Kompetensi Inti              :

KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3     : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4     : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar Materi pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1   Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung tinggi keharmonisan.dalam kehidupan bermasyarakat  

 

 

 

 

 

2.1  Menumbuhkan kesadaran individu untuk memiliki  tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan sosial

2.2  Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial

3.1  Memahami tinjauan Sosiologi dalam mengkaji pengelompokkan sosial dalam masyarakat

 

4.1  Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang pengelompokkan sosial dengan menggunakan tinjauan Sosiologi

 

1.   Pembentukan kelompok sosial

 

Mengamati:

 

Mengamati  proses pembentukan kelompok  sosial di masyarakat

Mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat

 

Menanya:

 

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang proses pembentukan  kelompok  sosial dan mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada praktik pengetahuan yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial

 

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

 

Mengidentifikasi dan mengumpulkan data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar

 

Mengasosiasikan:

Mengklasifikasi ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis dan bentuk pengelompokkan

 

Mengomunikasikan:

 

Mempresentasikan hasil diskusi tentang pembentukan kelompok sosial

 

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa  tentang pengelompokkan sosial

 

Tugas:

 

Merumuskan kesimpulan dari hasil pengamatan dan kajian tentang pengelompokkan sosial di masyarakat

 

 

 

Observasi:

Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan pro aktif  serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

 

 

24 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat
3.2  Mengidentifikasi berbagai permasalahan sosial yang muncul dalam masyarakat

 

4.2  Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi mengenai permasalahan sosial yang muncul di masyarakat

 

2.   Permasalahan sosial dalam masyarakat

 

 

 

Mengamati:

 

Mengenali berbagai permasalahan sosial yang ada di masyarakat sekitar

 

Menanya:

 

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang berbagai permasalahan sosial di masyarakat (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui contoh-contoh nyata dan mendiskusikannya dari sudut pandang pengetahuan Sosiologi  berorientasi pemecahan masalah yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial

 

Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan:

 

Melakukan survey di masyarakat setempat  tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur  dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya

 

Mengasosiasikan:

 

Menginterpretasi data hasil survey tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial ekonomi dan ketidakadilan) dikaitkan dengan konsep keragaman kelompok sosial

 

Mengomunikasikan:

 

Mempresentasikan hasil  survey tentang permasalahan sosial dan pemecahannya sesuai hasil pengamatan

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang permasalahan  sosial

 

Tugas:

 

Membuat kesimpulan dari hasil survey tentang permasalahan sosial di masyarakat sekitar

 

 

Observasi:

 

Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan pro aktif  serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

 

 

28 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat
3.3  Memahami penerapan prinsip-prinsip kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk menciptakan kehidupan harmonis dalam masyarakat

 

4.3  Merumuskan strategi dalam menciptakan kehidupan yang harmonis dalam masyarakat berdasar prinsip-prinsip kesetaraan

 

3.   Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial Mengamati:

 

Mengamati perbedaan dan keragaman sosial yang ada di masyarakat sekitar

 

Menanya:

 

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang perbedaan dan keragaman sosial dalam kehidupan masyarakat dan mendiskusikan tentang pemecahannya  berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis

 

 

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

 

Melakukan wawancara dan atau mengisi kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial  yang ada di masyarakat dan pemecahannya berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis

 

Mengasosiasikan:

 

Menganalisis hasil wawancara atau isian kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial di masyarakat untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis berdasarkan prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara

 

Merumuskan langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat berdasarkan hasil analisis

 

Mengomunikasikan:

 

Mempresentasikan hasil diskusi tentang langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat

 

Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam menyikapi dan menghormati perbedaan sosial dan tanggungjawab sosial dalam mendorong kehidupan masyarakat yang harmonis berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap  penerapan prinsi-prinsip kesetaraan dalam menciptakan masyarakat yang harmonis

 

Tugas:

 

Menemukan strategi dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis

 

 

Proyek:

 

Merencanakan, melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil wawancara dan atau mengisi kuesioner tentang harmonisasi masyarakat

 

 

 

 

Sikap:

 

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap perlunya penerapan prinsip-prinsip kesetaraan dalam masyarakat melalui berbagai instrumen

 

28 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di  lingkungan setempat
3.4  Menganalisis potensi-potensi terjadinya konflik dan kekerasan dalam kehidupan masyarakat yang beragam serta penyelesaiannya

 

4.4  Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya

 

4.  Konflik, kekerasan, dan upaya penyelesaiannya

 

Mengamati:

 

Mengamati gejala konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dan memahami perbedaan antara konflik dan kekerasan (kekerasan merupakan konflik yang tidak terselesaikan secara damai)

 

Menanya:

 

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang sebab-sebab/latar belakang terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta mendiskusikannya untuk mencapai penyelesaian tanpa kekerasan

 

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

 

Mengumpulkan data primer/sekunder tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan penyelesaian yang dilakukan warga masyarakat

 

Mengidentifikasi dampak kekerasan (fisik, mental, sosial) dari konflik dan kekerasan yang  terjadi di masyarakat dengan menggunakan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat setempat

 

Mengasosiasikan:

 

Menganalisis dan mendiskusikan penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian konflik (mediasi, negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) untuk tercapainya perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat

 

Mengomunikasikan:

 

Mempresentasikan hasil diskusi tentang upaya penyelesaian konflik di masyarakat

 

Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian konflik dan kekerasan di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa kekerasan

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap  masalah konflik dan kekerasan

 

Tugas:

 

Membuat kesimpulan tentang timbulnya konflik dan kekerasan melalui berbagai sumber dan merumuskan upaya penyelesaian

 

 

Sikap:

 

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya penyelesaian konflik dan kekerasan dalam masyarakat melalui berbagai instrumen

 

32 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di  lingkungan setempat
3.5  Menerapkan metode penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya

 

4.5Merancang, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual

 

4   Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan Mengamati:

 

Mengamati dan mendiskusikan upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat

 

Menanya:

 

Mengembangkan sikap kritis dan kepekaan terhadap konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat untuk menemukan faktor pendorong dan penghambat tercapainya integrasi dan reintegrasi sosial

 

Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan:

 

Merancang penelitian sosial menggunakan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya menyelesaikan konflik dan  mewujudkan perdamaian dan kehidupan msyarakat yang harmonis melalui langkah-langkah seperti identifikasi kebutuhan , analisis kepentingan dan pemecahan masalah dengan mengajukan rekomendasi

 

Melaksanakan penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah dengan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk menyelesaikan konflik dan mewujudkan perdamaian di masyarakat

 

Mengasosiasikan:

 

Mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan hasil pemetaan  tentangupaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat

 

Mengomunikasikan:

 

Menyajikan hasil pemetaan tentang  upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya  penyelesaian konflik dan  mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat dalam  berbagai bentuk, seperti laporan, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.

 

Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dan menumbuhkan sikap serta tanggungjawab bersama dalam melakukan integrasi dan reintegrasi sosial untuk  mewujudkan kehidupan yang damai di masyarakat

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap  pentingnya integrasi dan reintegrasi sosial

 

Tugas:

 

Mengumpulkan data, mengolah dan melaporkan hasil analisis tentang  kasus-kasus mengenai konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya dari berbagai sumber terutama media massa

 

Portofolio:

 

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam menciptakan integrasi dan reintegrasi sosial

 

Proyek:

 

Merencanakan, melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi dalam masyarakat

 

 

Sikap:

 

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya integrasi dan reintegrasi  dalam masyarakat melalui berbagai instrumen

 

32 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di  lingkungan setempat

SILABUS MATA PELAJARAN: SOSIOLOGI

(PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL)

Satuan pendidikan        :  SMA/MA

Kelas                              :  XI

Kompetensi Inti              :

KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3     : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4     : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar Materi pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1   Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung tinggi keharmonisan.dalam kehidupan bermasyarakat  

 

 

 

 

 

2.1  Menumbuhkan kesadaran individu untuk memiliki  tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan sosial

2.2  Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial

3.1  Memahami tinjauan Sosiologi dalam mengkaji pengelompokkan sosial dalam masyarakat

 

4.1  Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang pengelompokkan sosial dengan menggunakan tinjauan Sosiologi

 

1.   Pembentukan kelompok sosial

 

Mengamati:

 

Mengamati  proses pembentukan kelompok  sosial di masyarakat

Mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat

 

Menanya:

 

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang proses pembentukan  kelompok  sosial dan mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada praktik pengetahuan yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial

 

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

 

Mengidentifikasi dan mengumpulkan data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar

 

Mengasosiasikan:

Mengklasifikasi ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis dan bentuk pengelompokkan

 

Mengomunikasikan:

 

Mempresentasikan hasil diskusi tentang pembentukan kelompok sosial

 

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa  tentang pengelompokkan sosial

 

Tugas:

 

Merumuskan kesimpulan dari hasil pengamatan dan kajian tentang pengelompokkan sosial di masyarakat

 

 

 

Observasi:

Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan pro aktif  serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

 

 

24 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat
3.2  Mengidentifikasi berbagai permasalahan sosial yang muncul dalam masyarakat

 

4.2  Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi mengenai permasalahan sosial yang muncul di masyarakat

 

2.   Permasalahan sosial dalam masyarakat

 

 

 

Mengamati:

 

Mengenali berbagai permasalahan sosial yang ada di masyarakat sekitar

 

Menanya:

 

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang berbagai permasalahan sosial di masyarakat (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui contoh-contoh nyata dan mendiskusikannya dari sudut pandang pengetahuan Sosiologi  berorientasi pemecahan masalah yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial

 

Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan:

 

Melakukan survey di masyarakat setempat  tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur  dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya

 

Mengasosiasikan:

 

Menginterpretasi data hasil survey tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial ekonomi dan ketidakadilan) dikaitkan dengan konsep keragaman kelompok sosial

 

Mengomunikasikan:

 

Mempresentasikan hasil  survey tentang permasalahan sosial dan pemecahannya sesuai hasil pengamatan

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang permasalahan  sosial

 

Tugas:

 

Membuat kesimpulan dari hasil survey tentang permasalahan sosial di masyarakat sekitar

 

 

Observasi:

 

Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan pro aktif  serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

 

 

28 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat
3.3  Memahami penerapan prinsip-prinsip kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk menciptakan kehidupan harmonis dalam masyarakat

 

4.3  Merumuskan strategi dalam menciptakan kehidupan yang harmonis dalam masyarakat berdasar prinsip-prinsip kesetaraan

 

3.   Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial Mengamati:

 

Mengamati perbedaan dan keragaman sosial yang ada di masyarakat sekitar

 

Menanya:

 

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang perbedaan dan keragaman sosial dalam kehidupan masyarakat dan mendiskusikan tentang pemecahannya  berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis

 

 

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

 

Melakukan wawancara dan atau mengisi kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial  yang ada di masyarakat dan pemecahannya berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis

 

Mengasosiasikan:

 

Menganalisis hasil wawancara atau isian kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial di masyarakat untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis berdasarkan prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara

 

Merumuskan langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat berdasarkan hasil analisis

 

Mengomunikasikan:

 

Mempresentasikan hasil diskusi tentang langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat

 

Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam menyikapi dan menghormati perbedaan sosial dan tanggungjawab sosial dalam mendorong kehidupan masyarakat yang harmonis berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap  penerapan prinsi-prinsip kesetaraan dalam menciptakan masyarakat yang harmonis

 

Tugas:

 

Menemukan strategi dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis

 

 

Proyek:

 

Merencanakan, melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil wawancara dan atau mengisi kuesioner tentang harmonisasi masyarakat

 

 

 

 

Sikap:

 

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap perlunya penerapan prinsip-prinsip kesetaraan dalam masyarakat melalui berbagai instrumen

 

28 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di  lingkungan setempat
3.4  Menganalisis potensi-potensi terjadinya konflik dan kekerasan dalam kehidupan masyarakat yang beragam serta penyelesaiannya

 

4.4  Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya

 

4.  Konflik, kekerasan, dan upaya penyelesaiannya

 

Mengamati:

 

Mengamati gejala konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dan memahami perbedaan antara konflik dan kekerasan (kekerasan merupakan konflik yang tidak terselesaikan secara damai)

 

Menanya:

 

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang sebab-sebab/latar belakang terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta mendiskusikannya untuk mencapai penyelesaian tanpa kekerasan

 

Mengeksperimenkan/Mengeksplorasikan:

 

Mengumpulkan data primer/sekunder tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan penyelesaian yang dilakukan warga masyarakat

 

Mengidentifikasi dampak kekerasan (fisik, mental, sosial) dari konflik dan kekerasan yang  terjadi di masyarakat dengan menggunakan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat setempat

 

Mengasosiasikan:

 

Menganalisis dan mendiskusikan penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian konflik (mediasi, negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) untuk tercapainya perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat

 

Mengomunikasikan:

 

Mempresentasikan hasil diskusi tentang upaya penyelesaian konflik di masyarakat

 

Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian konflik dan kekerasan di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa kekerasan

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap  masalah konflik dan kekerasan

 

Tugas:

 

Membuat kesimpulan tentang timbulnya konflik dan kekerasan melalui berbagai sumber dan merumuskan upaya penyelesaian

 

 

Sikap:

 

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya penyelesaian konflik dan kekerasan dalam masyarakat melalui berbagai instrumen

 

32 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di  lingkungan setempat
3.5  Menerapkan metode penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya

 

4.5Merancang, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual

 

4   Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan Mengamati:

 

Mengamati dan mendiskusikan upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat

 

Menanya:

 

Mengembangkan sikap kritis dan kepekaan terhadap konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat untuk menemukan faktor pendorong dan penghambat tercapainya integrasi dan reintegrasi sosial

 

Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan:

 

Merancang penelitian sosial menggunakan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya menyelesaikan konflik dan  mewujudkan perdamaian dan kehidupan msyarakat yang harmonis melalui langkah-langkah seperti identifikasi kebutuhan , analisis kepentingan dan pemecahan masalah dengan mengajukan rekomendasi

 

Melaksanakan penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah dengan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk menyelesaikan konflik dan mewujudkan perdamaian di masyarakat

 

Mengasosiasikan:

 

Mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan hasil pemetaan  tentangupaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat

 

Mengomunikasikan:

 

Menyajikan hasil pemetaan tentang  upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya  penyelesaian konflik dan  mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat dalam  berbagai bentuk, seperti laporan, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.

 

Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dan menumbuhkan sikap serta tanggungjawab bersama dalam melakukan integrasi dan reintegrasi sosial untuk  mewujudkan kehidupan yang damai di masyarakat

 

Tes:

 

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap  pentingnya integrasi dan reintegrasi sosial

 

Tugas:

 

Mengumpulkan data, mengolah dan melaporkan hasil analisis tentang  kasus-kasus mengenai konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya dari berbagai sumber terutama media massa

 

Portofolio:

 

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam menciptakan integrasi dan reintegrasi sosial

 

Proyek:

 

Merencanakan, melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi dalam masyarakat

 

 

Sikap:

 

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya integrasi dan reintegrasi  dalam masyarakat melalui berbagai instrumen

 

32 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di  lingkungan setempat