Materi Antropologi SMA/MA Kelas XII “Dampak Perubahan Sosial, Pembagunan Nasional dan Globalisasi

Salam Ceria…
Generasi Muda Berprestasi…
Dalam postingan kali ini, saya akan memaparkan salah satu materi pembelajaran antropologi untuk SMA/MA kelas XII yang berpacu pada kurikulum 2013, yakni mengenei “Dampak Perubahan Sosial, Pembagunan Nasional, Globalisasi & Modernisasi”. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca dan memahami dari tulisan berikut ini.
Contoh Dampak Negatif Tentang Perilaku Korupsi
Tindakan korupsi merupakan tindak kejahatan yang terjadi akibat penyelewengan wewenang atau tanggung jawab. Perilaku korupsi menyangkut berbagai hal yang bersifat kompleks. Faktor –faktor penyebabnya bisa dari internal pelaku – pelaku korupsi dan juga bisa berasal dari situasi lingkungan yang kondusif untuk melakukan korupsi (faktor eksternal). Dengan demikian secara garis besar penyebab korupsi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal, merupakan faktor pendorong korupsi yang berasal dari dalam diri setiap individu.

Faktor internal penyebab korupsi meliputi
a) Sifat tamak atau rakus yang dimiliki manusia.
Sifat tamak merupakan sifat yang berasal dari dalam diri setiap individu. Hal itu terjadi ketika seseorang mempunyai keinginan yang besar untuk memperkaya diri dan tidak pernah merasa puas terhadap apa yang telah mereka dimiliki.
Misalnya : Para pejabat tinggi Negara yang telah mempunyai pendapatan yang besar, namun mereka masih kurang puas terhadap apa yang mereka dapatkan sehingga mereka masih terus berusaha untuk mendapatkan hasil yang lebih dengan cara yang tidak baik dan melanggar hukum yang telah ditentukan.
b) Gaya hidup konsumtif
Pada era-modern ini, terutama kehidupan dikota besar merupakan hal yang sering mendorong terjadinya gaya hidup konsumtif. Oleh karena itu, apabila perilaku konsumtif tidak diimbangi dengan pendapatan yang memadai,maka hal tersebut akan membuka peluang seseorang untuk melakukan berbagai tindakan demi memenuhi keinginannya. Salah satu kemungkinan tindakan itu adalah dengan korupsi.
Misalnya : dalam memenuhi kebutuhan hidup, mereka cenderung bergantung pada pihak lain, kecenderungan membeli barang yang sebenarnya tidak penting bagi dirinya dengan jumlah yang banyak, hanya karena untuk memperlihatkan kekayaannya kepada orang lain dan juga untuk memenuhi keinginannya bukan kebutuhannya.
Faktor eksternal penyebab korupsi meliputi:
a) Faktor Politik
Politik merupakan salah satu sarana untuk melakukan korupsi. Hal ini dapat dilihat ketika terjadi intrabilitas politik atau ketika politisi mempunyai hasrat untuk mempertahankan kekuasaannya.
Misalnya : pada saat pemilihan pejabat negara, kadang sering kita temui dari pihak yang mencalonkan tersebut berbuat curang dengan cara memberikan uang maupun sembako kepada masyarakat agar mereka mau memberikan hak suaranya kepada calon pejabat negara yang memberikan dana. Padahal dana yang diberikan tersebut belum tentu berasal dari hasil calon pejabat tersebut, melainkan dari uang yang tidak halal atau mengambil dari uang negara.
b) Faktor Hukum
Hukum bisa menjadi faktor terjadinya korupsi dilihat dari dua sisi, disatu sisi dari aspek perundang – undangan yang lemah seperti sanksi tidak sesuai dengan perbuatan yang dilakukan sehingga bagi masyarakat awam atau menengah kebawah merasa berat untuk menerima hukuman tersebut, dan disisi lain dari lemahnya penegak hukum seperti pada penegak hukum yang mau diiming imingi dengan harta supaya tidak menghukum orang yang melakukan korupsi dengan hukuman yang sesuai dengan yang dilanggar. Hal lain yang menjadikan hukum sebagai sarana korupsi adalah tidak baiknya substansi hukum, mudah ditemukan aturan – aturan yang diskriminatif dan tidak adil, rumusan yang tidak jelas dan tegas sehingga menimbulkan banyak pemahaman yang salah.
c) Faktor Ekonomi
Faktor ekonomi juga merupakan salah satu penyebab terjadinya korupsi. Hal itu dapat dilihat ketika tingkat pendapatan atau gaji yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya, maka seseorang akan mudah untuk melakukan tindakan korupsi demi terpenuhinya semua kebutuhan dan keinginan hidupnya yang semakin banyak

Guna menambah pemahaman bagi pembaca untuk lebih lanjut silahkan buka link dibawah ini mengenei pelaku yang tersandung masalah korupsi E-KTP. (https://m.detik.com/news/berita/d-3660893/ini-peran-tersangka-ke-6-kasuskorupsi-e-ktp)
Penugasan
1. Bagaimana Pengertian dari korupsi menurut pemahaman Anda?
2. Bagaimana keterkaitan antara perilaku korupsi dengan perubahan sosial?
3. Apakah tindakan korupsi merupakan salah satu bentuk dari globalisasi?
4. Bagaimana cara mengatasi tindakan korupsi agar tidak merajalela?
5. Analisislah kasus yang berada di link atas sesuai dengan pemahaman Anda mengenei dampak dari perubahan sosial yang terjadi!
Sumber :
Sumber : Handoyo, Eko. 2013. Pendidikan Anti Korupsi.Yogyakarta : Ombak

Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco