda, berikut ini terdapat beberapa pertanyaan terkait dengan materi diatas

  1. Disiplin ilmu antropologi dibagi menjadi dua yaitu antropologi fisik dan budaya. Jelaskan perbedaan dari keduanya ?
  2. Hal-hal apa saja yang menjadi kajian dari antropologi linguistik ?
  3. Dalam ilmu antropologi terdapat beberapa cabang ilmu yang menjadi spesialis dari antropologi. Jelaskan perbedaan antara antropologi kesehatan dan antropologi psikologis !
  4. Mengapa satu kebudayaan di suatu tempat dapat kita temui ditempat yang berbeda?Jelaskan!
  1. Jelaskan perbedaan antara ras dan etnik ! Berikan masing-masing satu contoh !

Sumber :

Koentjaraningrat.2009.Pengantar Ilmu Antropologi.Jakarta:Rineka Cipta

Septiana, Dini dkk.2009.Antropologi.file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND…/Konsep_dasar_Antropologi.pdf.(Di akses 19 Oktober 2017)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco