Perangkat Keras Pendukung Teknologi Informasi

Perangkat Keras Pendukung Teknologi Informasi

 

  • Process Device (Unit Pemrosesan)

Media proses komputer – Proses merupakan instruksi atau perintah yang dilakukan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatik dan logika yang dilakukan pada data. Pemrosesan data pada sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh Central Processing Unit (CPU).

Peralatan proses pada komputer adalah perangkat keras (hardware) yang befungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian dikeluarkan (output) dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling terhubung satu sama lain.

Peralatan perangkat proses tersebut antara lain adalah :

 

 

 

 

 

  1. CPU atau Prosesor

 

Komputer tidak akan dapat bekerja tanpa adanya CPU, CPU sering disebut sebagai otak komputer. Pada Motherboard, CPU memiliki sirkuit tunggal terintegrasi (single integrated circuit) yang dinamakan mikroprosesor. CPU juga memiliki dua komponen dasar, yaitu unit kontrol dan Arithmetic/Logical Unit (ALU).

 

 

Unit kontrol menginstruksikan sistem komputer sistem komputer bagaimana cara mengikuti instruksi sebuah program. Hal tersebut akan menghubungkan langsung data dari dan ke memori prosesor. Unit kontrol menyimpan data sementara, instruksi dan memproses sebuah informasi dengan menggunakan unit arihmetic/logic. Sebagai tambahan, unit juga mengontrol sinyal antara CPU dan piranti eksternal seperti harddisk, memori utama dan port I/O.
 

Arithmetic/Logic Unit (disingkat ALU) akan menjalankan kedua operasi arithmetic dan operasi logic. Pengertian operasi arithmetic adalah operasi dasar matematika seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Contoh operasi logis seperti AND, OR dan XOR digunakan untuk membuat perbandingan dan mengambil keputusan. Operasi logis akan menentukan bagaimana sebuah program akan dieksekusi.

Prosesor akan menangani sebagian besar operasi yang dijalankan oleh komputer dengan memproses instruksi/perintah, mengirimkan sinyal keluar, mengecek hubungan (connectivity) dan memastikan bahwa operasi dan hardware (perangkat keras) berfungsi sebagaimana mestinya. Prosesor akan bertindak sebagai pengirim pesan pada komponen-komponen seperti RAM, monitor dan disk drive.

Mikroprosesor dihubungkan ke dalam sistem komputer melalui tiga bus. Bus-bus tersebut adalah bus data, bus alamat, dan bus kontrol.

Terdapat perusahaan berbeda yang memproduksi CPU. Mereka termasuk Intel, Advanced Micro Devices (AMD) dan Cyrix. Intel dikenal dengan chip CPU nya berbasis silikon yang merupakan chip modern pada tahun 1971.

  1. Motherboard

Motherboard merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah komputer. Motherboard berfungsi sebagai tempat memasang berbagai perangkat komputer seperti RAM, Prosesor, VGA Card, LAN Card dan perangkat lainnya. Motherboard itu sendiri didukung oleh beberapa chipset yang fungsinya untuk mendukung kinerja komputer.

  1. Power Supply

 

Fungsi dari Power Supply adalah untuk merubah arus AC menjadi arus DC dan mensuplay tegangan ke perangkat keras komputer (hardware) seperti: Motherboard, Harddisk, Floppy Disk dan CD-ROM. Power Supply memiliki 2 jenis yaitu : Power Supply AT dan Power Supply ATX.

 

 

 

  1. Memori (RAM)

Memori atau RAM adalah perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi sebagai media penyimpanan data yang hanya bersifat sementara, artinya jika komputer dimatikan maka data yang tadi disimpan di dalam memori akan dihapus secara otomatis. RAM sangat mempengaruhi kecepatan akses komputer sehingga semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat pula kecepatan akses pada sebuah komputer.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Harddisk

Harddisk merupakan media penyimpanan data pada komputer yang bersifat permanen. Kegunaan dari harddisk adalah untuk menyimpan data dan program dengan skala besar.

  1. VGA

 

VGA adalah komponen yang berhubungan dengan peralatan pemrosesan grafis, sehingga semakin bagus sebuah VGA maka semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan sebuah komputer.

  1. Sound Card

 

Sound Card berfungsi sebagai memproses data berupa suara. Dengan Sound Card kita bisa memasukkan data berupa suara atau mengeluarkan output berupa suara.

  1. ROM (read only memory)

fungsi: Untuk menyimpan file bersifat sementara.

 

 

 

 

  1. Video Card

Fungsi: untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor.

 

  1. Cooler

Sistem pendingin komputer terkadang tidak terlalu diperhatikan karena pada biasanya orang lebih memperhatikan kualitas prosesor, VGA, RAM, Harddisk dan lain-lain. Padahal pendingin pada komputer yang terpasang di casing atau perangkat komputer merupakan komponen yang penting karena berguna untuk mengatur suhu dan juga mencegah overheat pada perangkat komputer. Dengan dinginnya suhu di perangkat komputer maka perangkat tersebut akan bertahan lebih lama. Jenis sistem pendingin komputer ada banyak jenis dan merk juga. Sistem pendingin komputer terdapat berbagai macam jenisnya, ada yang kipas (fan), heatsink, liquid cooler, dry ice cooler dan nitrogen cair, TEC (Thermoelectric Cooler). Berikut penjelasan dari masing-masing 5 jenis sistem pendingin komputer

  1. Kipas (Fan)

Kipas (Fan) merupakan sistem pendingin komputer yang paling umum digunakan, biasanya terpasang di casing, prosesor atau VGA. Kegunaannya juga tergantung arah angin yang dihasilkan oleh kipas, ada yang untuk sirkulasi udara, ada yang mengarahkan udara ke prosesor atau VGA agar tidak terlalu panas. Bentuk, harga dan ukuran dari kipas juga bermacam-macam tergantung merk dan fungsinya. Kamu bisa menggunakan SpeedFan untuk mengetahui kinerja Fan kamu dan berapa suhu yang dihasilkan.

  1. HeatSink

 

HeatSink adalah lempengan logam yang berfungsi menyerap panas dan mendinginkan perangkat komputer serta biasanya tergabung dengan kipas, sehingga alurnya adalah kipas mengalirkan udara ke heatsink, dan heatsink membuat udara tersebut lebih dingin ketika mengenai perangkat komputer.

  • Liquid Cooler

 

Liquid Cooler akan membuat perangkat komputer yang terintegrasi menjadi 10% lebih dingin sehingga produksi panas bisa diatasi. Dengan begitu umur dari perangkat komputer juga akan lebih tahan lama. Kelebihan dari liquid cooler adalah tidak berisik ketika digunakan, bahkan hampir tanpa suara.

 

 

 

 

  1. Dry Ice Cooler dan Nitrogen Cair

 

Sistem penggunannya adalah perangkat komputer akan langsung bersentuhan dengan tabung tembaga yang nantinya akan diisikan dry ice atau es kering atau diisi dengan nitrogen cair. Biasanya digunakan untuk over clock sehingga bisa menghasilkan suhu yang sangat dingin. Efek dari over clock adalah panas berlebihan pada perangkat komputer karena dipaksa untuk menghasilkan kemampuan maksimalnya. Untuk menghindari pengembunan dari hasil pendinginan maka seluruh komponen akan dilapisi pasta dan pada sekeliling tabung diberi isolator panas.

  1. TEC (Thermoelectric Cooler)

 

Pendingin ini bekerja dengan mengalirkan arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga akan tercipta sisi yang dingin dan yang panas. Pada sistem pendingin ini bisa membuat sebuah pendingin hingga melewati batas titik beku cair.

  • Media Penyimpanan (Storage Device)

Media Penyimpanan Data adalah alat penyimpan data yang berfungsi sebagai alat / media untuk menyimpan data dan program dimana data / program yang disimpan tersebut bisa dibaca dan dibuka kembali untuk diproses kembali di komputer atau laptop.

Media Penyimpanan Komputer tersebut mempunyai berbagai macam media nya, tetapi dalam komputer alat penyimpanan komputer tersebut hanya mempunyai 3 kategori media penyimpanan data saja yaitu sebagai berikut :

  1. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media)

Menurut Wikipedia, Magnetik Disk merupakan piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read-write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Berikut macam – macam produk dari magnetik disk komputer yang sering kita jumpai :

  • Floppy Disk (Disket) : Media penyimpan data magnetik disk terbungkus oleh plastic protektif tipis dan keras.
  • Harddisk : Media utama penyimpan berbagai data dan program komputer. Harddisk mampu menampung data dalam jumlah yang sangat besar dengan kecepatan akses yang tinggi. Hardisk bersifat non-volatile.

 

  • Harddisk Eksternal : Media penyimpanan seperti halnya Flashdisk yang menggunakan media penghubung USB Ukurannya lebih tipis dari hardisk Komputer, kapasitasnya sama besarnya kaya harddisk internal yang bisa dipakai dimana aja baik komputer ataupun laptop. tinggal colok kaya Flashdisk
  • Flashdisk : Media penyimpan data dengan kapasitas penyimpan cukup besar, Flash disk  dihubungan pada komputer melalui  USB (Universal Serial Bus), akses datanya lebih cepat daripada CD/DVD.
  • MMC (Memory Card) : Media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video gam console

 

  • Zip Drive : media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB

 

 

  1. Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)

Optical Disk adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah. berikut produk – produk atau macam – macam jenis optical disk :

  • CD : Compact Disk, Suatu disk yang tidak dapat dihapus yang menyimpan informasi audio yang telah di digitasi. System standar menggunakan disk 12 cm yang dapat merekam lebih dari 60 menit waktu putar tanpa terhenti.
  • CD-ROM : Compact Disk Read-Only Memori, Disk yang tidak dapat dihapus untuk menyimpan data computer. System standar menggunakan disk 12 cm yang dapat menampung lebih dari 500 Mbyte.
  • CD-R : Compact Disk Recordables, Merupakan CD untuk pengguna khusus biasanya untuk master CD dan photo CD, Lapisan reflektif terbuat dari emas sehingga berwarna kuning. Kapasitas sama dengan CD lainnya.

 

  • CD-RW : Digital Vidio Rewritables, Merupakan generasi CD yang dapat ditulis berulang kali namun belum popular saat ini karena masih relative mahal.

 

  • DVD : Digital Vesatile Disk, Salah satu jenis CD yang memiliki pita data lebih kecil, spiral data yang lebih rapat sehingga kapasitasnya sangat besar bisa mencapai 4,7GB untuk sisi tunggal dan berlapis tunggal laser optis yang digunakan adalah laser merah yang dapat berukuran lebih kecil dari CD biasa kualitas yang dihasilkan juga lebih baik dari CD model lain.

 

  • Blue Ray : Jika sebelumnya ada CD dan DVD, versi selanjutnya yaitu Blue Ray yang merupakan upgrade atau pengembangan dari CD dan DVD. Kapasitasnya juga tentu jauh lebih besar yaitu sekita 50GB.

 

  • Fluorescent Multilayer DISK(FM DISK) : Fluorescent merupakan yang saat ini menempati media penyimpanan yang paling besar, betapa tidak dengan kapasitas penyimpanannya sebesar 140 GB mampu membaca data sebesar 1GB perdetik. Biasa disebut juga FM Disk, permukaannya yang transfaran bisa dilihat dari sisi depan atau belakang, karena dua sisi tersebut bisa digunakan untuk penyimpanan data alias Multilayer

 

  1. Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

Cloud Storage atau komputasi awan adalah suatu media penyimpanan data yang dapat diakses dimana saja, dan kapan saja oleh para penggunanya melalui perantara jaringan yang terintegrasi dan tersinkronisasi melalui internet. dan Tentu saja filenya berada dikomputer dimana anda membuat akun cloud storage.

 

  • Output Device

Output yang diberikan oleh komputer dapat berupa tampilan pada layar atau dokumen cetak atau bisa berupa yang dimainkan. Sebagian besar output device komputer sudah sangat umum digunakan baik di kantor maupun di rumah-rumah. Apa saja yang termasuk alat output itu dan apa fungsi alat output dari masing-masing perangkat, berikut daftarnya

 

  1. Monitor

Sebuah monitor disebut juga video display terminal (VDT). Tampilan visual dari data yang diproses, dimana pengguna dapat melihat melalui monitor. Monitor komputer saat ini sangat beragam dari merk dan berbagai ukuran layar dan resolusi visual. Ada dua jenis monitor komputer yang umum dugunakan, yakni CRT dan Flat Panel. Semua monitor sangat bergantung pada VGA yang terletak pada motherboard yang berfungsi untuk menampilkan informasi. Fungsi VGA disini adalah memproses data menjadi gambar yang ditampilkan pada layar monitor.

 

 

 

  1. Printer – Pencetak

Salah satu  alat output komputer yang penting adalah printer, merupakan perangkat hardware eksternal, yang mengambil data dari komputer yang telah diproses untuk menghasilkan data berupa hard copy. Setelah monitor, printer adalah perangkat yang paling sering digunakan pada komputer dan umumnya digunakan untuk mencetak data teks, gambar, dll. Ada tiga jenis Printer yang yaitu ink jet, printer laser dan dot matrix. Masing-masing jenis printer tersebut menggunakan teknologi yang berbeda dalam pencetakan data

 

  1. Speaker

Speaker adalah perangkat output  yang terhubung ke sound card komputer, yang menghasilkan output data yang dapat didengar melalui speaker. Data audio yang dihasilkan oleh komputer dikirim ke soundcard, kemudian menerjemahkan data menjadi sinyal audio, kemudian dikirim ke salah satu speaker atau headphone. Pada awalnya  komputer memiliki speaker on-board, yang menghasilkan serangkaian nada beep. Ketika popularitas game multimedia dan komputer semakin berkembang, speaker komputer berkualitas tinggi beredar dipasaranperangkat keras komputer.

 

  1. Proyektor

Proyektor adalah salah satu alat output, fungsinya sama seperti layar komputer yang diproyeksikan ke layar datar. Data gambar dikirim ke video card, oleh komputer yang kemudian diterjemahkan menjadi gambar video dan dikirim ke proyektor. Proyektor sering digunakan dalam pertemuan atau digunakan membuat presentasi, karena proyektor memungkinkan untuk menampikan gambar yang lebih besar dan dapat diatur ukuran gambarnya.

 

  1. Plotter

Plotter, seperti juga printer mencetak berupa hard copy dari desain digital yang diberikan. Desain dikirim ke plotter melalui kartu grafis dan gambar dibuat dengan menggunakan pena. Dengan kata sederhana,  plotter pada dasarnya menggambar menggunakan serangkaian garis lurus. Alat output komputer jenis ini sering digunakan untuk aplikasi teknik.

 

  1. Disc

Ada berbagai jenis cakram, seperti CD, DVD dan floppy disk, yang merupakan perangkat  output dan juga digunakan untuk menyimpan data. Pada saat yang sama, mereka juga merupakan perangkat input. Data dikirim ke disk dan data yang terdapat pada disk, dapat diambil jika diperlukan.

  1. Network Card

Network Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.

  1. Tv Tuner Card

Tv Tuner Card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyiarkan tv pada komputer.

 

 

  1. Modem

 

Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Modem juga bisa sebagai media masukan ataupun keluaran.

 

 

  1. Headset (Headphones)

 

Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP. Fungsi utamanya adalah sebagai alat reproduksi suara, memang menjadikannya sebagai sebuah teknologi yang dapat menghasilkan suara atau audio yang lebih jernih.

  • Input Device (Perangkat Masukan) Komputer

 

Input Device atau Perangkat Masukan merupakan perangkat keras yang berguna untuk memasukan data atau perintah dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. ada dua jenis perangkat masukan yakni input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk). Berikut adalah beberapa macam perangkat masukan komputer lengkap dengan gambar. Baiklah soba sekarang mari kita melihat langsung Macam Macam Input Device dan Fungsinya di bawah ini.

  1. Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.

  1. Mouse

Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.

 

 

 

  1. Joystick

Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.

  1. Joy pad/Game pad

 

Fungsi: sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.

 

  1. Trackball

Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.

  1. Light pen

Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor)

 

 

 

  1. Scanner

Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.

  1. Barcode Reader

Barcode Reader atau Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

  1. Digitizer

Digitizer adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog menjadi data digital

  1. CD ROM / DVD ROM

CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.

 

 

  1. Flashdisk

Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.

  1. Modem

Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

 

 

 

 

  1. CD (Compact Disk)

CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.

  1. Touchpad

Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.

 

  1. Webcam

WebCam adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.

  1. Microphone

Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call.

  1. Digital Camera

 

Fungsinya menangkap obyek gambar yang akan ditampilkan ke layar komputer untuk diproses lebih lanjut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjsnvDXyprPAhXEOJQKHZJXAnEQFggeMAA&url=https%3A%2F%2Fputusariasih.wordpress.com%2F2013%2F02%2F09%2Fperangkat-input-komputer%2F&usg=AFQjCNH4nyyTAwdumYU-L80u2JF_76eR-w

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi–PHnyprPAhVBpZQKHZ1KD-4QFggmMAI&url=http%3A%2F%2Fstudy.com%2Facademy%2Flesson%2Fwhat-is-computer-hardware-components-definition-examples.html&usg=AFQjCNHUv6qFrwIKaN8gyHJDUiFjRiORDQ

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi–PHnyprPAhVBpZQKHZ1KD-4QFghNMAk&url=http%3A%2F%2Fwww.newegg.com%2FComponents%2FStore&usg=AFQjCNFogkeDA45r8XI4Apia4fx6N3qfpw

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiI5pziyprPAhVIGJQKHY59A_sQFggeMAA&url=https%3A%2F%2Fbudakbapa.blogspot.com%2F2015%2F10%2Fperangkat-tambahan-pada-komputer.html&usg=AFQjCNHhGRkHuHOY9rmc2erFeT9mKFl-AA

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwim5tDcyprPAhVTtJQKHYRvB_AQFggeMAA&url=http%3A%2F%2Fwendyandriyan.blogspot.com%2F2015%2F01%2Fmacam-macam-output-device-perangkat.html&usg=AFQjCNHunKaXE_HnjMTjXMYX2SJRSc-nKg

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwim5tDcyprPAhVTtJQKHYRvB_AQFgg4MAY&url=http%3A%2F%2Fartikelmateri.blogspot.com%2F2015%2F12%2Fperangkat-keluaran-output-device-komputer-fungsi-gambar.html&usg=AFQjCNGKt43H3mAG3Tp7Cui7ztTKPwgKIQ

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjsnvDXyprPAhXEOJQKHZJXAnEQFggeMAA&url=https%3A%2F%2Fputusariasih.wordpress.com%2F2013%2F02%2F09%2Fperangkat-input-komputer%2F&usg=AFQjCNH4nyyTAwdumYU-L80u2JF_76eR-w

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjsnvDXyprPAhXEOJQKHZJXAnEQFggnMAE&url=http%3A%2F%2Fgenggaminternet.com%2Fmacam-input-device-perangkat-masukan-komputer%2F&usg=AFQjCNHtP458iSs6OtNqogF_06G3jFoNGA

(Diakses pada 15 September 2016)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: