Mengenal Lebih Jauh Tentang Marketnya Mahasiswa Unnes (Mantulanang) Sekaran Gunungpati

Salam Ceria…

Generasi Muda Berprestasi…

Dalam postingan kali ini, Saya akan mempublikasikan tugas Semester 1 dalam mata kuliah “Perubahan Sosial Budaya.” Tugas tersebut membahas tentang toko Mantulanang. Apakah Kalian sudahpernah berkunjung ke toko Mantulanang? Kalau belum sebagai penambah wawasan saja, Silahkan lebih lanjut di baca artikel dibawah ini.

Peran Pegawai dan Tugasnya

Di Mantu Lanang sendiri masih sederhana. Terdapat owner (pemilik), admin, pramuniaga dan kasir yang berjumlah delapan orang. Pramuniaga dan kasir bergantian tergantung rolingan atau jadwal yang telah ditentukan, satu sift biasanya terdiri dari dua orang, Sift pertama mendisplay barang dari gudang ketoko, kemudian sift kedua tugasnya mendisplay barang datang, dan sift yang ketiga membantu sift pertama untuk mendisplay barang dari gudang toko. Admin bertugas menginput barang ke komputer, mengecek barang barang, stok opname. Sedangkan owner bertugas mengkoordinir pramuniaga dan kasir, mengorder barang, serta melakukan pembayaran tagihan.

Sistem Kerja di Mantu Lanang

Di Mantu Lanang menerapkan untuk jam kerjanya yaitu ada tiga shift diantaranya :

  • Pukul 06.30-15.30
  • Pukul 13.00-21.00
  • Pukul 17.00-01.00

Dan untuk admin sendiri dari jam 08.00-16.00. Kemudian untuk waktu liburnya, bagi pramuniaga maupun kasir, harinya tidak menentu. Intinya dalam satu minggu dapat libur sekali. Sedangkan untuk admin sendiri libur setiap hari minggu saja. Peraturan yang lain misalnya yaitu mengenai ketentuan berpakaian yang harus sopan dan rapi. Mahasiswa yang mendaftar sebagai karyawan di Mantu Lanang sudah pernah ada tapi tidak bisa berjalan dengan yang regular. Misalnya karyawan tersebut mendapat sift pada pukul 06.30-13.00 namun pada jam itu ada kuliah akhirnya tabrakan jam dan berangkat kerjanya jadi telat. Sekarang di minimarket “Mantu Lanang” tidak menerima part tim. Untuk saat ini ada juga karyawan yang masih kuliah, namun karena kuliahnya sudah terjadwal jadi dapat menyesuaikan dengan jam kerja.

 Sistem Administrasi Usaha

Menurut informan, dalam hal mengurusi administrasi dia kelola sendiri, karena agar lebih memudahkan mengontrol barang yang masuk maupun yang keluar, sertaagar memudahkan mengenai masalah keuangan perusahaan. Dan untuk keuntungan yang dia peroleh per bulannya yaitu sekitar 20-30% dari pendapatan yang dihasilkan oleh usaha tersebut.

Syarat Perekrutan Tenaga Kerja

Dalam merekrut pegawai baru di Mantu Lanang pendidikan tidak terlalu diperhatikan, yang penting itu dapat bekerja secara jujur, rajin, ulet dan dapat bekerjasama dengan tim (teamwork). Biasanya kalau ada karyawan baru, akan diadakan training selama 3 bulan yang gunanya untuk beradaptasi dan melihat bagaimana kinerjanya. Seseorang yang ingin mendaftar sebagai pegawai di Mantu Lanang pun bisa walau tanpa ketrampilan khusus. Dan untuk kasir pun tidak harus bisa Ms.excel ataupun Ms.word karena itu mudah, dan sistem komputernya pun dapat dipelajari dengan mudah asalkan ada kemauan untuk belajar.

Kelebihan Mantu Lanang dibandingkan Minimarket Lainnya

Banyak kelebihan yang didapat dari usaha yang didirikan oleh perorangan ini. Mislanya saja dalam masalah keuntungan, apabila keuntungan besar maka tidak perlu membagi hasil antara partner kerjanya. Namun ada juga resikonya, jika usaha rugi semua kerugian ditanggung sendiri. Terus juga di Mantu Lanang stok barang dapat disesuaikan keebutuhan. Misalnya saja ketika awal tahun pelajaran, stok barang yang dijual disitu disesuaikan sesuai kebutuhan mahasiswa. Jadi dengan begitu secara otomatis pendapatan atau keuntungan yang didapat akan bertambah dikarenakan banyaknya konsumen yang datang membeli kebutuhannya di Mantu Lanang.

Kendala yang Dihadapi

Berkenaan mengenai masalah suplay barang, terkadang apabila kami mengambil barang dari distributor itu tidak mendapatkan suplay barangnya, dikarenakan barang yang sudah habis di setor ke alfamart maupun indomaret, akhirnya toko-toko kecil tidak mendapat bagian.

Untuk mengatasi masalah stok barang yang habis biasanya kami survey sendiri. Entah itu jalan-jalan ke mlal, mencari harga promo, langsung ke kantor pusatnya, atau kalo di indomaret itu ada program JSN. Apabila harganya lebih murah dari distributor maka kami ambil semua.

Strategi Pemasaran

Untuk menjaga stok barang yang ada di gondola (rak barang) agar tetap penuh, biasanya dilakukan survey harga. Survry harga dilakukan sekitar dua atau tiga bulan sekali. Terkadang terdapat juga doorprize, misalnya belanja Rp 50.000 dapat kupon, awal bulan januari dapet kupon dan diundi, dan nanti yang menang undiannya mendapatkan hadiah. Bisanaya hadiah yang diberikan berupa kalender, atau kalau tidak pas waktu valentine dapet satu pack tissue gratis ataupun dapat bunga.

 

Tulisan ini dipublikasikan di Artikel Kuliah Sosiologi & Antropologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco