Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi #2

download (1)

(source : konservasi.unnes.ac.id)

Seperti yang telah saya bahas sebelumnya, bahwa rumah ilmu dalam konteks ini bukan hanya suatu bangunan berisikan pembelajaran, namun juga suatu program untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus kesadaran akan lingkungan.

 

images (1)

Jika pembangunan rumah ilmu terkait konservasi ini diartikan sebagai suatu bangunan fisik, itupun baik. Di sana kita akan belajar tentang segala macam aspek yang berkaitan dengan kesetimbangan alam dan ekosistem, sekaligus bagaimana cara kita menyikapinya.

 

Kita juga akan belajar mengenai sikap – sikap yang semestinya dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dengan demikian kita dapat menganalisis setiap dampak yang kemungkinan timbul jika kita melakukan suatu kegiatan terutama terhadap lingkungan. Kita juga dapat berkesimpulan melalui diskusi bersama anggota yang lainnya untuk memperkaya pandangan dan pengetahuan.

images (2)download (4)

 

Namun tidak salah juga bila kita memandang rumah ilmu ini secara abstrak, di mana tak tampak bangunan fisik, namun memiliki dampak yang sangat baik terutama terhadap aspek kesadaran akan lingkungan. Dalam bentuk ini, kita bisa mengajak seluruh warga UNNES dan sekitarnya untuk belajar dan bergerak melakukan aksi nyata demi kelestarian lingkungan.

 

 

Dimulai dari hal yang sederhana, misalnya membersihkan lingkungan sekitar, setidaknya telah memberikan pembelajaran moral kepada anggota untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kemudian kita dapat juga melakukan kegiatan menanam dan merawat pohon, pengelolaan limbah, pembuatan kompos, dan sebagainya. Dalam kasus ini, rumah ilmu berperan menciptakan kondisi nyata dan aplikatif.

images (3)

Jadi, sebagai salah satu manifestasi program dari universitas konservasi ini ada baiknya diadakan pembangunan rumah ilmu, yang tidak hanya melandaskan kegiatannya secara kognitif namun juga secara praktis dan aplikatif.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan. Sumber gambar dari konservasi.unnes.ac.id dan unnes.ac.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: