Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi #1

Konservasi merupakan usaha yang mulia dalam rangka melestarikan lingkungan. Dalam hal ini, manusia sebagai subjek utama dalam ekosistem memiliki peran yang paling dominan dalam menentukan kondisi lingkungan. Kehidupan masa kini dan generasi mendatang dipertaruhkan oleh semua tindakan kita sekarang. downloaddownload (1)

(source: pinturamariareis.blogspot.com)

Telah kita ketahui bersama keadaan lingkungan saat ini sudah demikian memprihatinkan, banyak kita jumpai kerusakan lingkungan seperti pencemaran, degradasi, erosi, abrasi, deforestasi dan segala macam bentuk bencana akibat ketidakseimbangan kondisi alam.

download (2)download (3)

Sudah menjadi tanggungjawab bagi manusia untuk menanggulangi sekaligus menyelesaikan permasalahan yang timbul terhadap lingkungan baik karena faktor alam maupun faktor manusia. Ironisnya, justru sebagian besar aktivitas manusialah yang menjadi penyebab kerusakan lingkungan. Selain diakibatkan oleh kurangnya aspek kognitif dari faktor sumber daya manusia itu sendiri, juga adanya kelemahan pada tingkat kesadaran akan kelestarian lingkungan.

(source gambar : pkl.handmade.com)

 

 

 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan dibentuk suatu badan khusus yang mengkaji aspek kognitif terhadap lingkungan sekaligus kesadaran akan kondisi lingkungan.

 

 

Universitas Negeri Semarang merupakan universitas yang mendeklarasikan diri sebagai universitas konservasi. Setiap kegiatan yang dilaksanakan di UNNES ini selalu mengedepankan prinsip – prinsip kognitif dan kesadaran akan lingkungan.

download (1)

(source : konservasi.unnes.ac.id)

Akan sangat baik sekiranya dibangun suatu badan yang berperan sebagai rumah ilmu yang tidak hanya menaungi mahasiswa, namun juga seluruh warga UNNES dan masyarakat di sekitarnya. Rumah ilmu tidaklah hanya berarti semacam bangunan berisikan proses pembelajaran kognitif yang menjemukan, namun juga suatu program kerja yang dikenakan kepada mahasiswa maupun warga UNNES dan sekitarnya dengan tujuan meningkatkan aspek kognitif dan kesadaran akan lingkungan juga dapat dikatakan sebagai rumah ilmu dengan sifat abstrak, aplikatif, dan praktis.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: