Orang indonesia yang kehilangan identitasnya

Beraneka, bermacam budaya ramah, kaya akan sumberdaya dan semua ada. Jika mendengar rangkaian kata tersebut maka hanya ada satu wilayah di dunia yang memiliki itu semua yaitu indonesia dengan berbagai macam suku budaya dan kekayaan alam nya indonesia di sebut sebagai negara paling kaya. Banyak negara lain berlomba lomba meraup keuntungan dari hasil alam negara ini, bayangkan saja seluruh jenis hasil alam di dunia dapat di temukan di indonesia, luar biasa adalah kata yang tepat untuk negara ini, namun timbul pertanyaan :”mengapa penduduk negara ini bagitu mengalami kesenjangan??”,, yang kaya sangat kaya tetapi yang miskin??,, jangan ditanya, negara ini menjelma menjadi negara yang mengalami penjajahan yang sempurna di mana orang yang memiliki uang lebih mampu berkuasa penuh di negara ini uang,tahta dengan mudah dapat di beli, kalau sudah begini harus bagaimana lagi??.

Mental penduduk negara ini makin lama makin tidak karuan, bagaimana kita mau dihormati negara lain jika kita saja kerjanya melanggar hukum kita sendiri bahkan membelinya. Masalah korupsi, pencabulan, kemiskinan dimana-mana kalau begini mana letak indonesia nya??, orang asing dengan mudah mengontrol negara kita, mereka menghancurkan kita bukan secara fisik atau langsung tetapi mental kita yang di hancurkan, melalui globalisasi semua bisa masuk, bukan hal positif yang kita ambil tapi sisi negatifnya yang memberi pengaruh luar biasa terhadap kita, kita dilarang untuk menjadi orang yang maju. Bayangkan jika orang indonesia adalah orang-orang yang pintar??, kita akan menjadi negara super power ambil contoh saja jika kita memiliki sumber daya alam emas freeport, Hasilnya mampu menghidupi penduduk di negeri ini  secara makmur, namun pejabat kita memiliki mental “pintar perut” sebelum menjadi pejabat memang baik tapi setelah menjadi pejabat mereka melupakan tugas utama mereka, makin hancur lebur negara ini. Dari orang biasa sampai orang yang tau agama pun korupsi bagaimana bisa orang yang tau agama malah melanggar agama??, Kapan dan siapa yang harus merubah negara ini?? Jangan mengandalkan orang lain, kitalah yang harus merubah negara ini,  jangan kecewakan pahlawan yang telah memperjuangkan negara ini mati-matian, katakan kita pasti bisa merubah negara ini. Jika kita tidak bergerak sekarang maka jangan kaget jika 10 tahun kedepan indonesia akan menjadi negara miskin, sumber daya kita telah habis,memiliki mental yang hancur, penduduknya tidak sehat,ekonomi terpuruk,banyak hutang dan lain sebgainya itulah yang akan terjadi jika kita hanya diam dan berhura-hura tanpa memikirkan bagaimana masa depan kita.

Dengan berbagai kebudayaan yang dimilki indonesia menjadi negara yang multikultur, memiliki penduduk yang beraneka ragam dan bermacam pula seni dan pakaian nya semua memiliki ciri masing-masing yang tidak ditemukan di negara lain. Mungkin dulu banyak orang yang melestraikan kebudayaan kita tetapi sekarang banyak kebudyaan indonesia yang justru lebih memiliki daya tarik terhadap orang asing dimana orang asing banyak datang ke indonesia untuk belajar kebudayaan nya sedangkan anak muda indonesia lebih banyak sibuk dengan main sosial media dan lain sebgainya. Lama kelaam kita akan kehilangan kebudayaan kita, justru orang asing yang bisa melakukan budaya kita, ambil contoh saja pertunjukkan wayang banyak orang asing yang duduk melihat wayang tersebut sampai selesai mereka tertarik dengan seni tersebut. Padahal jika di tanya mereka mungkin tidak paham dengan apa yang di katakan dalangnya, tetapi mereka menghargai arti dari sebuah seni dan masih banyak hal lain yang kita perlu benahi.

Dari segi sosial budaya pun kita sudah mengalami perubahan yang sangat drastis, dari segi perilaku ekonomi. Sebelum ada nya mall kita mengenal yang namanya pasar tradisional di mana tempat tersebut menjadi interaksi berbagai macam orang, dalam pasar tradisional kita berbelanja sambil “mengakrabkan” satu sama lain dimana kita saling berbincang antara satu sama lain dan pasar tradisional bisa menjadi tempat berkumpulnya penduduk untuk mempererat tali persaudaraan, tetapi dengan adanya mall kita tanpa sadar harus berdandan untuk masuk kesana, untuk apa?? Harus merepotkan diri sendiri untuk masuk kesana jika tidak bermake up jangan harap bisa masuk ke mall, lama kelamaan perilaku kita pun berubah, kita lebih suka berbelanja di mall karena dianggap belanja di mall lebih memiliki kelas sosial tinggi, Pada akhirnya orang yang mempunyai uang banyak lah yang bisa berbelanja di mall tersebut, celakanya orang yang biasa berbelanja di pasar tradisional jika mempunyai uang lebih maka ia pun tetarik arus untuk berbelanja di mall. Bagaimana dengan nasib pasar tradisional jika begini terus?? Mereka akan bangkrut karena tidak ada yang membeli barang dagangan mereka padahal mereka menjual dari para petani, jika pasar tradisional tidak laku, petani juga tidak ada hasil, akhirnya yang terjadi pengangguran dan kemiskinan, hanya orang-orang yang memilki modal lah yang bisa berjaya, lama kelamaan negara ini manjadi kapitalis yang kaya jadi tambah kaya yang miskin siap-siap untuk tambah miskin.

Mereka yang korupsi, megeruk kekayaan negara untuk perutnya sendiri mencuri dan menghalalkan segala cara untuk urusan pribadi dialah penghianat bangsa yang tidak ada bedanya dengan penjajah kejam yang menrusak negara ini, tetapi anehnya mereka masih saja muncul di layar televisi dengan tersenym lebar, mereka tidak bodoh, mereka juga tidak miskin tetapi mereka masih korupsi seperti itu, hanya satu hal yang mereka tidak punya yaitu rasa malu, inilah gambaran orang indonesia saat ini disaat merdeka mereka justru menjajah negaranya sendiri, mental yang bobrok adalah masalah utama, mereka biasa menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu, sogok sana sini, uang pelicin proyek dan segala nya dilakukan dengan uang bahkan agama, jangan sampai hal seperti ini berlanjut.

Dari uraian di atas mana sisi indonesia nya? Saat bung karno mengatakan “aku buatkan semua ini untuk masa depan indonesia”. Jika beliau dan pahlawan masih hidup mereka akan mengamuk dan mengatakan “ lebih baik aku mati untuk hal lain dari pada memerdekakan negara ini jika nantinya akan jadi seperti ini”. Jangan buat mereka mati sia-sia, Orang indonesia sejati adalah orang yang menghormati hukum negaranya, yang mencintai budaya dan keanekaragamanya dan memiliki rasa pantang menyerah karena itulah yang di contohkan oleh pahlawan kita. Jangan sampai pancasila hancur karena hal-hal seperti ini. Berjuanglah.

5 comments

Skip to comment form

  1. informasi nya bagus, tolong tampilannya di rapikan ya 😀 semangat

  2. ADD MORE INFORMATION AND MEDIA…

  3. menyedihkan sekali ya sekarang negeri kita ini :mewek2

  4. judulnya WOW ngetss, nyindirr

  5. Sangat menambah informasi dan pengetahuan kak, ditunggu postingan selanjutnya kak Zaidan ;D

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: